Dalam kehidupan kita harus bisa menyeimbangkan antara pekerjaan dan kehidupan karena keduanya sama-sama penting. Tapi seringkali yang terjadi sebaliknya, kita terlena dalam pekerjaan sehingga terlalu fokus dan melupakan hal-hal penting dalam kehidupanmu. 

Tak ingin situasi seperti itu terus terjadi? Berikut tujuh tips untuk mengatasinya.

1. Tentukan Pilihanmu

7 Tips Untuk Meraih Keseimbangan Antara Kehidupan dan Pekerjaangivingcompas.org

Dalam hidup kita berhak membuat pilihan tentang apa yang kita inginkan seperti bagaimana cara kita menghabiskan waktu dan komitmen yang kita harapkan dalam hidup ini. Hal ini termasuk merencanakan pekerjaan yang selaras dengan kehidupan pribadimu. 

Apakah kamu ingin mendedikasikan waktumu untuk pekerjaan atau seimbang di antara keduanya, karena tentu akan sangat menyenangkan kalau seiiring sejalan. Misalnya setelah maksimal bekerja, hadiahkan dirimu sendiri dirimu sendiri berupa quality time yang bisa kamu manfaatkan dan mengisinya dengan kegiatan yang kamu sukai.

2. Berkomunikasi dengan Baik

7 Tips Untuk Meraih Keseimbangan Antara Kehidupan dan Pekerjaanunivison.com

Kunci terbaik untuk mencapai kesuksesan adalah kemampuan untuk berkomunikasi dengan orang lain. Misalnya dengan rekan kerja, atasan, teman, keluarga ataupun pasangan yang bisa kamu ajak berdiskusi. 

Bahkan jika hubunganmu cukup dekat, kelak kamu bisa berbincang tentang rencana kehidupanmu di masa mendatang ataupun sekadar berbagi masalah pribadi. Menjaga komunikasi dengan mereka niscaya jika kamu memiliki problem atau kondisi yang di luar harapanmu maka mereka bisa membantumu.

3. Luangkan Waktu untuk Keluarga, Teman dan Passion-mu

7 Tips Untuk Meraih Keseimbangan Antara Kehidupan dan Pekerjaanunsplash / Priscilla Du Preez

Mereka yang berhasil menciptakan keseimbangan di lingkungan kerja dan kehidupan pribadi biasanya tak hanya menunggu dan melihat sisa waktu yang ada, tetapi mereka merencanakan sejak awal. Maka mulailah mengatur waktumu sebaik mungkin, agendakan waktumu untuk berkumpul bersama keluarga, teman atau bahkan untuk melakukan hobi dan passion-mu.

4. Tetapkan Parameter Kesuksesanmu

7 Tips Untuk Meraih Keseimbangan Antara Kehidupan dan Pekerjaanforbes.com

Tentukan parameter kesuksesanmu karena jika kamu berhasil mencapainya itu artinya kamu telah sukses mengenal jati dirimu, nilai-nilai yang menjadi acuanmu dan mengetahui prioritas dalam hidupmu. Termasuk mengetahui hal-hal yang bisa membuatmu bahagia.

5. Kembangkan Networking

7 Tips Untuk Meraih Keseimbangan Antara Kehidupan dan Pekerjaanpexels / fauxsel

Kemampuan yang satu ini sangatlah penting karena terus menyambung tali silaturahmi dengan mereka tentu akan memberikan dampak positif. Maka jaga selalu hubunganmu dengan klien, rekan seprofesi, atasan ataupun rekan kerja di kantor sebelumnya. Bisa saja mereka nantinya akan menjadi orang-orang yang bisa kamu andalkan untuk melewati masa-masa sulit. 

Selain itu, networking bisa membuat hidupmu lebih bahagia karena bertemu dan berteman dengan mereka yang memiliki beragam karakter sangatlah luar biasa. 

6. Buatlah Rencana dan Tujuan Hidupmu

7 Tips Untuk Meraih Keseimbangan Antara Kehidupan dan Pekerjaanmanagers.co.uk

Jangan terjebak dalam situasi atau kondisi yang tidak kamu inginkan sebenarnya. Karena itu, buatlah rencana yang pasti. Sebagai contoh, banyak pengusaha yang di awal-awal saat mereka merintis karir rela menghabiskan banyak waktu dan termasuk mengalami jatuh bangun untuk mengerjakannya. Tetapi seiiring berjalanannya waktu, mereka pada akhirnya bisa mengatur dan selaras dengan bidang yang mereka sukai. So, jika mereka bisa maka kamu tentu juga bisa dong.

7. Hilangkan Gangguan

7 Tips Untuk Meraih Keseimbangan Antara Kehidupan dan Pekerjaanpexels / startup photo stock

Trik untuk menjaga keseimbangan hidupmu, hal pertama yang bisa dilakukan adalah mencoba untuk mematikan sejenak perangkat elektronik yang kamu miliki. Misalnya smartphone untuk membalas whatsApp atau mengecek instagram minimal 1 - 2 jam atau sesuai dengan keinginanmu dalam sehari. 

Rasakan kenikmatan waktumu tanpa gangguan gadget dan lakukanlah hal-hal yang kamu sukai. Seperti jalan-jalan ke mall, ngopi di kafe favorit, meditasi, olahraga pagi, mendengarkan musik ataupun beragam kegiatan lainnya yang membuat badan kita merasa rileks. 

Selamat mencoba!

Baca Juga: Tips Jaga Keseimbangan antara Full Time Job dan Freelance