Dalam hukum Islam, hijab menjadi ketentuan syariat untuk para wanita muslim menutup auratnya. Penggunakan hijab memiliki makna sebuah kepatuhan dan ketaatan kepada Tuhan. Berdasarkan perkataan pemuka agama, hijab dengan model syar'i adalah model hijab yang paling sesuai dengan ketentuan Syariat Islam. Menutupi seluruh tubuh dan model yang longgar terlihat lebih melindungi wanita.

Secara lebih simple dan familiar, hijab syar'i adalah hijab yang memiliki ukuran lebih lebar dan menutupi hampir sebagian tubuh kita. Model yang longgar adalah keharusan sehingga menghindari terlihatnya lekukan pada tubuh. Namun, di era sekarang hijab syar'i sudah berkembang pesat dengat berbagai bahan dan motif yang menarik untuk dipakai. Mencoba secara pelan-pelan tidak ada salahnya kok, Bela! Kamu bisa memulai dengan menggunakan pashmina yang dililit menutupi dada. Supaya lebih jelas, Popbela telah merangkum beberapa ide hijab syar'i yang mudah untuk kamu tiru. Simak, yuk!

1. Hijab dengan motif yang lembut

Tetap Modis, Ini Ide Hijab Syar'i yang Bisa Kamu TiruInstagram.com/shireensungkar

Pada sebagian perempuan, menggunakan pakaian syar'i yang panjang dan longgar bisa membuat tubuh kamu terlihat kecil dan terkesan tenggelam. Sebagai peralihannya, kamu bisa gunakan hijab syar'i bermotif. Pilih motif-motif yang tetap memiliki desain yang lembut. Motif floral bisa menjadi pilihan kamu.

2. Datang ke suatu occasion? Gunakan hijab syar'i dengan bros yang cantik

Tetap Modis, Ini Ide Hijab Syar'i yang Bisa Kamu TiruInstagram.com/ichasoebandono

Hijab syar'i berwarna putih memang dapat memancarkan kesan yang penuh kelembutan dan keanggunan. Kamu bisa menggunakan hijab syar'i berwarna putih dengan sentuhan bros kecil sebagai pemanis look kamu. Beralih dari gamis dan dress yang panjang, kamu bisa gunakan atasan yang longgar dan celana kulot yang bermotif senada. Outfit ini cocok banget kamu pakai saat occasion yang lebih formal. Tetap modis dengan hijab syar'i bisa juga kan, Bela!

3. Hijab syar'i hitam bisa menjadi pilihan ketika ingin aman

Tetap Modis, Ini Ide Hijab Syar'i yang Bisa Kamu TiruInstagram.com/vebbypalwinta

Pakaian yang bisa menutup seluruh aurat menjadii pertimbangan ketika menggunakan pakaian yang syar'i. Warna hitam bisa menjadi warna yang harus kamu punya, Bela. Selain akan terkesan lebih elegan, warna hitam juga tidak memberikan ilusi pada tubuh, sehingga menutup kemungkinan akan membentuk lekuk tubuh kamu. Supaya tetap nyaman, pilih hijab dengan bahan chiffon yang mampu menyerap keringat.

4. Warna-warna wearable yang tidak vibran

Tetap Modis, Ini Ide Hijab Syar'i yang Bisa Kamu TiruInstagram.com/xolovelyayana

Ketika kamu mengunakan hijab yang syar'i, lebih baik pilih warna-warna hijab yang terkesan netral dan lembut seperti abu-abu, merah muda, putih atau warna-warna nude. Hindari warna yang vibran sehingga kesan anggun ketika menggunakan hijab syar'i tetap melekat pada dirimu. Kombinasikan hijab berwarna soft dengan gamis berwarna senada. Cantik seketika!

5. Hijab syar'i yang instan lebih mempermudah gaya busana

Tetap Modis, Ini Ide Hijab Syar'i yang Bisa Kamu TiruInstagram.com/anisarahma_12

Nggak mau ribet styling gaya hijab syar'i? Kamu cukup gunakan hijab instan, Bela! Keuntungan untuk para perempuan Muslim yang berhijab syar'i, kini hijab instan dengan model syar'i lebih populer dengan warna serta bahan yang beragam. Tinggal kamu sesuaikan saja dengan dress yang kamu akan gunakan. Sebelum menggunakan hijab instant, jangan lupa untuk menggunakan ciput sebagai dalaman hijabmu. Selain menghindari hijab yang jatuh akibat bahan yang licin, ciput juga menghindari rambut-rambut yang menjulur keluar. 

6. Tetap modis dengan pashmina

Tetap Modis, Ini Ide Hijab Syar'i yang Bisa Kamu TiruInstagram.com/anisarahma_12

Terakhir, ketika akan menggunakan hijab syar'i, kamu juga bisa menggunakan hijab dengan model pashmina. Pashmina memiliki desain yang panjang sehingga mudah untuk dibentuk mengikuti bentuk jawab dan tubuhmu. Cara menggunakan pashmina untuk hijab yang syar'i cukup mudah kok, Bela. Caranya hampir sama dengan hijab pada umumnya, hanya kamu perlu menutupi bagian dada kamu dengan sisi yang lebih panjang. 

Baca Juga: Ini Tips Berbusana Muslim Syar'i yang Trendi