Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Saint Laurent Tampilkan Koleksi Menswear Spring 2023 di Gurun Maroko

Silhouette klasik khas YSL

Natasya Fitranda Putri

Setelah fashion show Jacquemus Fall 2022, kali ini giliran Saint Laurent yang memamerkan koleksi terbarunya untuk Menswear Spring/Summer 2023 di lokasi gurun. Anthony Vaccarello, selaku creative director Saint Laurent memilih gurun di Maroko karena alasan spesial yang berkaitan dengan sang pendiri rumah mode Yves Saint Laurent. Selain pemilihan lokasi yang unik, pada koleksi ini Anthony Vaccarello juga mempersembahkan rancangan pakaian laki-laki serba chic dan simpel. Walau terlihat minimalis, Anthony Vaccarello berhasil berikan kesan kemewahan yang memikat pada koleksi terbarunya kali ini.

1. Gurun Agafay di Maroko menjadi pilihan Anthony Vaccarello untuk menampilkan koleksi terbarunya. Anthony Vaccarello memilih lokasi ini karena sebelumnya Maroko merupakan tempat kediaman Yves Saint Laurent di tahun 60-an. Berkat lokasi ini, Anthony Vaccarello mampu menciptakan koleksi Menswear yang berkesan fierce sekaligus intimate.

vogue.com

2. Anthony Vaccarello menghias lokasi gurun ini dengan "desert ring" yang merupakan hasil kolaborasinya dengan seniman Ev Devlin. Hadirnya "desert ring" ini berfungsi untuk menyerupai matahari terbenam layaknya berada di 'dunia lain'.

wwd.com

3. Pada koleksi ini, Anthony Vaccarello mengambil referensi dari novel klasik karya Paul Bowles di tahun 1949 yang berjudul "The Sheltering Sky". Tema keputusasaan dalam novel ini berusaha digambarkan oleh Anthony Vaccarello melalui desain pakaian yang ia rancang. Sang desainer juga mengambil kutipan dari novel tersebut, "how many more times will you watch the full moon rise? Perhaps twenty. And yet it all seems limitless.”

vogue.com

4. Anthony Vaccarello juga melakukan upaya ramah lingkungan pada koleksi ini, seperti mengutamakan karbon netral dan daur ulang untuk tiap bahan yang digunakan. Sang desainer juga membudidayakan pekerja lokal Maroko dengan mendonasi bahan bekas untuk dibuat kembali menjadi karpet.

vogue.com

5. Anthony Vaccarello mempersembahkan sebanyak 50 looks dengan memasukkan ciri khas serta identitas klasik dari rumah mode Saint Laurent. Tiap look-nya memiliki kesan yang sophisticated, chic, mewah, namun tetap simpel secara bersamaan.

vogue.com

6. Look utama pada koleksi ini tentu saja suit dan blazer khas Saint Laurent. Selain itu, Anthony Vaccarello juga merancang trench coat dan fur coat yang makin terlihat kece saat diperagakan oleh model di atas gurun.

vogue.com

7. Walau termasuk koleksi Menswear, kali ini Anthony Vaccarello mengkombinasikan gaya maskulin dan feminin untuk membentuk look yang genderless. Salah satu contohnya adalah sleeveless sheer blouse dengan aksen pita yang terlihat edgy sekaligus elegan.

vogue.com

IDN Media Channels

Latest from Style & Trends