Saat mendengar 'kain tradisional' apa yang terlintas dipikiranmu? Bagi sebagian perempuan menganggap kain terkesan 'oldies' jika dikenakan sehari-hari, oleh karena itu biasanya kain tradisional identik dipakai saat menghadiri acara-acara yang resmi.

Tapi tahu nggak sih, kini kain bisa dibuat jadi lebih modern saat dikenakan untuk sehari-hari. Untuk kamu pecinta style etnik, pasti sudah paham banget nih memadu-padankan kain tradisional agar kelihatan modis. Penyanyi Andien misalnya, dirinya salah satu seleb yang gemar memakai kain-kain asal Negeri. Ia selalu punya cara untuk kelihatan trendi dalam balutan kain tradisional.

Nah, Popbela akan memberikan 5 tips&trik memadukan kain tradisional dengan fashion item yang tepat. Serta model kain yang banyak digemari oleh para fashionista. Keep scrolling!

1. Tenun Rote

5 Tips & Trik Agar Kain Tradisionalmu Nggak Kelihatan 'Jadul' LagiInstagram.com/andienaisyah

Tenun Rote, kain yang satu ini hadir dengan motif yang cukup playful dan serupa dengan motif tribal. Untuk kamu yang suka tampil praktis bisa memadukannya dengan sleeveless top polos serta aksesori yang minimalis atau untuk penampilan yang lebih plaful dan eye catchy pakai atasan yang bermotis seperti Andien Aisyah.

2. Tenun Ikat Sumba

5 Tips & Trik Agar Kain Tradisionalmu Nggak Kelihatan 'Jadul' LagiInstagram.com/therealdisastr

Pulau Sumba identik dengan kain tradisionalnya yakni, Tenun Ikat Sumba. Rasanya kurang afdol jika tidak membeli kain yang satu ini saat berlibur ke Sumba. Tips untuk tampilan yang kasual coba mix n match kain Tenun Ikat Sumba dengan kaos polos, tak lupa aksesori ya! Akan lebih chic jika dipasangkan dengan vest.

3. Kain Lurik

5 Tips & Trik Agar Kain Tradisionalmu Nggak Kelihatan 'Jadul' LagiInstagram.com/asmaraabigail

Salah satu kain tradisional yang banyak digemari oleh para millennial adalah kain Lurik. Dipakai untuk hangout atau liburan keren lho, Bela! Suka penampilan yang feminin? Coba kombinasikannya dengan atasan model off shoulder serta mules cantik. Nah, kalau kamu suka OOTD yang lebih sporty bisa lilitkan kain menjadi celana lalu padukan turtleneck dan sneakers favoritmu.

4. Batik Shibori

5 Tips & Trik Agar Kain Tradisionalmu Nggak Kelihatan 'Jadul' LagiInstagram.com/whulandary

Batik dengan motif Shibori ini dibuat dengan teknik pewarnaan tiedye printing, oleh karena itu motifnya terkesan lebih modern dari model batik yang biasanya. Ingin memakainya ke kantor? Padu padankan kain batik Shibori dan kemeja lengan panjangmu serta high heels warna senada dengan kain Shibori, makin trendi kalau kamu memakai aksesori metal bangle.

5. Tenun Baduy

5 Tips & Trik Agar Kain Tradisionalmu Nggak Kelihatan 'Jadul' LagiInstagram.com/ayladimitri

Ingin tampil edgy dengan Tenun Baduy? Bisa juga, Bela! Formulanya kamu cuma perlu pasangakan dengan luaran yang statament seperti oversized blazer serta dalaman kaos atau crop top warna hitam. Sedangkan untuk model sepatu, pilih sepatu kesukaan millennials yakni socks boots

BACA JUGA: Batik Jadi Outfit Favorit Mantan Putri Indonesia, Whulandary Herman