Ketika kamu mendapatkan tugas perjalanan bisnis ke luar kota ataupun luar negeri sendirian, jangan buru-buru menolaknya karena di situ kamu bisa mendapatkan beragam kesempatan yang tak terduga. 

Misalnya beberapa kantor ada yang membebaskan karyawannya memilih hotel dan maskapai yang dituju, maka pilihlah yang kamu inginkan namun tetap sesuai dengan budget yang sudah ditentukan. Tetapi sebaliknya jika sudah ditentukan oleh kantormu tentu tak masalah, kamu tinggal mengikuti prosedurnya saja. 

Ingin tahu bagaimana caranya supaya perjalananmu tetap fun dan menyenangkan, ini 7 tipsnya hanya untukmu. 

1. Jadwalkan perjalananmu mendekati akhir pekan

Dapat Tugas Dinas Sendirian Ke Luar Kota? Ini 7 Tipsnya Biar Tetep Funpexels / kaboompics

Kalau kamu mendapatkan tugas dinas ke luar kota pada pertengahan minggu, maka tak ada salahnya jika kamu menyambungnya hingga akhir pekan atau jika acara kantor di hari Senin kamu bisa berangkat dari Sabtu pagi. 

Ide ini bisa kamu terapkan terutama jika kota dan negara yang kamu kunjungi menarik untuk di eksplorasi, maka memanfaatkan momentum tersebut. Pada kesempatan ini kamu bahkan tak perlu mengajukan cuti kepada atasan, cukup menambahkan sedikit biaya perjalananmu saja atau bahasa kerennya yang kamu lakukan adalah liburan yang tersubsidi.

2. Lakukan rutinitas yang sama dengan nuansa yang berbeda di tempat baru

Dapat Tugas Dinas Sendirian Ke Luar Kota? Ini 7 Tipsnya Biar Tetep Fununsplash / pablo merchant montes

Apa rutinitasmu untuk mengawali hari, apakah minum kopi setiap pagi atau menikmati sarapan? Cobalah saat dinas tetap lakukan kebiasaanmu itu, hanya saja dilakukan di tempat yang berbeda karena tentu akan menghadirkan pengalaman tersendiri.

Misalnya menikmati sarapan di cafe terkenal di kota tersebut atau mengunjungi pasar-pasar tradisional yang biasanya menyediakan makanan khas daerah setempat. Seru kan kalau sambil bekerja sekaligus memperkaya khazanah kulinermu.

3. Pesan hotel boutique yang etnik dan eksotis

Dapat Tugas Dinas Sendirian Ke Luar Kota? Ini 7 Tipsnya Biar Tetep Fununsplash / suzy brooks

Menginap di hotel konvensional itu sudah biasa, itu bisa kamu lakukan melalui perjalanan dinasmu yang biasanya sudah dipilihkan oleh kantormu. Tetapi ketika kamu ingin melanjutkan liburanmu, cobalah untuk memilih hotel berkonsep boutique yang etnik dan eksentrik. Alasannya karena akan memberikan kenikmatan tersendiri dan pengalaman yang berbeda. 

Lokasi yang kamu pilih bisa di hotel sekitar pantai atau pinggiran kota yang tentu pemandangannya akan lebih alami dan menawan dibandingkan di kota. 

4. Duduk di cafe atau restoran hotel

Dapat Tugas Dinas Sendirian Ke Luar Kota? Ini 7 Tipsnya Biar Tetep Fununsplash / mikail duran

Menikmati secangkir kopi atau makanan kecil di cafe atau restoran hotel tentu tak masalah. Kamu bisa menggunakan momentum ini untuk menikmati kesendirianmu, tetapi jika ada peluang untuk membuka percakapan dengan seseorang yang senasib denganmu tentu tak masalah bukan? Anggap saja menambah teman mengobrol selama di sana.

5. Memanjakan diri dengan perawatan diri

Dapat Tugas Dinas Sendirian Ke Luar Kota? Ini 7 Tipsnya Biar Tetep Fununsplash / noah buscher

Melakukan perjalanan dinas sendirian itu artinya kamu memiliki banyak waktu untuk dirimu sendiri. Maka ini adalah saatnya untuk memanjakan dirimu sendiri, caranya dengan memanfaatkan fasilitas di hotel. 

Contohnya berenang, fitness atau spa untuk merilekskan kondisi badan yang penat, berendam di bathtub, sauna atau bahkan hal sederhana untuk bermaskeran tanpa perlu khawatir dengan gangguan orang lain. Ini kesempatan terbaik untuk me time setelah segala aktivitasmu di sana. 

6. Jalan-jalan ke museum

Dapat Tugas Dinas Sendirian Ke Luar Kota? Ini 7 Tipsnya Biar Tetep Funpexels / Daria Sannikova

Kemajuan teknologi telah mempermudah kita untuk mendapatkan informasi melalui layanan internet, maka kamu tak perlu khawatir untuk mengeksplor kota atau negeri yang kamu kunjungi sendirian. 

Salah satu tujuan yang paling menarik adalah mengunjungi museum atau tempat-tempat bersejarah di sana karena melalui aktivitas ini kamu bisa mengenal sejarah serta kebudayaan setempat kota atau negara yang kamu kunjungi. Hal ini membuat perjalananmu sarat akan makna. 

7. Menjalin pertemanan baru

Dapat Tugas Dinas Sendirian Ke Luar Kota? Ini 7 Tipsnya Biar Tetep Funpexels / bruce mars

Beberapa orang mungkin menganggap bepergian untuk bekerja sebagai pekerjaan berat padahal bisa sangat menyenangkan lho. Hal ini tergantung bagaimana kita menyikapinya karena di sini terbuka kesempatan selebar-lebarnya untuk menjalin pertemenan baru. Siapa tahu kamu suatu hari nanti akan ke sini lagi maka kamu sudah memiliki teman di sana yang siap menemanimu jalan-jalan. 

Nggak perlu khawatir lagi kan Bela?

Baca Juga: 4 Kondisi Yang Perlu Diperhatikan Saat Gunakan Media Sosial Di Kantor