Mau kulineran sambil berburu spot foto kekinian untuk mempercantik feed Instagram? Kalau bingung mau ke mana, kamu bisa mengunjungi Pantjoran Chinatown atau juga dikenal sebagai Pantjoran PIK (Pantai Indah Kapuk). Berlokasi di Pantjoran Pantai Indah Kapuk 2 Chinatown, kawasan ini kental dengan nuansa oriental sekaligus pusat wisata kuliner di PIK.

Ada lebih dari 80 tenant atau penyewa yang menjual berbagai jenis makanan dan minuman, mulai dari resto, kafe, hingga makanan gerobak pun ada di sini. Bingung mau coba yang mana dulu? Inilah beberapa rekomendasi kuliner di Pantjoran Chinatown PIK yang paling menggoda dan wajib kamu cicipi.

1. Kopi Es Tak Kie

9 Kuliner Wajib Coba di Pantjoran Chinatown PIK, Mulai Rp20 Ribuinstagram.com/kopiestakkieglodok

Telah ada sejak tahun 1927, Kopi Es Tak Kie sudah bertahan selama tiga generasi. Di kedai aslinya yang berada di Jakarta Barat, hanya ada dua jenis sajian kopi, yaitu kopi hitam dan kopi susu.

Meski begitu, inilah ciri khas kedai Kopi Es Tak Kie yang sudah bertahan selama puluhan tahun. Untuk kamu yang ingin menikmati segelas Kopi Es Tak Kie tidak perlu jauh-jauh ke kedainya langsung, kini ada Kopi Es Tak Kie yang berlokasi di PIK. Harga segelas kopi mulai dari Rp20 ribu.

2. Wong Fu Kie

9 Kuliner Wajib Coba di Pantjoran Chinatown PIK, Mulai Rp20 Ribuinstagram.com/wongfukie

Restoran Wong Fu Kie yang berlokasi di Jakarta Barat, diklaim sebagai restoran Hakka tertua di Jakarta, yang telah berdiri sejak tahun 1925. Menu yang paling banyak diminati adalah Mun Kiaw Mien. Kabarnya tidak ada lagi penjual yang menjual hidangan ini kecuali di Wong Fu Kie. 

Selain itu, menu favorit lainnya adalah Lindung Cah Fumak, hidangan Hakka klasik  ini menyajikan belut goreng dengan sayuran fumak dan beras angkak. Meski rata-rata menu yang dijual non-halal, kamu dapat mengganti daging babinya dengan ayam. Satu porsi hidangan di Wong Fu Kie berkisar Rp60 ribu.

3. Kwetiau 28 AHo

9 Kuliner Wajib Coba di Pantjoran Chinatown PIK, Mulai Rp20 Ribuinstagram.com/kwetiau28aho

Menyuguhkan kwetiau sapi khas Tionghoa Pontianak, Kwetiau 28 AHo sudah ada sejak tahun 1977 di Jalan Mangga Besar Raya. Menu andalan Kwetiau 28 AHo adalah kwetiau siram, nasi goreng, dan kwetiau goreng daging sapi.

Rasanya yang kaya, ditambah taburan daging sapi lembut telah membuat banyak orang ketagihan. Selain itu, restoran ini telah mengantongi sertifikat halal sejak tahun 2018. Harga satu porsi sajian di  Kwetiau 28 AHo mulai dari Rp30 ribu. 

4. Squid World

9 Kuliner Wajib Coba di Pantjoran Chinatown PIK, Mulai Rp20 Ribuinstagram.com/squidworldpik

Saat mengunjungi Pantjoran Chinatown, nggak ada salahnya mencicipi street snack khas Taiwan yang satu ini, fried giant squid. Selain digoreng, kamu juga bisa memesan cumi-cumi yang dipanggang. Ada pula menu lain selain cumi-cumi, yaitu baby crab dan ayam, semua menu bisa ditambahkan bumbu untuk memperkaya rasa sesuai selera. Harga satu porsi makanan di Squid World mulai dari Rp35 ribu.

5. Jumbo Dessert

9 Kuliner Wajib Coba di Pantjoran Chinatown PIK, Mulai Rp20 Ribuinstagram.com/jumbodessert

Menyajikan sajian es serut dengan isian yang beragam, Jumbo Dessert selalu ramai pengunjung. Isian yang dapat kamu pilih mulai dari buah-buahan, kacang-kacangan dan aneka jelly yang paling pas dinikmati waktu udara lagi panas-panasnya. Siraman aneka sirup berwarna-warni dan susu kental manis, akan memperkaya rasa dalam tiap mangkuknya. Harga tiap mangkuk es serut dijual mulai dari Rp30 ribu.

6. Chi Chong Fan Pluit Sakti

9 Kuliner Wajib Coba di Pantjoran Chinatown PIK, Mulai Rp20 Ribuinstagram.com/jktbites

Chi cong fan terbuat dari tepung beras, yang kemudian disiram minyak wijen, kecap asin, dan yang terakhir ditaburi dengan bawang goreng. Di kedai Chi Chong Fan Pluit Sakti di PIK akan disediakan dua saus, yaitu saus asam manis dan saus asin. Agar semakin lengkap, kamu bisa memesan bakso goreng dan lumpia goreng. Harga satu porsi chi cong fang dijual Rp25 ribu.

7. Olabi

9 Kuliner Wajib Coba di Pantjoran Chinatown PIK, Mulai Rp20 Ribuinstagram.com/duolapar

Untuk kamu penggemar makanan manis, harus coba bola ubi kopong yang dijual Olabi. Menyediakan lima warna yang berbeda, Olabi semakin menarik minat pembeli. Warna ungu berasal dari ubi ungu, warna merah asalnya dari sirup pisang ambon, bola hijau memiliki rasa seperti pandan, warna cokelat pada bola ubi didapat dari ubi merah, dan yang terakhir bola ubi kopong warna kuning berasal dari ubi asli. Harga seporsi bola ubi kopong Rp30 ribu.

8. Lee Ong's Tea

9 Kuliner Wajib Coba di Pantjoran Chinatown PIK, Mulai Rp20 Ribuinstagram.com/leeongstea

Untuk kamu yang suka minum bubble tea, wajib banget cobain Lee Ong's Tea. Ada berbagai menu yang bisa kamu coba, di antaranya lee ong’s brown sugar fresh milk, lee ong’s genmaicha, walnut matcha latte, ube latte, dragon refresher, dan salah satu yang paling terkenal adalah chinese lantern refresher yang memadukan antara green tea dan lychee jelly. Satu gelas Lee Ong's Tea dijual mulai dari Rp30 ribu.

9. Ponggol Nasi Lemak

9 Kuliner Wajib Coba di Pantjoran Chinatown PIK, Mulai Rp20 Ribuinstagram.com/ponggolnasilemak.id

Nasi lemak yang sebelumnya telah populer di Singapura, kini bisa kamu nikmati di kawasan Pantjoran Chinatown. Kelezatan menu di sini ada berkat resepnya yang terjaga sejak 1979.

Nasi lemak dapat kamu santap dengan pilihan lauk yang berbeda, seperti ikan selar kuning atau udang goreng tepung. Agar semakin lengkap, tiap satu porsi nasi disajikan dengan ikan teri, kacang goreng, telur mata sapi, sambal dan irisan mentimun. Harga satu porsi nasi lemak mulai dari Rp38 ribu.

Itulah beberapa rekomendasi kuliner yang bisa kamu cicipi di area Pantjoran Chinatown ini. Untuk kamu yang ingin berkunjung, bisa mendatangi tempat ini mulai dari pukul 7 pagi hingga 11 malam.

Selain mencicipi berbagai jajanan yang dijual sepanjang jalan, kamu juga dapat menyaksikan berbagai hiburan seperti live music, barongsai, musik guzheng, tarian seribu tangan, hingga pertunjukkan tai chi.

Baca Juga: 10 Tempat Makan di PIK untuk Keluarga yang Suasananya Homey Abis!

Baca Juga: 10 Rekomendasi Toko Roti & Kue Paling Enak di Kelapa Gading

Baca Juga: Jaminan Enak & Cozy, Ini 8 Tempat Nongkrong Asyik di Jakarta Barat