Kamu adalah seorang wanita muda, berkarier, menikah, dan mempunyai seorang anak. Kalau dibayangkan waktu 24 jam sehari nggak akan cukup untuk menyelesaikan segala pekerjaanmu. Tapi, kamu telah memutuskan untuk tetap berkarier, menjadi ibu, dan mengurus rumah. Bukan hal yang mudah dan seringkali kamu kewalahan. Untuk itu, simak tips berikut ini agar kamu lebih nyaman menjalani hari.

Ini Tips Supaya Nggak Kewalahan Buat Ibu Muda Sekaligus Wanita Karier!

Biasanya kamu akan menundanya sebentar agar mempunyai waktu istirahat yang lebih panjang. Menjalani dua peran memang melelahkan. Tapi, keputusan menunda untuk bangun adalah pilihan yang salah. Kegiatan pagi harimu pun akan terburu-buru dan membuat lekas kelelahan. Kamu pun tahu banyak sekali kegiatan yang dilakukan pagi hari. Dan yang kamu perlu urus bukan hanya dirimu sendiri. Oleh karenanya, segara bangun, lakukan rutinitas, kemudian selesai. Selanjutnya, kamu bisa melakukan kegiatan profesionalmu di kantor. Bangun pagi dengan kondisi yang seperti ini adalah wajib.

Ini Tips Supaya Nggak Kewalahan Buat Ibu Muda Sekaligus Wanita Karier!

Bagi kamu yang hidup di kota besar dan mengharuskan berangkat kantor menggunakan kendaraan umum maupun taksi online, poin ini sangat bisa kamu lakukan. Kalau kamu terbiasa melakukan kegiatan ini berarti bisa dikatakan kamu memanfaatkan sedikit waktu luang dengan baik. Berbagai macam kegiatan bisa kamu lakukan mulai mendengarkan radio, membaca buku baru, hingga mencari berita melalui smartphone. Tapi, kalau kamu berkendara sendiri mengecek e-mail sekilas saja saat lampu merah bisa membantumu untuk membuat gambaran daftar kerja harian di kantor. 

Ini Tips Supaya Nggak Kewalahan Buat Ibu Muda Sekaligus Wanita Karier!

Sebelum melakukan kegiatan, tidak ada salahnya untuk membuat daftar prioritas kegiatan penting. Pisahkan antara tugas kantor dan yang di rumah. Kalau kamu mencampurnnya jadi satu, yang dikhawatirkan adalah terlalu bingung dan terasa berat menyelesaikannya. Minimalisir juga gangguan dan kegiatan yang kurang perlu saat jam produktif, termasuk percakapan grup yang kurang penting. Lebih baik kamu menyelesaikan pekerjaanmu agar nanti dapat beristirahat dengan maksimal. Atur juga mode panggilmu agar menerima telepon darurat dari keluarga terdekat, atasan, maupun klien saja selama jam kerja.

Ini Tips Supaya Nggak Kewalahan Buat Ibu Muda Sekaligus Wanita Karier!

Saat ini banyak sekali aplikasi cerdas yang bisa membantumu menyelesaikan pekerjaan hingga keperluan rumah tanggamu. Jangan ragu untuk memanfaatkannya karena dua peran yang sedang kamu jalani ini membutuhkannya. Kamu pun bisa mengeceknya secara berkala, mulai dari harian hingga bulanan. Terlihat rumit tapi kamu pasti membutuhkannya. Untuk referensi aplikasi, kamu bisa membacanya di sini. Yakinkan dirimu untuk mengunduh dan menggunakan beberapa aplikasi cerdas sekaligus agar meringankan rutinitasmu.

Ini Tips Supaya Nggak Kewalahan Buat Ibu Muda Sekaligus Wanita Karier!

Bisa istirahat dengan tenang selama beberapa menit saja adalah kesempatan emas dan langka kalau kamu berada dalam posisi yang seperti ini. Relaksasi tubuh dan pikiranmu sejenak dengan tidak memikirkan masalah pekerjaan dan kegiatan di rumah. Bukan bermaksud egois tapi kamu perlu ini untuk kesehatanmu. Usahakan untuk mengambil istirahat ringan setiap jamnya agar pikiranmu tetap segar. Konsumsi sayur, buah, dan air putih ketika istirahat makan adalah keharusan. Hindari untuk memforsir tenaga apabila kamu sudah terlalu lelah.

Apapun profesi dan perannya, tetap lakukan yang terbaik.

 

BACA JUGA : 5 Alasan Mengapa Calon Ibu Rumah Tangga Juga Perlu Pendidikan Tinggi