Kebijakan Pemerintah yang menghimbau para pekerja untuk bekerja di rumah atau Work From Home ini, merupakan bentuk antisipasi untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 yang sangat masif. Pola bekerja pun mengalami perubahan menjadi serba online, sehingga kamu dapat satu keuntungan yang selama ini sulit didapatkan, yaitu waktu yang lebih bebas saat bekerja dari rumah. Tapi bukan berarti aktivitasmu menjadi tidak produktif ya, bahkan ada 9 peluang bisnis yang bisa kamu coba untuk menambah penghasilanmu.

1. Makanan segar

9 Pilihan Bisnis yang Bisa Dilakukan Saat #WFHPexels.com / Valeria Boltneva

Bagi kamu yang senang memasak atau menyukai makanan, momentum saat ini sangat potensial untuk memulai bisnis ini karena orang-orang cenderung menjauhi keramaian dan merasa lebih aman memesan makanan via online. Pilihan makanan seperti ayam goreng, aneka pasta, sushi, dendeng, pastel kentang, kue-kue salad sampai dengan dessert bisa menjadi pilihan hidangan yang kamu jual.

2. Frozen food

9 Pilihan Bisnis yang Bisa Dilakukan Saat #WFHthespruceeats.com

Hidangan makanan beku juga bisa menjadi peluang bisnis yang menarik karena calon pembeli bisa menggoreng saat diperlukan. Beberapa produk yang bisa menjadi pilihan seperti nuggets, chicken katsu, bento, bakso sampai dengan camilan seperti risol, bitterballen dan kroket.

3. Jamu

9 Pilihan Bisnis yang Bisa Dilakukan Saat #WFHbisnisukm.com

Pentingnya untuk menjaga imunitas tubuh merupakan salah satu kunci melawan virus corona. Berimbas pula makin populernya rimpang-rimpangan seperti jahe, kunyit, sereh sampai dengan temulawak. Hidangan jamu kini turut naik daun. Kamu bisa meraciknya menjadi kunyit asam, beras kencur sampai dengan jahe sereh. Supaya catchy, kamu bisa menggunakan kemasan yang modern atau eco-friendly dengan kemasan botol kaca.

4. Makanan ringan

9 Pilihan Bisnis yang Bisa Dilakukan Saat #WFHindifoodbev.com

Menghabiskan sebagian besar aktivitas di rumah membuat orang-orang senang ngemil dan menyantap snack di sela-sela jam makan. Kamu bisa memanfaatkan momentum tersebut dengan menjual snack-snack populer mulai dari keripik kentang, kerupuk kulit, kacang-kacangan, macaroni sampai dengan lidi-lidian.

5. Masker kain

9 Pilihan Bisnis yang Bisa Dilakukan Saat #WFHaliexpress.com

Ketika persediaan masker medis di pasaran sangat langka dan banyak yang memanfaatkan momentum ini dengan menjualnya di atas harga normal, penggunaan masker kain pun mulai dilirik. Kiatnya, kreasikan masker dengan warna netral atau menggunakan motif yang menarik. Alternatifnya kalau tak ingin repot-repot menjahit, kamu bisa  menjadi reseller masker kain dengan harga terjangkau.

6. Minuman segar

9 Pilihan Bisnis yang Bisa Dilakukan Saat #WFHUnsplash.com / Devin Avery

Tak hanya makanan, snack dan jamu saja yang potensial laris-manis, rupanya genre minuman segar juga bisa kamu jual. Beberapa produk yang bisa menjadi pilihan seperti fresh juice, kopi, thai tea, milk tea sampai dengan susu segar dan almond mylk.

7. Fashion

9 Pilihan Bisnis yang Bisa Dilakukan Saat #WFHPexels.com / Gustavo Fring

Pandemi corona ini turut membuat orang-orang mulai mengurangi aktivitas ke pusat perbelanjaan, termasuk membeli barang-barang fashionable. Peluang tersebut juga bisa kamu coba untuk menjual beberapa ragam mode seperti atasan, bawahan, dress, aksesori sampai dengan sepatu. Supaya lebih fokus, tentukan target marketmu sebelum memulai agar kamu bisa memperkirakan siapa yang akan membeli produk yang kamu jual.

8. Buah dan sayur

9 Pilihan Bisnis yang Bisa Dilakukan Saat #WFHPexels.com / Lovefood Art

Belanja online kini menjadi pilihan banyak orang termasuk membeli kebutuhan sehari-hari,. Kalau kamu mempunyai supplier buah-buahan dan sayuran segar, jadikan peluang bisnis untuk membantu para calon pelanggan tetap sehat tanpa harus berbelanja ke luar rumah.

9. Produk kesehatan

9 Pilihan Bisnis yang Bisa Dilakukan Saat #WFHUnsplash.com / Anna Earl

Tak bisa dipungkiri kebutuhan produk kesehatan seperti masker sekali pakai, hand sanitizer sampai sarung tangan menjadi incaran pembeli. Kamu bisa bekerjasama dengan supplier yang bisa mendukung kebutuhan produk kesehatan dengan harga normal. Tetapi jangan menimbun barang ya, karena bisa merugikan orang lain yang mungkin jauh lebih membutuhkannya.

Sudah siap menambah pemasukan?

Baca Juga: 3 Kiat Melindungi Bisnis Kecilmu di Tengah Wabah Corona