Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

11 Olahan Ayam Goreng Dari Berbagai Negara, Menggiurkan Nafsu Makan

Pernah coba yang mana aja, nih?

Natasha P.

Dari sekian banyak olahan ayam, ayam goreng kiranya memiliki paling banyak penggemar. Lantaran, pembuatannya yang praktis dan rasanya yang lezat menjadikannya sebagai comfort food untuk segala suasana. Harganya yang murah dan mudah ditemukan di hampir seluruh restoran pun juga menjadi alasan.

Setiap negara di seantero dunia mempunyai olahan ayam goreng khasnya sendiri. Bahkan di antaranya cukup populer di lidah masyarakat Indonesia dan menu ini tersebar di seluruh nusantara.

Kamu penasaran dengan sajian ayam goreng di negara lain? Simak daftarnya, yuk!

1. Chicken karaage

Food52.com

Bukan nama makanan, karaage adalah teknik memasak dengan menggoreng kering ayam, ikan, atau daging asal Jepang. Dari banyaknya sajian, chicken karaage menjadi paling tersohor.

Potongan ayam tanpa tulang berbalur bumbu basah kaya rempah dan diselimuti adonan tepung pati. Nantinya, ayam digoreng dengan minyak panas sampai berwarna kecokelatan. Chicken Karaage memiliki tekstur daging lembut di dalam dengan kulit yang super renyah.

2. Ayam goreng lengkuas

Cook Me Indonesian

Olahan ayam Indonesia ini juga menjadi juara di lidah masyarakat Indonesia. Ayam goreng dibumbui dengan serai, lengkuas, kunyit, bawang merah, bawang putih dan asam jawa. Biasanya dipotong dan digoreng bersamaan dengan tulangnya.

Sebagai pelengkap, ayam goreng akan ditaburi serundeng untuk menambah rasa dan tekstur. Namun dalam beberapa versi, ada juga yang dilengkapi dengan remahan tepung beras atau kremes, daun kemangi, dan saus sambal.

3. Fried Chicken

Dok. Hangry

Fried chicken adalah hidangan ayam goreng tepung khas Amerika Serikat. Olahan fast-food ini cukup digandrungi banyak orang karena pembuatannya praktis dan lezat. Fried chicken dilumuri dengan adonan tepung basah dan digoreng hingga cokelat keemasan dan bertekstur renyah.

Di Indonesia, fried chicken mudah ditemukan di restoran siap saji asal Amerika Serikat. Adapun yang cukup tersohor dan cukup populer di telinga publik adalah KFC, McD, dan Wendy's.

4. Ayam Popcorn

Natasha's Chicken

Siapa di sini yang suka menyantap Shihlin ketika berjalan di mal? Tak ada yang bisa menghindar dari gurihnya sajian ayam popcorn krispi khas Taiwan ini, Bela. Apakah kamu salah satunya?

Pada versi orisinilnya, ayam popcorn dimarinasi dengan kombinasi kecap, bawang putih, jahe, anggur beras, dan berbagai rempah. Setelahnya potongan ayam kecil ini akan dibaluri dengan tepung kentang lalu digoreng hingga krispi.

Namun seiringnya waktu, kini banyak orang mengkreasikannya dengab tambahan bumbu rumput laut, mustard, atau pedas untuk menambah cita rasa.

5. Chicken 65

Swasthi's Recipe

Ayam goreng khas India ini terbilang cukup unik. Dalam proses pembuatannya, chicken 65 dibuat dengan langkah serba 65. Walau begitu, ada banyak teori memasak chicken 65 yang berbeda. Ada yang mengatakan, chicken 65 dimasak dengan 65 cabai pedas sebagai simbol kejantanaan dalam kepercayaan masyarakat India.

Tetapi, ada pula yang berpendapat bahwa ayam itu dipotong menjadi 65 bagian atau ayam yang disajikan berumur 65 hari. Untuk bumbunya pun terdiri dari jahe, lemon, cabai merah, dan bumbu khas India yang spicy.

6. Orange Chicken

Moder Honey

Orange chicken adalah sajiah ayam goreng hasil akulturasi kuliner Amerika dan Tiongkok. Sekilas, orange chicken memiliki bentuk mirip dengan ayam popcorn. Potongan ayam kecil yang sudah dibumbui dan dibalue tepung, lalu digoreng kering hingga renyah.

Perbedaannya, orange chicken digoreng dengan jeruk asam manis dan sambal. Teksturnya yang lembut di dalam namun krispi di luar, kontras dengan rasanya yang manis-asam dan sedikit pedas. Orange chicken cocok disantap sebagai menu makan malan dengan nasi hangat.

7. Chimichanga

Shelf Cooking

Chimichanga adalah olahan ayam populer asal Sinaloa, Meksiko. Ketika melihat Chimichanga, ingatan kita pun terketuk akan sosis solo. Chimichanga memiliki karakteristik serupa, yaitu berisikan ayam suwir atau daging sapi cincang yang sudah dibumbui dan dibungkus kulit risol.

Bedanya, makanan ini memakai lembaran tortilla sebagai pembungkus. Isiannya sendiri menggunakan ayam suwir, daing sapi, nasi, kacang, bawang, dan keju.

Untuk menambah rasa, Chimichanga disajikan dengan salsa, saus krim asam atau guacamole.

8. Chicken Kiev

RecipeTin Eats

Terdiri dari potongan dada ayam berisikan bahan tambahan, Chicken Kiev khas Ukraina mirip dengan Cordon Bleu. Bedanya, Chicken kiev dipotong lebih kecil dan diisi dengan mentega danrempah aromatik.

Chicken kiev dimasak dengan memarinasi potongan dada ayam terlebih dahulu. Kemudian, potongan ayam tadi akan dibalur tepung dan digoreng kering.

9. Huraideu Chickin

Seonkyoung Longest

Huraideu Chickin adalah olahan ayam goreng tepung asal Korea Selatan yang praktis dan mudah dibuat. Kuliner lezat ini seringkali ditampilkan pada tayangan drakor atau reality show, sehingga banyak orang pun familiar dengannya. Ayam goreng ini dibumbui dengan ganjang atau kecap asin khas Korea dan yangnyeom untuk menambah citarasa pedas.

10. Chicken Milanesa

Healthy Fitness Meal

Melipir ke Argentina, ada Chicken Milanesa yang merupakan hidangan akulturasi khas Italia. Awalnya, hidangan ini dibawa oleh orang Milan asal Italia yang menuju Argentina. Dari itu, hidangan ini memiliki nama Chicken Milanesa yang berarti "ayam dari Milan".

Ayam goreng tepun tanpa tulang ini memiliki rasa yang unik dengan bumbu khas Italia, lengkap dengan mashed potato dan perasan jeruk lemon. Agar lebih praktis, banyak orang yang menjadikan ayam goreng ini sebagai isian sandwich.

11. La Zi Ji

Wikipedia

Apakah kamu penyuka makanan pedas dengan lidah tahan banting? Kalau kamu merasa tertantang, wajib untuk mencicipi La Zi Ji asal Sichuan, Tiongkok. Dijamin, lidahmu akan meringis kesakitan lantaran rasa pedasnya yang luar biasa.

Bukan sembarang ayam goreng, La Zi Ji dimasak puluhan cabai, saus sichuan, pasta kacang pedas, paprika Sichuan, bawang putih, dan jahe. Banyak orang tak menyukai hidangan pembakar lidah ini karena rasa pedasnya dapat "mematikan" indra pengecap dan membuat mata pedih.

Dari ke-11 jenis olahan ayam goreng dari berbagai negara, adakah yang menjadi favoritmu? Tulis di kolom komentar ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Food