Pakaian pesta untuk perempuan biasanya identik dengan brokat atau satin. Namun, sesekali kamu bisa tampil beda dengan memakai pakaian batik. Sebab, batik kini banyak divariasikan menjadi berbagai model yang trendi dan elegan. 

Salah satu variasi yang banyak dipilih adalah model gamis batik pesta. Gamis biasanya dibuat dengan potongan yang lebar sehingga lebih nyaman dikenakan. Selain itu, pakaian ini juga bisa dikenakan sarimbit bersama pasangan sehingga lebih kompak. 

Nah, berikut Popbela.com rekomendasikan model gamis batik untuk pesta yang modern dan elegan untukmu. Simak yuk, Bela!

1. Gamis Batik Kombinasi Brokat

8 Model Gamis Batik Pesta yang Modern dan Eleganpinterest.com

Model gamis batik pesta pertama ini mengombinasikan antara bahan batik dan juga brokat nuansa pink. Seperti yang kamu lihat, bagian atas gamis memakai bahan brokat sampai ke pinggang. 

Kemudian, bagian bawah pinggang sampai ujung gamis memakai kain batik dengan warna dasar yang sama. Pakaian ini dijahit dengan model a-line yang melebar ke bawah. Dengan warna dan model tersebut, kamu akan terlihat lebih muda saat datang ke pesta. 

2. Gamis Sarimbit Full Batik

8 Model Gamis Batik Pesta yang Modern dan Eleganpinterest.com

Berbeda dengan brokat yang biasanya hanya bisa dipakai untuk perempuan saja, baju batik justru bisa dibuat sepasang bersama suami atau pacar. Kamu bisa membuat kemeja sebagai pasangan untuk gamis batikmu. 

Sementara itu, buatlah gamis full batik dengan model a-line menyesuaikan bentuk tubuh. Namun, jangan lupa tempatkan motif batik yang tepat supaya terlihat lebih bagus saat dipakai. 

3. Gamis Batik Lengan Lonceng

8 Model Gamis Batik Pesta yang Modern dan Eleganpinterest.com

Kalau ingin terlihat lebih trendi, model gamis batik pesta model lengan lonceng bisa jadi piihan. Model ini cukup simpel dengan membuat gamis berpotongan lurus dan lebar memakai bahan full batik. 

Namun, lengan baju gamis tersebut dibuat lengan lonceng yang pendek sehingga harus memakai inner sebagai pelengkapnya.

Nah, agar terlihat langsing, tambahkan aksen tali di pinggang. Dengan begitu, sekeliling gamis akan tertarik dan menjadi lebih pas saat dikenakan. 

4. Gamis Batik Aksen Lipit

8 Model Gamis Batik Pesta yang Modern dan Eleganpinterest.com

Gamis kombinasi polos banyak dipilih karena bisa divariasikan dengan berbagai model pakaian. Seperti gambar di atas, kamu bisa memadukan antara kain batik dan polos menjadi gamis lipit yang unik. 

Perpaduan antara bahan batik dan polos terletak pada tengah-tengah gamis. Kemudian, di ujung bagian kanan baju ini diberi detail lipatan sampai ke tengah. Nah, di antara kain batik, polos, dan kain yang dilipat tersebut dipisahkan dengan garis berwarna hitam. 

5. Gamis Batik dengan Zipper

8 Model Gamis Batik Pesta yang Modern dan Eleganpinterest.com

Penampilan yang elegan dengan gamis batik bisa kamu wujudkan dengan memakai gamis zipper seperti ini. Model gamis batik pesta tersebut sebenarnya cukup simpel, yakni dengan membuat baju berpotongan lurus sampai sepanjang mata kaki. 

Kemudian, letakkan zipper di tengah-tengah gamis dari kerah sampai ujungnya. Dengan aksen tersebut, kamu pun akan lebih mudah saat akan memakai baju ini.

Nah, supaya tidak terkesan terlalu polos, bagian pinggang gamis bisa kamu tambahkan dengan aksen belt atau tali yang melingkar. 

6. Gamis Batik Kombinasi Polos

8 Model Gamis Batik Pesta yang Modern dan Eleganpinterest.com

Meski bukan baju sarimbit, tetapi gamis batik tetap bisa kamu pakai bersama dengan batik milik pasangan yang memiliki warna senada. Gamis tersebut memiliki desain yang unik, yakni mirip dengan outer batik. 

Bagian inner-nya, kamu bisa memakai kain polos warna hitam yang menjuntai sampai ujung kaki. Kemudian, luaran gamis ini dibuat dengan model yang lebar dan ujung yang bergelombang asimetris.

Sama dengan bagian badan, lengan gamis batik juga dibuat pendek dengan lengan lonceng sehingga menampakkan inner berwarna hitam. 

7. Gamis Batik Model Ruffle

8 Model Gamis Batik Pesta yang Modern dan Eleganpinterest.com

Ruffle menjadi model pakaian yang kini banyak diminati. Sebab, model tersebut memberikan kesan yang modern dan kekinian. Seperti gamis di atas, kamu bisa membuat bahan batik menjadi gamis ruffle yang elegan. 

Caranya, kamu bisa membuat gamis bertingkat dengan lipatan ruffle yang tipis di setiap tingkatannya. Untuk ukurannya, setiap tingkatan batik dibuat melebar ke bawah membentuk a-line. Kalau sudah, terakhir lengkapi dengan lengan sepanjang 3/4 dan kerah tegak.

8. Gamis Batik Model Kaftan

8 Model Gamis Batik Pesta yang Modern dan Eleganpinterest.com

Model gamis batik pesta yang terakhir adalah model kaftan. Seperti kaftan pada umumnya, model gamis batik ini dibuat dengan potongan yang lebar seperti jubah.

Lengan baju ini juga dibuat lebar seperti kelelawar sehingga kamu perlu mengenakan inner saat akan memakainya. 

Nah, detail yang unik pada model gamis batik ini terletak pada bagian pinggangnya. Seperti yang kamu lihat, bagian pinggang baju tersebut dilengkapi dengan tali yang menarik sisi kanan dan kiri gamis. Jadi, kamu tidak perlu khawatir akan terlihat berisi saat memakainya. 

Itulah 8 model gamis batik pesta yang tampak elegan. Kamu bisa membuatnya sarimbit bersama pasangan supaya lebih kompak dan romantis.

Kira-kira, model mana yang akan kamu pilih, Bela? 

Baca Juga: 9 Model Baju Batik Kombinasi Kain Polos untuk Perempuan Terbaru

Baca Juga: 9 Dress Batik Modern Terbaru 2022, Anggun dan Kekinian!

Baca Juga: 8 Model Baju Batik Kombinasi Brokat untuk Pesta Pernikahan