Mencari pekerjaan yang sesuai dengan minat dan keahlian sungguh sulit sekarang ini. Banyak sekali persaingan yang harus ditaklukkan. Para karyawan entry level seringkali mendapatkan pekerjaan yang kurang sesuai gelar sarjananya. Kemudian dihadapkan oleh dua pilihan, mengundurkan diri atau tetap bertahan. Jika pilihannya mengundurkan diri, apakah kamu yakin lekas mendapatkan pekerjaan impian kamu? Apabila bertahan pilihannya, apakah kamu mampu menyelesaikan pekerjaan yang menurutmu kurang menyenangkan. Di sisi lain, dalam era yang serba canggih ini ada ribuan (mungkin jutaan) lulusan baru yang siap menggantikan kamu. Ini fenomena sosial yang umum terjadi dan dialami oleh hampir semua pekerja entry level.

Akan tetapi atasan selalu menuntut kita untuk tetap survive. Dan mungkin mereka tidak terlalu peduli apakah ini pekerjaan yang sesuai dengan minat kamu atau tidak. Dengan situasi yang seperti ini, kamu harus bisa beradaptasi di bidang baru dengan baik. Kamu sendiri pasti tidak ingin mendapatkan surat teguran dari perusahaan gara-gara kinerjamu kurang maksimal kan? Atau dijauhi teman-teman kerjamu karena kamu sering mengeluh. Oleh karena itu, ada beberapa cara mengatasi kerja yang tidak sesuai dengan keinginan.

Lakukan Cara Ini Jika Pekerjaanmu Nggak Sesuai Minat dan Keahlian

Bos selalu memberikan tugas yang tidak sedikit dan kamu diharuskan untuk menyelesaikan tugas dengan baik dan tepat waktu, inilah salah satu sikap profesional yang harus kamu terapkan di kantor. Berjanjilah pada dirimu untuk selalu datang tepat waktu. Dan apapun latar belakang pendidikanmu ketika kamu sudah ada di dunia kerja, buatlah dirimu merasa layak mengemban jabatan tersebut.

Lakukan Cara Ini Jika Pekerjaanmu Nggak Sesuai Minat dan Keahlian

Ini adalah "bonus" yang kamu dapatkan meski pekerjaanmu tidak menyenangkan dan tidak sesuai minat. Secara tidak langsung, kamu menambah daftar keahlian di CV. Memang tidak ada yang mudah apabila kita memasuki dunia baru. Akan tetapi yakinlah bahwa pekerjaan ini nantinya akan dapat membawamu ke petualangan baru yang lebih baik.

Lakukan Cara Ini Jika Pekerjaanmu Nggak Sesuai Minat dan Keahlian

Berada di tempat baru berati juga membuka peluang untuk mendapatkan teman baru. Walaupun pekerjaanmu belum sesuai dengan keinginan, setidaknya kamu dapat membangun jaringan pertemanan di lingkungan baru. Mendapatkan teman baik di kantor secara tidak langsung membuat mood kamu jadi lebih baik. Tidak jarang mereka memberikan dukungan dan masukan yang positif. Jangan ragu untuk menerima bantuan dari mereka, ya!

Lakukan Cara Ini Jika Pekerjaanmu Nggak Sesuai Minat dan Keahlian

Mendapatkan pekerjaan yang tidak menyenangkan memang terasa menyiksa bagimu. Makanya, jangan bikin keadaan tersebut tambah buruk akibat kesalahanmu sendiri, misalnya membiarkan orang lain terlalu ikut campur dengan masalahmu. Atau terlalu mendengarkan keluh kesah teman kerjamu, perlu kamu tahu mungkin mereka juga punya masalah yang sama kok dengan kamu. Apapun masalah dan keluhanmu di kantor, si bos tidak mau menerima dan mendengar alasan yang mempengaruhi penampilan dan kinerjamu.

Lakukan Cara Ini Jika Pekerjaanmu Nggak Sesuai Minat dan Keahlian

Jangan ragu untuk meminta bantuan dan memberikan bantuan kepada rekan kerja. Mereka akan menghargai apapun yang kamu lakukan selama itu positif. Fleksibel bukan berarti kamu harus multitasking yang berlebihan. Tetapkan beberapa prioritas yang menjadi tujuanmu.

Lakukan Cara Ini Jika Pekerjaanmu Nggak Sesuai Minat dan Keahlian

Walaupun bukan pekerjaan yang kamu inginkan. Jika kamu yakin kamu bisa mengerjakan semua pekerjaanmu akan terselesaikan dengan baik. Tetap menjaga tingkah laku dan kesopanan selama di kantor akan membuatmu sedikit lebih dihargai daripada setiap hari kamu hanya berkeluh kesah. Mempunyai pikiran yang positif juga merupakan sugesti diri yang perlu kamu lakukan.

Lakukan Cara Ini Jika Pekerjaanmu Nggak Sesuai Minat dan Keahlian

Ini perlu supaya kamu bisa merefresh pikiran kamu yang jenuh dengan pekerjaan di kantor. Tidak perlu menyusun perjalanan yang jauh. Jalan-jalan di taman kota atau mall juga dapat membantu menenangkan pikiran kamu dari riuhnya pekerjaan di kantor.

Jika kamu ingin punya me time dalam waktu yang sempit maka take your time semaksimal mungkin.

 

BACA JUGA: Kariermu Mengalami Kemerosotan? Ini Tandanya