Sepatu berbahan suede memang selalu berhasil sulap penampilan kelihatan lebih elegan, dari mulai sepatu boots, sandal, hingga high heels. Hmm namun banyak orang yang harus berpikir dua kali saat ingin membelinya, secara bahan yang satu paling anti kalau kena air serta debu. 

Nah, good news! Kini kamu nggak perlu khawatir lagi, karena Popbela telah merangkum beberapa cara untuk merawat sepatu suede kesayanganmu. Ini lho sederet bahan-bahan yang harus kamu siapkan di rumahmu. Yuk, siapkan notes dan simak tips-tips di bawah ini! 

1. Siapkan Suede brush

Agar Tetap Awet, Begini Cara Membesihkan Sepatu Suede KesayanganmuPinterest.com

Pertama kamu harus mempersiapkan suede brush untuk membersihkan sepatu kesayanganmu atau kamu juga dapat menggantinya dengan sikat gigi yang sudah tidak terpakai. Perlu diperhatikan nih! Sikat yang kamu kenakan jangan dipakai untuk sepatu lain ya (untuk menghindari debu-debu dari sepatu lainnya). Untuk untuk mempermudah, kamu dapat menggosokan sikat dalam satu arah. 

2. Kamu bisa sediakan cuka putih untuk membersihkan noda

Agar Tetap Awet, Begini Cara Membesihkan Sepatu Suede KesayanganmuWalmart.com

Nah, jika sepatu kesayanganmu kena noda seperti tanah atau becekan air kamu bisa mengandalkan cuka putih untuk membersihkannya. Tuangkan sedikit cuka putih pada handuk, lalu kamu coba usapkan pelan-pelan untuk bersihkan noda.

3. Jangan lupa sediakan spray pelindung ya!

Agar Tetap Awet, Begini Cara Membesihkan Sepatu Suede KesayanganmuWalmart.com

Ketika sepatu suede sudah bersih dari noda, di langkah terakhir kamu dapat menyemprotkan spray sebagai pelindung! Yup, tentunya kamu dapat mengaplikasikannya pada bagian atas sepatu suede kamu. Fyi, fungsi spray pelindung yang satu ini untuk menghindari debu-debu pada sepatu.

Baca Juga: Biar Hemat Waktu dan Uang, Ini Tips Membersihkan Coat di Rumah