Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Selain Israel, Ini 7 Negara Penghasil Kurma Paling Terkenal di Dunia

Mulai dari Arab Saudi hingga Tunisia

Natasha P.

Kurma merupakan buah yang tidak mengenal musim. Tanaman ini akan terus berbuah sepanjang tahun dengan subur. Hanya saja di Indonesia, kurma sering dikaitkan sebagai pertanda datangnya bulan Ramadan. Tidak mengherankan jika kita akan menemukan banyak sekali kurma saat Bulan Suci tiba.

Kurma sendiri tidak bisa tumbuh sembarangan tempat. Lantaran, biasanya buah yang tercantum dalam Alquran ini tumbuh di daerah gersang atau beriklim kering dan panas. Seperti Arab Saudi dan wilayah Afrika Utara semacam Mesir misalnya.

Lantas, negara mana saja yang terkenal sebagai penghasil kurma? Berikut simak daftarnya di bawah ini, ya!

1. Mesir

Wikipedia

Bukan Arab Saudi, ternyata Mesir adalah negara produsen kurma terbesar di dunia. Negara yang terkenal akan Piramida dan Sungai Nil punya perkebunan kurma yang cukup besar, yakni 14 juta pohon kurma per 2022.

Setiap tahunnya, Mesir menghasilkan sekitar 1,7 juta ton kurma. Angka ini mencakup 21 persen dari total produksi dunia. Sedangkan varietas kurma yang dibudidayakan oleh masyarakat mesir adalah kurma deglet noor dan zaghloul.

2. Arab Saudi

Arab News

Kurma adalah buah yang punya tempat spesial dan khusus di Arab Saudi. Maklum saja, Arab Saudi menjadi produsen utama kurma terbaik di utama. Varietas berupa kurma medjool premium menjadi primadona masyarakat seluruh dunia. Meskipun aslinya berasal dari Maroko, namun kurma medjool dibudidayakan secara masif di Arab Saudi, karena teksurnya yang legit dan rasa manisnya yang melezatkan. Sedangkan Arab berhasil menghasiloan sekitar 1,3 juta ton kurma setiap tahunnya.

Kurma ternyata punya peran krusial sebagai budaya keramahtamahan di Arab Saudi. Ini karena kurma sering dijadikan sebagai buah tangan atau hidangan untuk setiap tamu yang datang. Saking legendarisnya, Arab Saudi dengan rutin mengadakan festival kurma tahunan. Perayaan ini digelar sebagai bentuk untuk merayakan panen besar dan mempromosikan berbagai produk kurma.

3. Iran

Taste Iran

Meski kuantitas produksinya tidak sebesar Mesir dan Arab Saudi, setidaknya Iran telah mengekspor jenis kurma yang sangat variatif.
Varietas kurma yang terkenal dari negara ini misalnya, Mazafati, Piarom, dan Zahedi. Ekspor kurma di Irma mencakup negara-negara di Eropa dan Asia, seperti Indonesia, India, Jerman, Prancis, Inggris, Italia, dan Swiss.

Bahkan, permintaan impor kurma dari Iran cukup tinggi. Hal ini terutas bahwa India mengimpor kurma dari Iran sebesar 16 persen. Di Asia Tenggara, ada Malaysia sekitar 11 persen. Sedangkan di Eropa, ternyata Rusia juga mengimpor kurma dari Iran sebesar 9,9 persen.

4. Algeria

The Switchers

Walau secara pamor masih kurang eksis dibanding negara Timur Tengah lainnya, setidaknya Algeria menjadi negara produsen kurma yang cukup besar. Dalam satu tahun, Algeria mampu menghasilkan 1 juta ton kurma. Sedangkan jenis kurma yang dibudidayakan adalah kurma Thoory, Deglet Noor, dan Iteema.

5. Irak

World Sensorium Conservacy

Irak dikenal sebagai negara eksportir kurma tertua di dunia. Terkenal akan kultivar kurma berupa Barhi, Khalas, Amir Hajj, Dayri, dan Khastawi. Sekitar 7,3 persen hasil kurma di seluruh dunia berasal dari Irak. Menurut data dari Kompas.com, Irak telah menghasilkan sekitar 615 ribu ton kurma pada 2018. Angka produksi ini bahkan terus meningkat setiap tahunnya.

Kurma bukan hanya dikenal sebagai buah biasa saja. Tapi juga berperan besar dalam pengaruh akar sejarah dan budaya yang mendalam di Irak. Hal ini mencakup masakan tradisional seperti masgouf.

6. Pakistan

Dawn News

Soal perdagangan kurma, Pakistan bisa dibilang masih dianggap sebagai pemain baru. Tapi jangan salah, Pakistan punya pangsa produksi kurma yang cukup menjanjikan dan tinggi peminat di pasar internasional.

Pakistan sendiri dikenal sebagai wilayah yang kering dan didominasi oleh padang pasir. Tak mengherankan jika pertumbuhan pohon kurma di sini cukup besar dan luas. Serta mampu mencukupi kebutuhan lokal maupun ekspor mancanegara.

Wilayah produsen kurma terbesar di Pakistan adalah Khairpur yang secara signifikan menghasilkan kurma berkualitas tinggi. Jenis kurma Pakistan yang banyak ditanam adalah Aseel dan Sayer. Pakistan mampu menghasilkan sekitar 500.000 ton kurma setiap tahunnya.

7. Tunisia

Kartago Dates

Jangan lupakan Tunisia sebagai salah satu eksportir kurma di dunia. Secara angka, mungkin Tunisia kalah jauh jika dibandingkan dengan listikal di atas. Yakni, Tunisia hanya memproduksi 332 ribu ton kurma setiap tahunnya.

Berbalik dengan angka produksi yang kecil, ternyata kurma Tunisia cukup banyak dicari orang, terutama kurma Deglet Noor. Sama seperti negara Timur Tengah lainnya, kurma adalah bagian integral yang penting dari masakan Tunisia. Menariknya, kuliner Tunisia bisa menyulap kurma sebagai hidangan manis dan gurih.

Itu tadi 7 negara penghasil kurma paling terkenal di dunia. Semoga informasi ini bermanfaat untukmu ya, Bela.

IDN Media Channels

Latest from Food