Sepatu kulit hingga saat ini masih jadi andalan banyak orang. Namun, salah satu masalah yang  sering ditemukan sebelum membeli sepatu kulit ialah cara merawatnya yang nggak mudah. Jangan khawatir, Popbela telah merangkum beberapa cara merawat sepatu kulit yang cukup praktis untuk kamu coba. Simak tips yang telah Popbela rangkum di bawah ini, dijamin sepatu kulit akan lebih tahan lama. Let's check!

1. Anti lembab, taruh silica gel di dalam kotak sepatumu!

Praktis, Begini Cara Merawat Sepatu Kulit AsliAmazon.com

Punya sepatu kulit asli, kamu perlu merawatnya secara ekstra hati-hati. Salah satu cara paling mudah yang bisa dilakukan adalah dengan menghindari sepatu kulit dari udara yang lembab. Udara lembab bisa membuat sepatumu mudah berjamur dan bau yang menyengat, lho! Simpan kembali sepatu kulit didalam kotak berisi silica gel. Silica gel berguna banget untuk menyerap bau dalam sepatu kulit.

2. Susun sepatu kulit dalam rak sepatu secara rapi

Praktis, Begini Cara Merawat Sepatu Kulit AsliDshop.com

Setelah seharian menggunakan sepatu kulit, jangan lupa untuk menata kembali sepatu kulit dalam rak sepatumu. Meletakkannya secara sembarangan, apalagi sampai menumpuk sepatu kulitmu dengan sepatu lainnya, akan menimbulkan baret dan tekstur kulit menjadi lebih cepat rusak. 

3. Berniat menjemur sepatu kulit yang basah, usahakan untuk tidak terkena matahari langsung saat menjemur

Praktis, Begini Cara Merawat Sepatu Kulit AsliWikihow.com

Jika sepatu kulit kesayanganmu tak sengaja terkena air, kamu wajib segera menjemurnya! Nah, yang perlu kamu tahu jangan coba-coba menjemurnya dengan langsung terkena sinar matahari apalagi menggunakan hairdryer. 

4. Gunakan cairan waterproof untuk melindungi sepatu kulit dari air

Praktis, Begini Cara Merawat Sepatu Kulit AsliYoutube.com

Sepatu kulit adalah salah satu fashion item yang paling rentan terkena air. Salah satu caranya, kamu bisa pakai spray-on waterproof untuk membantu melapisi sepatu kulit dari air. Caranya, cukup semprotkan cairan waterproof ke seluruh permukaan sepatu, tunggu sekitar 30 menit maka sepatumu akan bebas dari air. Namun ada baiknya, kamu gunakan cairan waterproof untuk saat-saat tertentu saja, sehingga sepatu kulitmu masih dapat bernapas. 

Baca Juga: Agar Tetap Awet, Ini Cara Mencuci Sepatu Kulit yang Harus Kamu Tahu