Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Supaya Nggak Gampang Busuk, Ini 7 Cara Menyimpan Stroberi

Awet lebih lama dan terjaga kesegarannya!

Romi Subhan

Di Indonesia, buah stroberi sangat mudah ditemukan. Bahkan, di daerah yang bukan kawasan sejuk pun, stroberi dapat ditemukan di supermarket. Buah yang mengandung vitamin C, vitamin K, folat, magnesium dan kalium ini memiliki rasa yang segar. Selain itu, stroberi juga mengandung antioksidan tinggi yang bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker dan jantung.

Namun selain dari banyaknya nutrisi yang bisa didapat dari buah ini, ada satu kelemahan dari stroberi, yaitu cepat busuk. Hal ini karena permukaan kulitnya yang tipis dan juga teksturnya yang lembut. Jadi, untuk mencegah stroberi agar tidak cepat membusuk, ada beberapa tips menyimpan stroberi yang bisa kamu lakukan. Simak selengkapnya berikut ini.

1. Segera pisahkan stroberi segar dari yang busuk

Unsplash.com/Heather Barnes

Saat membeli stroberi yang sudah dibungkus di supermarket, kamu akan mendapati banyak stroberi yang tentu tidak semuanya segar. Hal ini bergantung pada ketahanan buah itu sendiri. Sehingga, saat membelinya, pasti ada satu-dua buah yang busuk.

Agar stroberi yang kamu beli dapat bertahan lama, segera pisahkan stroberi yang segar dan yang busuk. Sebab, jamur pada stroberi busuk mudah menyebar. Ini akan membuat stroberi yang awalnya segar, ikut membusuk.

2. Stroberi jangan dicuci

Unsplash.com/Gianluca Gerardi

Kalau kamu berpikir akan lebih aman menyimpan stroberi yang telah dicuci, maka pemikiran ini kurang benar, Bela. Sebab, stroberi yang dicuci akan mudah membusuk saat disimpan. Maka dari itu, simpan stroberi di wadah tertutup dan baru dicuci saat kamu akan mengonsumsinya.

3. Simpan di wadah tertutup

Unsplash.com/Engin Akyurt

Cara lainnya agar stroberi tidak mudah membusuk adalah dengan menyimpannya pada wadah tertutup. Jika dibiarkan terbuka, stroberi akan terkena udara bebas dan membuatnya mudah membusuk. Selain wadah, kamu bisa menyimpan stroberi dengan kantong kertas atau plastik.

4. Jangan lepaskan tangkai stroberi

Unsplash.com/Rich Smith

Tips berikutnya adalah jangan melepaskan tangkai stroberi, terutama jika kamu memang ingin stroberimu tahan lama. Tangkai stroberi merupakan kelopak daun berwarna hijau yang bisa membuat buah tetap awet dan tidak mudah busuk. Jika kamu ingin membuangnya, kamu bisa lakukan saat mau memakannya, ya.

5. Simpan stroberi di laci kulkas

Unsplash.com/Davies Designs Studio

Setelah kamu simpan stroberi di sebuah kantong kertas atau plastik dan di wadah tertutup, hal lain yang bisa kamu lakukan agar lebih awet adalah menyimpannya di laci kulkas. Menyimpan dengan cara ini, stroberi bisa awet hingga dua minggu.

6. Jangan simpan stroberi dengan sayuran busuk

Unsplash.com/Jez Timms

Selain stroberi busuk, sayuran busuk juga bisa memicu stroberi untuk membusuk lebih cepat. Jadi, saat kamu simpan di laci kulkas, pastikan jangan berdekatan dengan sayuran yang busuk ataupun sudah mau membusuk. Dengan memisahkannya, maka stroberimu bisa segar lebih lama.

7. Simpan di freezer setelah direbus dengan air gula

Unsplash.com/Slashio Photography

Tips terakhir yang bisa kamu lakukan adalah menyimpan stroberi di freezer. Hal ini dapat kamu lakukan jika akan menggunakan stroberi sebagai topping makanan. Sebelum menyimpannya di freezer, kamu bisa merebusnya lebih dulu dengan air gula agar lebih awet. Setelah direbus, iris stroberi dan letakan di wadah tertutup. Dengan cara ini, stroberimu akan awet hingga dua bulan.

Itulah tadi cara menyimpan stroberi agar tidak cepat busuk serta lebih awet dan tahan lama. Semoga artikel ini membantumu, ya, Bela.

IDN Media Channels

Latest from Food