9 Jenis Cabe Terpedas di Dunia, Ada yang Sampai 2 Juta SHU!

9 Jenis Cabai Terpedas di Dunia, Ada yang Mencapai 2 Juta SHU!

Carolina reaper menempati posisi pertama

9 Jenis Cabai Terpedas di Dunia, Ada yang Mencapai 2 Juta SHU!

Sebagai salah satu bahan utama yang banyak dipakai dalam berbagai masakan di Indonesia, keberadaan cabai sudah tidak lagi asing di dapur. Cabai memiliki jenis yang cukup banyak, mulai dari cabai merah, cabai keriting, cabai hijau, cabai gendot hingga cabai rawit. Jika menurut kamu cabai rawit adalah yang terpedas, kamu harus mulai mencoba jenis cabai lainnya. 

Cabe terpedas di dunia terus berubah dan berevolusi. Setiap tahun, varian cabai ditemukan oleh para petani. Melansir dari Chili Pepper Madness, cabai terpedas di dunia bisa dinilai menurut Scoville Heat Unit atau SHU. 

SHU merupakan cara mengukur seberapa pedas cabai berdasarkan konsentrasi capsaicin yang dikandungnya. Capsaicin adalah bahan kimia yang bertanggung jawab atas sensasi pedas di dalam cabai. 

Penasaran dengan jenis cabe terpedas di dunia? Yuk, intip daftarnya!

1. Carolina reaper

9 Jenis Cabai Terpedas di Dunia, Ada yang Mencapai 2 Juta SHU!onestopchillishop.co.uk

Carolina reaper mengandung 2.200.000 SHU dan keluar sebagai pemenang dalam kontes The Worlds Hottest Pepper. Jenis carolina reaper merupakan hasil persilangan antara ghost pepper dan red habanero, menghasilkan rasa cabai yang pedas dan panas. 

Mengutip dari laman Papper Head, jenis ini dikembangbiakkan untuk menjadi semakin pedas dengan rata-rata 1.641.000 SHU dan mencapai puncaknya, yaitu 2.200.000 SHU.

2. Trinidad scorpion moruga

9 Jenis Cabai Terpedas di Dunia, Ada yang Mencapai 2 Juta SHU!sandiaseed.com

Salah satu jenis cabai terpedas di dunia adalah trinidad scorpion moruga dengan kandungan 2.009.231 SHU. Cabai jenis ini berasal dari tanah Moruga di Trinidad dan Tobago. Termasuk ke dalam jajaran cabai langka, jenis ini merupakan salah satu jenis yang baru ditemukan. 

Menurut seorang pakar cabai dan Director of the Chile Institute, Paul Bosland, menyatakan bahwa menggigit cabai ini tidak terlalu pedas, namun pada gigitan berikutnya siapapun akan merasakan sensasi pedas dan panas yang luar biasa.

3. 7 pot douglah

9 Jenis Cabai Terpedas di Dunia, Ada yang Mencapai 2 Juta SHU!pepperscale.com

Dikenal berkat rasanya yang terbaik, jenis 7 pot douglah memiliki warna cokelat dengan rasa pedas yang menyengat. Selain dikenal dengan nama 7 pot douglah, cabai ini juga dikenal dengan nama 7 pod douglah, chocolate 7 pod atau 7 pot brown

Dengan tingkat pedas mencapai 1.853.936 SHU, tentunya rasa cabai ini tidak main-main. Jika diibaratkan, pedas 7 Pot Douglas sekitar 232 kali lebih panas dari cabai jalapeno terpanas dan lima kali cabai habanero yang sangat pedas.

4. 7 pot primo

9 Jenis Cabai Terpedas di Dunia, Ada yang Mencapai 2 Juta SHU!www.chileseeds.co.uk

Cabai terpedas di dunia selanjutnya adalah 7 Pot Primo dengan kandungan pedas 1.469.000 SHU. Bentuk cabai ini sangat unik karena memiliki ekor kurus yang panjang. Jenis ini merupakan persilangan antara jenis naga morich dan merica trinidad 7 pot yang dikembangkan oleh ahli hortikultura, Troy Primeaux. 

Mengutip dalam peppergeek, beberapa petani telah mengklaim bahwa 7 Pot Primo adalah tanaman lada yang konsisten. Tanaman ini menghasilkan cabai yang dapat diandalkan dalam bentuk, ukuran, hasil dan tingkat panas.

5. Trinidad scorpion “Butch T”

9 Jenis Cabai Terpedas di Dunia, Ada yang Mencapai 2 Juta SHU!pepperscale.com

Saking pedasnya cabai ini, Trinidad scorpion “Butch T” pernah tercatat dalam Guinness World Record Holder di tahun 2011. Berasal dari Australia, cabai ini memiliki pedas yang luar biasa dengan SHU mencapai 1.463.700. Namanya menggambarkan bentuk cabai layaknya kalajengking yang memiliki sengatan di belakang tubuhnya. Jika kalajengking menyengatkan racun, maka cabai ini menyengatkan pedas dan panas.

6. Naga viper

9 Jenis Cabai Terpedas di Dunia, Ada yang Mencapai 2 Juta SHU!pepperscale.com

Naga viper merupakan jenis cabai terpedas di dunia yang keberadaanya sangat langka. Kandungan pedasnya mencapai 1.349.000 SHU, cabai ini dibudidayakan di Inggris dan merupakan hasil persilangan antara naga morich, bhut jolokia dan kalajengking trinidad. Sempat tercatat dalam Guinness Book of World Records di tahun 2011, kepedasannya dikalahkan oleh salah satu induknya yaitu, kalajengking trinidad. 

7. Ghost pepper

9 Jenis Cabai Terpedas di Dunia, Ada yang Mencapai 2 Juta SHU!wiki/Ghost_pepper

Ghost pepper merupakan cabai terpedas di dunia yang paling terkenal akibat pemberitaannya yang begitu marak di masa lalu. Popularitasnya meledak berkat YouTube dan media sosial lainnya. Banyak pihak yang mengira bahwa ghost pepper adalah cabai terpedas di dunia, padahal rasa pedasnya telah tergeser oleh jenis lainnya. Meski demikian, dengan pedas yang mencapai 1.041.427 SHU, sensasi panas cabai ini tidak dapat diabaikan.

8. 7 pot barrackpore

9 Jenis Cabai Terpedas di Dunia, Ada yang Mencapai 2 Juta SHU!pepperheadsforlife.com

Cabai terpedas di dunia berikutnya berasal dari Barrackpore, Trinidad. Cabai ini memiliki rasa yang sedikit lebih pahit dan sedikit lebih manis dibandingkan 7 pot cabai lainnya. Mencapai pedas hingga 1.000.000 SHU, cabai ini 520 kali lebih pedas daripada cabai jalapeno. Bagi kamu yang akrab dengan panas dari jenis habanero, cabai ini tiga kali lipat lebih panas. Bentuknya panjang, berjerawat dan berkerut dengan ekor seperti kalajengking yang membuatnya mirip seperti paprika kalajengking.

9. 7 pot gigantic red

9 Jenis Cabai Terpedas di Dunia, Ada yang Mencapai 2 Juta SHU!superhotchiles.com

7 pot gigantic red memiliki nama ilmiah capsicum chinense dengan tingkat pedas mencapai 1.000.000 SHU. Jenis ini akan tumbuh layaknya paprika kecil, serta mampu tumbuh dengan baik di dalam pot. Dengan bentuk yang besar, jenis 7 pot gigantic red memiliki rasa khas jenis 7 pot ditambah sensasi panas saat mengkonsumsinya.

Itulah daftar cabai terpedas di dunia yang siap menciptakan sensasi membakar di mulut siapapun yang mengkonsumsinya. Siap untuk mencobanya, Bela? 

Baca Juga: Inilah 6 Jenis Hama yang Merusak Tanaman Cabai dan Cara Membasminya

Baca Juga: Harga Cabai Melonjak, Ini 5 Cara Mudah Menanam Cabai di Rumah

Baca Juga: Mudah! Ini Resep Sambal Matah dan Sambal Bawang yang Gurih dan Nikmat

  • Share Artikel

TOPIC

Related Article

3 Kota Ini Dikenal Sebagai Pusat Batik di Indonesia, Sudah Tahu?

3 Kota Ini Dikenal Sebagai Pusat Batik di Indonesia, Sudah Tahu?

trending

Trending

10 Nama Malaikat dan Tugasnya dalam Agama Islam, Ingat Kembali, Yuk!

10 Nama Malaikat dan Tugasnya dalam Agama Islam, Ingat Kembali, Yuk!

This week's horoscope

horoscopes
Aquarius

Ramalan Zodiak Aquarius Hari Ini - Zodiak Aquarius berasal dari k... read more

See more horoscopes here

Exclusive

6 Fakta Diet Skincare yang Sedang Ngetren di Korea Selatan

6 Fakta Diet Skincare yang Sedang Ngetren di Korea Selatan

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Tidak usah hiraukan pendapat orang lain

Latest from Food

What?! Soju Halal? Ini 4 Fakta Kehadirannya yang Berasal dari Bandung

What?! Soju Halal? Ini 4 Fakta Kehadirannya yang Berasal dari Bandung