Setiap orang pasti punya setidaknya satu pakaian berbahan denim. Walaupun hampir setiap hari dipakai, pakaian denim tidak boleh terlalu sering dicuci lho, karena akan merusak material kain denim. Supaya tetap awet dan tahan lama, kamu harus tahu cara mencucinya dengan benar. 

Berikut Popbela kasih beberapa tips dan cara mencuci pakaian berbahan denim menggunakan mesin cuci. Intip, yuk!

1. Segera cuci pakaian denim yang terkena noda atau kotoran

Cara Tepat Mencuci Pakaian Denim dengan Mesin Cucithriftyfun.com

Jikapakaian denim terkena noda atau kotoran, jangan tunggu lama-lama untuk mencucinya ya, Bela. Segera cuci pakaian denim kamu supaya noda atau kotoran tidak mengendap dan justru akan lebih sulit dibersihkan. Sebelum dimasukkan ke dalam mesin cuci, tuangkan detergen cair atau sabun krim ke bagian yang terkena noda dan kucek dengan tangan. Hindari menyikat pakaian denim sebelum dimasukkan ke dalam mesin cuci, karena akan menyebabkan denim kamu cepat luntur dan belel.

2. Pisahkan pakaian pakaian denim dari pakaian lain

Cara Tepat Mencuci Pakaian Denim dengan Mesin Cuciunsplash.com

Sebelum dimasukkan ke dalam mesin cuci, kamu perlu memisahkan pakaianpakaian denim dari tumpukan pakaian kotor lainnya. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah terjadinya kelunturan warna dari pakaian lain. Jika terkena lunturan warna, tentu kualitas warna denim akan berkurang. Selain itu, hal yang perlu diperhatikan sebelum memasukkan pakaian denim ke dalam mesin cuci ialah membalik pakaian denim sehingga dapat dibersihkan dari bagian dalam. Proses membalik pakaian denim, kamu membantu mencegah pudarnya warna sehingga lebih tahan lama.

3. Perhatikan jumlah pakaian denim yang akan dimasukkan ke dalam mesin cuci

Cara Tepat Mencuci Pakaian Denim dengan Mesin Cucicustomjeansindia.com

Saat mencuci pakaian denim, kamu perlu memperhatikan jumlah pakaian yang akan dicuci di dalam mesin cuci. Meskipun mesin cuci dapat mencuci banyak pakaian sekaligus, akan tetapi kamu sebaiknya membatasi jumlah pakaian denim yang hendak dicuci. Hal ini untuk membersihkan pakaian denim secara menyeluruh, dibutuhkan ruang yang cukup luas supaya proses pencucian menjadi maksimal. Kamu bisa cuci pakaian denim kamu dalam dua sesi jika terlalu banyak.

4. Atur mode pencucian yang ada di mesin cuci

Cara Tepat Mencuci Pakaian Denim dengan Mesin Cucithespruce.com

Jika pakaian denim sudah dimasukkan ke dalam mesin cuci, segera masukkan air bersuhu normal secukupnya. Dalam mengatur mode pencucian, sebaiknya pilih mode pencucian yang pelan atau halus. Jangan mencuci pakaian denim dengan mode pencucian yang keras untuk mencegah terjadinya sobek dan membantu merawat kualitas serat pakaian denim.

5. Gunakan jenis pembersih yang tepat

Cara Tepat Mencuci Pakaian Denim dengan Mesin Cucipexels.com

Kamu juga perlu memperhatikan penggunaan bahan pembersih yang tepat dalam mencuci pakaian denim. Terdapat tiga pilihan yang bisa kamu pilih, seperti detergen, sabun khusus pakaian denim atau sabun cuci yang lembut. Pastikan bahan pembersih yang kamu pakai tidak mengandung bahan pemutih supaya tidak merusak warna asli pakaian denim kamu.

6. Cuci pakaian denim dengan air dingin

Cara Tepat Mencuci Pakaian Denim dengan Mesin Cucithespruce.com

Pada label pakaian denim biasanya terdapat petunjuk pencucian dan disarankan untuk dicuci dengan suhu tertentu. Sebaiknya cuci pakaian berbahan denim dengan air dingin, karena suhu air yang terlalu panas akan merusak serat pakaian dan menyebabkan warna asli denim menjadi luntur. Kamu bisa atur dan pilih temperatur pencucian di mesin cuci.

7. Keringkan pakaian denim dengan benar

Cara Tepat Mencuci Pakaian Denim dengan Mesin Cuciyou.co.uk

Setelah pakaian denim kamu sudah selesai dicuci, segera keringkan menggunakan suhu yang rendah dengan fitur pengering di mesin cuci sampai setengah kering. Setelah itu, bisa dilanjutkan proses pengeringan secara manual. Hal yang perlu diperhatikan dalam menjemur pakaian ialah pastikan untuk menjemur pakaian denim secara terbalik dengan bagian dalam di luar. Hal ini akan mencegah pemudaran warna asli denim .

Baca Juga: Gampang dikombinasikan! Intip Inspirasi Street Style Pakai Denim

Baca Juga: #PopbelaOOTD: Kumpulan Rok Denim dari Brand Lokal

Baca Juga: #PopbelaOOTD: Kumpulan Celana Jeans High Waist dari Brand Lokal