Apakah kamu termasuk pencinta teh? Teh kaya akan manfaat yang baik untuk kesehatan, di antaranya membuat pikiran menjadi rileks, mengontrol berat badan, menjaga kesehatan jantung, serta mengurangi resiko diabetes. 

Meski memiliki segudang manfaat, mengonsumsi teh secara berlebihan dapat menimbulkan efek samping. Sama seperti kopi, teh mengandung kafein. Jika kamu mengonsumsinya secara berlebihan, dapat mengganggu kualitas tidur, serta dapat memicu gangguan pencernaan.

Teh memiliki banyak jenis yang bisa kamu pilih sesuai selera. Hal yang perlu kamu ketahui, teh mengandung beberapa mineral seperti kalium, fosfor, magneisum, natrium, tembaga dan seng. Ingin mencoba teh yang berbeda? Inilah jenis-jenis teh seduh yang baik untuk kesehatan kamu.

1. Teh hijau

11 Jenis Teh yang Baik Dikonsumsi dari Pagi hingga Malamwww.freepik.com

Teh hijau atau green tea, berasal dari tumbuhan camellia sinensis. Sudah sejak lama, teh hijau digunakan untuk pengobatan masyarakat Jepang dan Tiongkok. Teh hijau mengandung kafein, katekin, theanine, vitamin dan mineral yang cocok dikonsumsi untuk menurunkan berat badan. Sangat baik diminum di pagi hari.

2. Teh Chamomile

11 Jenis Teh yang Baik Dikonsumsi dari Pagi hingga Malamwww.freepik.com

Jenis teh yang baik untuk kesehatan selanjutnya adalah teh chamomile. Teh ini terbuat dari bunga chamomile yang telah dikeringkan. Wanginya yang harum dapat memberikan ketenangan. Kandungan antioksidannya juga baik untuk mengurangi komplikasi akibat diabetes, serta menurunkan resiko terkena penyakit jantung dan kanker. Sangat baik diminum sebelum tidur.

3. Teh oolong

11 Jenis Teh yang Baik Dikonsumsi dari Pagi hingga Malamfreepik.com_jcomp

Terdapat dua jenis teh oolong, yang pertama teh oolong hijau dan teh oolong hitam. Teh oolong hijau memiliki kandungan kafein yang lebih rendah daripada teh oolong hitam. Teh oolong dibuat melalui fermentasi, sehingga menghasilkan warna minuman yang gelap. Teh oolong mengandung  kafein, fluoride, mangan, kalium, natrium, magnesium dan niasin, yang dapat mengurangi kadar kolesterol dan tekanan darah tinggi.

4. Teh hitam

11 Jenis Teh yang Baik Dikonsumsi dari Pagi hingga Malamwww.freepik.com

Teh hitam memiliki rasa yang lebih kuat dibandingkan dengan jenis teh lainnya. Teh hitam terbuat dari daun tanaman camellia sinensis yang digulung, difermentasi lalu dikeringkan dan dihancurkan. Teh hitam termasuk jenis teh yang baik untuk kesehatan, karena mengandung antioksidan yang bagus untuk menghilangkan radikal bebas, serta mencegah kerusakan sel tubuh.

5. Teh Merah

11 Jenis Teh yang Baik Dikonsumsi dari Pagi hingga Malamwww.freepik.com

Teh merah juga dikenal dengan nama “Rooibos Tea”, yang terbuat dari semak merah bernama aspalathus linearis, yang berada di Afrika Selatan. Daun tanaman yang berbentuk seperti jarum dikeringkan terlebih dahulu, sebelum diseduh menjadi minuman. Teh merah tidak mengandung kafein dan asam oksalat, sehingga bagus untuk mengurangi risiko terkena batu ginjal.

6. Teh kunyit

11 Jenis Teh yang Baik Dikonsumsi dari Pagi hingga Malamfreepik.com_azerbaijan_stockers

Teh kunyit merupakan minuman herbal yang dibuat dengan menyeduh parutan akar atau bubuk kunyit. Kamu bisa menambahkan bahan alami seperti lemon, madu, jahe dan merica, untuk meningkatkan rasa dan memperkaya kandungan nutrisi. Teh kunyit termasuk jenis teh yang baik untuk kesehatan, karena mengandung antioksidan dan anti inflamasi. Kandungan yang dimiliki teh kunyit berkhasiat untuk meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan fungsi otak, serta mengurangi peradangan.

7. Teh putih

11 Jenis Teh yang Baik Dikonsumsi dari Pagi hingga Malamwww.freepik.com

Teh putih sudah terbukti berkhasiat mencegah kanker, dengan kandungan kafein yang rendah. Teh putih berasal dari tanaman yang sama dengan teh hijau, yaitu camellia sinensis. Mengonsumsi teh putih secara teratur dapat mencegah obesitas, mengurangi penuaan pada kulit, serta mengurangi risiko gangguan pada jantung.

8. Teh jahe

11 Jenis Teh yang Baik Dikonsumsi dari Pagi hingga Malamshutterstock

Jenis teh yang baik untuk kesehatan selanjutnya adalah teh jahe. Cara membuatnya cukup mudah, kamu hanya perlu menyeduh daun teh dan jahe secara bersamaan, lalu saring airnya dan tambahkan gula sesuai selera. Teh jahe kaya akan manfaat, di antaranya mampu mengurangi mual saat perjalanan, meredakan mual saat hamil atau akibat kemoterapi, membantu menurunkan berat badan, serta meningkatkan fungsi kognitif.

9. Teh dandelion

11 Jenis Teh yang Baik Dikonsumsi dari Pagi hingga MalamAlodokter.com

Proses pembuatan teh dandelion cukup mudah, kamu hanya perlu memanggang akar bunga dandelion. Kemudian, rendam akar dandelion dengan air panas, lalu saring air yang ingin disajikan. Air hasil saringan akar dandelion bermanfaat sebagai pengganti kopi. Juga memiliki manfaat untuk mencegah infeksi saluran kemih, menjaga kesehatan liver, mengatasi masalah pencernaan, serta cocok dikonsumsi untuk kamu yang sedang dalam program diet.

10. Teh hibiscus

11 Jenis Teh yang Baik Dikonsumsi dari Pagi hingga Malamfreepik.com_azerbaijan_stockers

Teh hibiscus berasal dari bunga rosella yang dikeringkan. Teh hibiscus dapat mengurangi tekanan darah tinggi pada tubuh. Memiliki rasa yang asam manis, kamu dapat menambahkan gula untuk mengurangi rasa asam. Teh hibiscus juga dapat membantu menurunkan berat badan, menurunkan kadar kolesterol, mengurangi peradangan dan menjaga kesehatan hati.

11. Teh yerba mate

11 Jenis Teh yang Baik Dikonsumsi dari Pagi hingga Malamwww.freepik.com

Teh yerba mate, adalah minuman herbal yang berasal dari daun pohon mate atau Ilex Paraguariensis. Pohon mate hanya bisa kamu temukan di hutan hujan Argentina, Brazil, Chile, Paraguay dan Uruguay. Mirip seperti teh hijau, teh yerba mate mengandung antioksidan mateine, kafein, quercetin, theobromine dan theophylline, saponin, dan chlorogenic acid. Kandungan dalam teh yerba mate berfungsi mencegah penyakit jantung, merangsang sistem syaraf pusat dan meningkatkan relaksasi otot dan berfungsi sebagai diuretik.

Itulah jenis teh seduh yang baik untuk kesehatan kamu. Namun, hindari mengonsumsi teh secara berlebihan, maupun dicampur gula terlalu banyak. Hal tersebut akan mengubur manfaat yang terkandung di dalam teh.

Baca Juga: Baik Bagi Tubuh, Ini 7 Manfaat Teh Madu untuk Kesehatan

Baca Juga: 5 Manfaat Teh Hitam untuk Diet, Selamat Tinggal Lemak Membandel!

Baca Juga: Inilah Alasan Mengapa Teh Hijau Bermanfaat untuk Diet