Bela tahu hal yang paling membahagiakan? Ternyata ketika kita bisa memaksimalkan pikiran untuk memecahkan masalah, mewujudkan impian sampai untuk memahami kemajuan dalam hidup kita itu merupakan hal yang membahagiakan. 

Semua itu bisa berjalan karena motivasi yang mengarahkan kita untuk bertindak. Makanya dengan tujuh hal ini kamu akan membantumu meningkatkan kekuatan otak, memori dan motivasi supaya aktivitasnya makin sempurna.

1. Sederhanakan Hidupmu

9 Taktik Meningkatkan Kekuatan Otak, Memori dan Motivasipexels.com/Perfecto Capucine

Akan sangat sulit untuk menjaga motivasi jika kamu merasa bingung untuk menentukan tujuan dan pekerjaan yang akan kamu lakukan. Cara menyederhanakannya sebenarnya mudah yaitu kumpulkanlah tugasmu dan selesaikan. Seorang penulis bernama Marilyn Vos Savant menyarankan kita untuk membuat daftar dari setiap tugas kecil yang harus dilakukan dalam sehari kemudian kamu bisa melakukannya  satu demi satu. Jangan sampai ada yang kelewatan ya. Hal tersebut juga bisa diterapkan untuk tugas mingguan dan bulanan lho. 

2. Fokus Dengan Tujuanmu

9 Taktik Meningkatkan Kekuatan Otak, Memori dan MotivasiPexels.com/Lisa Fotios

Pikirkan apa yang telah kamu capai mulai dari titik permulaan hingga sekarang ini. Hargai setiap proses yang akan kamu lakukan untuk pencapaianmu.

3. Tetapkan Tujuan

9 Taktik Meningkatkan Kekuatan Otak, Memori dan Motivasipexels.com/rawpixel.com

Pikirkan tujuan hidupmu Bela, tanyakan kepada diri ini apa sebenarnya arti, makna dan tujuan dalam hidupmu. Tuliskan bagaimana goalmu sebagai penyemangat dan pengingat tentang hal-hal yang harus kamu lakukan untuk mencapai targetmu.

4. Ubah Motivasi dari Mendapatkan menjadi Memberi

9 Taktik Meningkatkan Kekuatan Otak, Memori dan Motivasipexels.com/rawpixel.com

Sebuah pepatah dari Wayne Dyer mengutarakan, “Ketika Anda mengubah cara Anda melihat sesuatu, hal-hal yang Anda lihat akan berubah.”  Perubahan cara pandang akan membuatmu termotivasi untuk melakukan hal-hal yang akan menginspirasi orang lain merasa bahagia, karena ketika kamu fokus untuk memberi dan bersyukur maka akan menumbuhkan pola pikir yang positif juga.

5. Buat dan Ulangi Kebiasaan

9 Taktik Meningkatkan Kekuatan Otak, Memori dan Motivasipexels.com/rawpixel.com

Ketika ingin sukses kuncinya adalah konsistensi dan pengulangan. Percaya deh jika kamu ingin melakukan sesuatu secara berulang-ulang alias konsisten maka otakmu akan terbiasa memulai suatu rutinitas. Sebenarnya sederhana saja ketika kamu memutuskan melakukan apa yang ingin kamu perbaiki dan kemudian melakukannya setiap  hari secara berulang maka akan menjadi kebiasaan.

6. Fokus pada Lingkunganmu

9 Taktik Meningkatkan Kekuatan Otak, Memori dan Motivasipexels.com/rawpixel.com

Orang-orang yang menghabiskan waktu bersamamu akan mengubah hidupmu menjadi lebih baik, maka senantiasa tebarkanlah hal-hal positif disekitar orang-orang yang mendukungmu. 

7. Lebih Banyak Bersyukur

9 Taktik Meningkatkan Kekuatan Otak, Memori dan Motivasipexels.com/rawpixel.com

Ketika kamu banyak mensyukuri apapun yang datang dalam kehidupanmu maka perubahannya akan sangat besar. Misalnya tak lupa untuk mengucapkan terimakasih kepada orang-orang yang senantiasa membantumu di saat senang dan sulit. Kemudian ketika kamu juga senantiasa merasa cukup dengan segala yang datang dalam kehidupanmu dengan rasa syukur akan meningkatkan energi positif.

8. Visualisasikan Masa Depan Idealmu

9 Taktik Meningkatkan Kekuatan Otak, Memori dan Motivasipexels.com/Porapak Apichodilok

Manusia seringkali mengalami saat up and down, karena itu ketika motivasimu sedang berkurang  cobalah uraikan kembali apa yang menjadi tujuanmu. Contohnya coba pikirkan kembali dimanakah posisimu dalam waktu 3 sampai 5 tahun mendatang? Apakah tetap menjadi atasan atau melangkah menjadi entrepreneur? Apakah goals dan tujuanmu ke depannya? Apakah hal-hal yang membuatmu senang dengan setiap progres dalam kehidupanmu? Pertanyaan-pertanyaan yang hanya dirimu sendiri yang bisa menjawabnya.

9. Ambil Lebih Banyak Tindakan

9 Taktik Meningkatkan Kekuatan Otak, Memori dan Motivasipexels.com/rawpixel.com

Terkadang kamu harus menghadapi dan mengatasi rasa ketakutanmu sendiri atau mengenai sesuatu  yang kamu hindari. Karena jika kamu sukses menghadapinya dapat menciptakan perbedaan yang nyata dalam kehidupanmu. Kuncinya prioritaskan dan gunakan waktumu sebaik-baiknya.

Yuk Bela tingkatkan motivasimu!

Baca Juga: 10 Quotes Ini Memotivasimu untuk Tak Menyerah Meraih Impianmu!