Dengan kesibukan yang segudang sertadeadline pekerjaan menumpuk kadang membuat banyak perempuan tidak memiliki waktu untuk berbelanja ke mall. Sehingga memutuskan untuk hunting fashion item secara online. Selain baju, sepatu-sepatu statement menjadi item yang juga banyak dicari. Sepatu adalah salah satu jenis alas kaki yang biasanya terdiri atas bagian sol, hak, kap, tali, dan lidah. Biasanya juga terbuat dari kanvas atau kulit yang menutupi semua bagian mulai dari jari, punggung kaki hingga tumit yang difungsikan untuk melindungi kaki dari kotoran berupa debu, kerikil, atau bahkan lumpur. Nah, permasalahan yang sering ditemukan adalah ketika memesan sepatu sudah sesuai dengan ukuran kaki kamu, namun ketika dicoba ukurannya tidak sesuai. Pernah nggak kamu mengalami hal tersebut, Bela?

Sebelum Membeli, Pahami Dulu Cara Mengukur Ukuran Sepatu yang TepatStyledumonde.com

Oleh sebab itu pentingnya untuk mengukur ukuran sepatu terlebih dahulu sebelum membeli. Untuk sebagian orang mungkin menganggap "mengukur ukuran sepatu" cukup ribet.

Jangan khawatir, Bela! Kali ini Popbela akan memberikan cara mengukur sepatu yang praktis dan tepat. Yuk, langsung simak caranya di bawah ini!

1. Step 1: Gambar permukaan kaki pada bidang datar

Langkah awal, kamu cuma perlu menyiapkan satu kertas ukuran A4 dan pena. Ingat! Letakan kertas tersebut pada bidang datar (Hindari karpet), lalu gambar permukaan kakimu. Alasan menghindari karpet ataupun bagian yang bertekstur lainnya ialah untuk memudahkan kamu menggambar. 

2. Step 2: Ukur kaki menggunakan penggaris

Setelah selesai menggambar permukan kaki, langkah selanjutnya kamu wajib untuk mengukur lebar dan panjang kaki dengan mengandalkan penggaris. Nah, supaya terasa lebih nyaman ketika dikenakan 0.4 - 0.5 cm. Apalagi untuk beberapa model sepatu yang membutuhkan kaos kaki seperti sneakers, oxford shoes, atau platform shoes. 

3. Step 3: Ketahuilah ukuran sepatu dari berbagai negara

Nah, seperti yang kita tahu beberapa negara memiliki standar ukuran sepatu yang berbeda-beda. Oleh karena itu, kamu harus mengetahui ukuran sepatu secara spesifik. Untuk memudahkan kamu, berikut Popbela akan menampilkan ukuran sepatu dari berbagai negara:

  • Size - US: 4.5, 5, 5.5, 6, 6.5, 7, 7.5, 8, 8.5, 9
  • Size UK: 2, 2.5, 3, 3.5, 4, 4.5, 5, 5.5, 6, 6.5, 7
  • Size EU: 34.5, 35, 35.5, 36, 37.5, 38, 38.5, 39, 40
  • Panjang sepatu (CM): 21.3, 21.6, 22.2, 22.5, 23, 23.5, 23.8, 24.1, 24.6, 25.1

Setelah melihat cara mengukur ukuran sepatu dari Popbela di atas, terbukti praktis bukan untuk kamu coba dirumah?