Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

4 Desainer Lokal Curhat Soal Pandemi Corona & Aktivitas #WFH Mereka

Kreativitas para desainer Indonesia selama masa corona

Michael Richards

Hampir dua minggu sejak Pemerintah Indonesia mengumumkan untuk #dirumahaja, mood rasanya udah campur aduk. Kalau dipikir-pikir, "mengisolasi diri" lelahnya malah double. Report kerjaan harus on-time. Absen online jam sembilan teng! Damn itu paling @%#$ (masa iya di rumah masih telat absen). Tapi yang paling parah adalah quarant-eating... alias nimbun lemak selama work from home. So mengakali self-complain ini jalan satu-satunya memang harus stay productive. Fix setelah ini akan subscribe ke Merry Riana biar lebih termotivasi.

Akhirnya saya jadi bangun pagi, cari sarapan sekaligus berjemur, sekaligus koleksi foto-foto langit Jakarta yang rasanya karena efek corona kok jadi bagus ya... dan rasanya polusi tuh berkurang.

Popbela.com/Michael Richards

Keterbatasan yang saat ini saya rasakan, sedikit memunculkan ide sekalian silaturahmi ke-empat teman desainer saya yang kemarin batal mempresentasikan koleksi terbaru mereka. Pas banget dua/tiga hari mau show, kabar Jakarta dilarang untuk membuat event besar diumumkan. Sedih itu pasti. Tapi itu juga menjadi keputusan bijaksana untuk mencegah penyebaran virus corona. Lalu suatu sore, mendadak, Andandika Surasetja dari Studio MORAL, Amot Syamsuri Muda, Wilsen Willim (yang sedikit spoiler koleksi baru), dan Dana Maulana dari Danjyo Hiyoji (satu lagi Sheila dari Sean & Sheila yang batal diwawancari) dikontak via chat untuk perkontenan ini.

Simple aja sih! Saya cuma mau tahu apa yang mereka lakukan selama pandemi corona ini di rumah. Selain kegiatan sharing kuis-kuis Instagram dan aksi post berantai, apakah isolasi diri membatasi ruang kreativitas mereka? Apa yang mereka lakukan supaya ngga mati gaya di rumah? (Siapa tahu bisa jadi inspirasi buat saya dan kamu yang baca) dan sebuah pertanyaan serius yaitu apa pengaruh pandemi corona ini ke brand masing-masing?

1. Amot Syamsuri Muda

Popbela.com/Amot Syamsuri Muda

Apa pengaruh pandemi corona ke brand kamu?

"Pengaruhnya banyak banget. Salah satuya show AMOTSYAMSURIMUDA di Fashion Nation harus ditunda dan memang ada beberapa rencana kedepannya yang "mungkin" harus juga ditunda - kalau pandemi ini berkepanjangan."

Apa pengaruh isolasi diri dengan kreativiats kamu?

"Masa isolasi diri jadi momen refleksi dari apa yang sudah dilakukan. Lihat apa yang kurang, menganalisa setiap karya saya, semoga setelah pandemi ini selesai saya bisa jadi desainer yang lebih baik."

Ada yang kamu syukuri nggak selama harus #WFH?

"Jadikan momen ini untuk berkaca dengan apa yang sudah kita perbuat dan belajar dari sini, semoga bisa jadi manusia yang lebih baik lagi."

Aktivitas yang dilakukan supaya nggak bosan saat #WFH?

"Selain Netflix, YouTube dan semua yang berbau media sosial, saya juga mengerjakan kolaborasi berikutnya dan memikirkan arah dari brand ini akan kemana - bisa dibilang ini jadi sesuatu yang istimewa buat saya berada sendiri di studio, day dreaming dan saya bersama tim kok jadi suka video call-an - Yes we are that gaptek!"

2. Dana Maulana (Danjyo Hiyoji)

Popbela.com/Dana Maulana

Apa pengaruh pandemi corona ke brand kamu?

"Yang jelas terasa adalah bagian sales. Saya rasa itu terjadi rata ke semua brand-brand lokal."

Apa pengaruh isolasi diri dengan kreativiats kamu?

"Lebih banyak waktu luang untuk mencari ide untuk koleksi terbaru tanpa ada gangguan. Karena semua orang sedang slow respon. Dan bisa mengerjakan hobi lain yang di waktu normal susah cari waktunya."

Ada yang kamu syukuri nggak selama harus #WFH?

"Yang paling harus disyukuri adalah punya waktu untuk keluarga 24 jam."

Aktivitas yang dilakukan supaya nggak bosan saat #WFH?

"Berkebun."

3. Andandika Surasetja (Studio MORAL)

Popbela.com/Andandika Surasetja

Apa pengaruh pandemi corona ke brand kamu?

"Sebetulnya MORAL punya serangkaian rencana yang harus batal dan tertunda akibat pandemi corona ini. Tapi jujur, kami justru lebih lega dan berlapang-dada atas keputusan ini. Ini adalah langkah terbaik demi kebaikan kita semua! Kami, setiap personel MORAL pun segera mengambil gerakan #dirumahaja sambil merumuskan strategi baru yang dapat dijalankan selama periode work from home berlangsung."

Apa pengaruh isolasi diri dengan kreativiats kamu?

"Ini merupakan dinamika baru yang menarik. Ini menjadi tantangan tersendiri, tentang bagaimana cara kami mengemas seluruh komunikasi kami bersama audience di kanal digital. Presentasi koleksi terbaru MORAL / Koma untuk Fall/Winter 2020 yang sebelumnya direncanakan akan tampil di atas runway pun akan hadir dalam format berbeda secara digital. Kita coba saja, trial dan error adalah dinamika yang harus kita nikmati. Yang penting tetap optimis."

Ada yang kamu syukuri nggak selama harus #WFH?

"Saya jadi punya waktu untuk membereskan hal-hal di rumah yang selama ini terus tertunda. Saya juga punya kesempatan untuk quality time dengan keluarga, main dengan kucing di rumah dan memasak! Karena kesibukan satu tahun kebelakang, saya lupa kapan terakhir kali saya bisa kumpul bareng keluarga."

Aktivitas yang dilakukan supaya nggak bosan saat #WFH?

"Belakangan tempo hidup saya begitu cepat. Kerja kerja kerja dan terus menerus diburu deadline. Saya sekarang justru punya kesempatan untuk kembali menikmati hobi lama: membaca! Dan yang tidak kalah menyenangkan adalah membuka album foto berisi momen bersama teman dan keluarga dari masa ke masa. Berhubung koleksi MORAL sangat banyak dipengaruhi oleh aspek nostalgia, kegiatan ini memberi banyak inspirasi bagi saya."

4. Wilsen Willim

Popbela.com/Wilsen Willim

Apa pengaruh pandemi corona ke brand kamu?

"Pengaruh yang paling terlihat adalah penundaan show yang tidak bisa diprediksi sampai kapan. Tentu saja pandemi corona juga memengaruhi offline sales juga."

Apa pengaruh isolasi diri dengan kreativiats kamu?

"Secara kreativitas, mungkin memberikan saya banyak waktu luang untuk menenangkan kepala dari jadwal yang biasanya sangat padat menjadi sangat santai."

Ada yang kamu syukuri nggak selama harus #WFH?

"Pastinya jalanan menjadi lebih sepi, meskipun saya di rumah terus. Tapi karena tinggal di daerah Sudirman jadi rasanya klakson mobil tidak seganas biasanya. Pemandangan dari balkon juga terlihat lebih bening." 

Aktivitas yang dilakukan supaya nggak bosan saat #WFH?

"Meng-explore hobi main game online dan lebih sering merawat kulit seperti maskeran dan lainnya yang biasa lupa dilakukan."

IDN Media Channels

Latest from Style & Trends