Produsen serat viscose-rayon berkelanjutan, Asia Pacific Rayon (APR) menggelar "Re-See Jakarta Fashion Week 2023 Collection" sebagai upaya lanjutan APR dalam mendukung sustainable fashion di Indonesia. Melalui pameran ini, hasil kolaborasi APR bersama lima brand asal Indonesia bertemakan "I Love Viscose" kembali dipamerkan di Jakarta Fashion Hub pada 7-11 November 2022. Kelima brand yakni FREDERIKA, Oline Workrobe, BT Batik Trusmi, Geulis, dan everyday sebelumnya telah memamerkan koleksinya pada penyelenggaraan Jakarta Fashion Week 2023 pada akhir Oktober lalu.

“Re-See Collection” dihadirkan untuk memberikan akses eksklusif bagi media, member JFH dan publik yang belum menyaksikan koleksi kolaborasi kelima brand tersebut di JFW 2023. Melalui pameran ini, pengunjung dapat melihat dan merasakan secara langsung material serat rayon yang dihasilkan oleh APR dan aplikasinya pada fashion.

APR Hadirkan Re-See JFW 2023 Collection di Jakarta Fashion Hubdok. APR

Sustainable fashion kini menjadi hal yang sangat critical untuk ekosistem fashion dunia. Oleh karena itu, kami berharap dukungan APR dan wadah kolaborasi yang kami inisiasi melalui Jakarta Fashion Hub bisa turut memberikan kontribusi positif terhadap kemajuan fashion Indonesia yang berkelanjutan” ujar Zoey Rasjid, Head of Marketing Communication Asia Pacific Rayon (APR).

APR Hadirkan Re-See JFW 2023 Collection di Jakarta Fashion Hubdok. APR

Pada "Re- See Collection" ini, FREDERIKA memamerkan koleksi batik kontemporer yang terinspirasi dari kompleks hutan tanaman industri (HTI) berkelanjutan di Riau yang dikelola oleh supplier APR, APRIL Group. Inspirasi ini menjadi simbol keharmonisan antara manusia dengan alam yang dikemas melalui “Sweet Plantation Resort 2023”. FREDERIKA menghadirkan koleksi ready-to-wear dengan komposisi 40% rayon, 60% cotton dan polymix, 35% rayon, dan 65% polyester yang tidak mudah kusut dan lembut.

Oline Workrobe memamerkan sebuah koleksi bernama “NISKALA” yang nyaman dipakai sehari-hari dengan desain konstruktif nan modern serta bermain dengan tekstur, warna kontras, dinamis, dan stylish. Koleksi ini dihadirkan untuk mendukung gerakan sustainable fashion dan meminimalisir limbah produksi fashion dengan memanfaatkan kembali bahan sisa produksi untuk koleksinya.

APR Hadirkan Re-See JFW 2023 Collection di Jakarta Fashion Hubdok. APR

BT Batik Trusmi mempersembahkan sebuah koleksi “Sejati Bersanding” dengan latar belakang perjuangan seorang putri bernama Ong Tien yang menggadaikan kemewahan yang dimilikinya untuk bertemu sang pujaan hati, Sunan Gunung Jati. Perjalanan cinta tersebut menyajikan gambaran akulturasi budaya yang dituangkan dalam sebuah koleksi batik yang memberikan nuansa kemewahan dalam bentuk desain dan warna yang menawan.

Lalu, koleksi “Shape & form” milik everyday terinspirasi dari suasana perkotaan seperti gedung pencakar langit, stasiun, hingga lanskap district business yang modern dan gambaran pemukiman padat. Melalui koleksinya, everyday menerjemahkan gagasannya dengan motif dan siluet yang didominasi oleh warna terang seperti yang terlihat di motif terbaru mereka, yaitu Akira dan Roja.

Melalui koleksinya “Bloom Refresher Spring Summer 2023” Geulis menampilkan koleksi berdesain modern dan dinamis yang menggunakan lyocell APR. Melalui koleksi ini, Geulis menampilkan baju layering, celana panjang, dan setelan statement. Geulis turut menampilkan tiga look terbarunya dari lini brand khusus pria mereka bertajuk KASEP.

APR Hadirkan Re-See JFW 2023 Collection di Jakarta Fashion Hubdok. APR
APR Hadirkan Re-See JFW 2023 Collection di Jakarta Fashion Hubdok. APR

Baca Juga: APR Libatkan 5 Brand Lokal untuk Misi Sustainable Fashion

Baca Juga: K.A.L.A Studio x Isha Hening Rilis Pakaian Artistik yang Modis

Baca Juga: Intip Campaign Terbaru Balenciaga x adidas, Pakai Sportswear di Kantor