Berbicara mengenai pekerjaan memang nggak ada habisnya. Mendalami bidang yang kamu pilih tentu saja ada peluang dan tantangannya. Ini bisa membuat kamu terpacu untuk lebih berkembang maupun sebaliknya. Di dalam dunia kerja pun juga nggak setiap hari kamu bisa merasa nyaman. Ada saja teman kerja yang sengaja usil sehingga membuatmu kurang nyaman.

Keadaan seperti ini bisa membuat patah semangat dan menjalankan aktivitas sekedarnya. Kalau terus menerus dibiarkan, ada dampak bagi diri sendiri. Oleh sebab itu, nggak ada salahnya kamu lakukan hal-hal positif agar kembali termotivasi.

Ambil keuntungan saat pagi

Saat Merasa putus Asa, Lakukan Ini Sebagai Pemancing Motivasipexels.com/Tirachard Kumtanom

Banyak orang sukses yang membiasakan diri untuk bangun sebelum subuh. Ini bisa kamu contoh. Kemudian, ambil aktivitas ringan yang nggak membuat beban pikiran. Kurangi kebiasaan langsung membuka media sosial dan aplikasi percakapan lainnya. Karena badan dan pikiran saat pagi hari sangat siap untuk diajak melakukan kegiatan yang produktif.

Sadari pencapaian kecil

Saat Merasa putus Asa, Lakukan Ini Sebagai Pemancing Motivasipexels.com/Engin Akyurt

Merasa kurang dan timbul rasa iri dengan pencapaian teman adalah sesuatu yang pernah terjadi. Kalau kamu perhatikan, ada saja prestasi yang kamu hasilkan. Hal seperti ini yang harusnya kamu syukuri. Misalnya, kamu berusaha mewujudkan keinginan dan perlahan terwujud. Atau, kamu berada di lingkungan yang lebih kondusif sehingga kamu merasa lebih bermanfaat dan bahagia.

Bertanya dengan diri sendiri

Saat Merasa putus Asa, Lakukan Ini Sebagai Pemancing Motivasipexels.com/Breakingpic

Merasa gagal dan berhasil mencapai sesuatu dalam diri akan bertanya, kenapa bisa seperti itu? Kalau pernah seperti ini, ada baiknya kamu ambil waktu. Santaikan diri dan mulai introspeksi. Kenali diri sendiri lebih dalam. Nggak perlu membawa orang lain dalam kegiatan seperti ini. Karena, munculnya motivasi, keinginan, hingga mempunyai ide besar datangnya dari dalam diri.

Beri hadiah untuk diri sendiri

Saat Merasa putus Asa, Lakukan Ini Sebagai Pemancing Motivasipexels.com/rawpixel.com

Seringkali kamu mengabaikan sebuah pencapaian. Alasannya kalau dibandingkan dengan orang lain belum ada apa-apanya. Atau, menunggu turunnya bonus dari kantor. Yang perlu diketahui kalau mengapresiasi diri sendiri itu penting. Walaupun sekedar makan makanan favorit yang harganya nggak mahal. Kalau kamu melakukannya sama dengan berterima kasih dengan diri sendiri. Jadi, jangan ragu untuk membahagiakan diri sendiri.

Petakan tujuan

Saat Merasa putus Asa, Lakukan Ini Sebagai Pemancing Motivasipexels.com/Burst Burst

Kalau membahas keinginan, tentu kamu punya daftar yang sangat panjang. Hampir setiap hari ada satu keinginan yang muncul. Sekedar mencatat membuat kamu bingung bagaimana merealisasikannya. Supaya lebih mudah, kamu bisa kelompokkan. Misalnya untuk urusan pekerjaan, hobi, jalan-jalan, mencoba makanan, membeli sesuatu, berbagi dengan orang lain, hingga mencoba hal baru.

Cari inspirasi baru

Saat Merasa putus Asa, Lakukan Ini Sebagai Pemancing Motivasipexels.com/Lynnelle Richardson

Menemukan inspirasi bisa membuatmu tetap semangat dan fokus. Selain itu, diri sendiri akan berada dalam suasana yang positif. Ini bisa membantu kamu menghadapi tantangan-tantangan yang datangnya selalu nggak terduga. Menemukan inspirasi bisa dari mana saja, misalnya lagu, film, podcast, hingga suasana di tempat umum. Kamu juga bisa ikut berpartisipasi di acara yang disuka.

Buat misi kembali

Saat Merasa putus Asa, Lakukan Ini Sebagai Pemancing Motivasipexels.com/Porapak Apichodilok

Mengembangkan misi yang sudah berjalan adalah tantangan seru. Seperti menyusun satu per satu puzzle. Kamu akan tetap termotivasi hingga misi yang kamu jalankan selesai dan berhasil. Agar nggak berantakan, kamu boleh menuliskannya lho. Karena misi yang kamu buat ini seperti tantangan yang bisa memacu diri sendiri untuk lebih baik.

Selain itu, jangan ragu untuk kelilingi diri dengan orang-orang yang pemikirannya terbuka. Walaupun berbeda sudut pandang, mereka akan bertoleransi dengan pendapatmu. Serta memberikan masukan sesuai dengan pengetahuan dan sudut pandangnya.

Baca Juga: 5 Film Inspiratif yang Bikin Kamu Optimis Wujudkan Mimpi