Waktu libur panjang memang paling tepat digunakan untuk bersantai dan berkumpul dengan keluarga. Nggak heran ketika musim libur tiba, kamu justru sibuk mempersiapkan ini dan itu. Semua dilakukan dengan senang karena ini momen yang tepat untuk saling berbagi cerita. Sejenak menyingkirkan tugas kerja dan menggantinya dengan kegiatan yang menyenangkan.

Disisi lain, kamu dituntut untuk punya relasi dan pertemanan yang semakin luas. Seperti yang kamu tahu kalau awal dari hubungan profesional adalah berbagi hal yang menyenangkan. Baik dengan saudara atau orang baru, kamu bisa melakukannya meskipun sedang libur panjang.

Begini Caranya Membangun Relasi Saat Liburan

Bersikap pasif saat berkumpul dengan teman atau keluarga saat liburan bukan ide yang bagus. Walaupun tujuannya untuk bersantai, tapi ini bisa kamu manfaatkan. Ambil saja kegiatan kecil seperti mengobrol sambil menyiapkan cemilan. Lebih bagus lagi ketika ada permainan kamu berpartisipasi. Hindari untuk menolak, jika kamu diminta untuk menyusun dan menjadi pemandu acara. Dari kegiatan kecil, mereka akan tertarik kepada sikap ramahmu.

Begini Caranya Membangun Relasi Saat Liburan

Dalam perkumpulan dengan orang terdekat memang ada saja hal-hal yang membuat kamu tersinggung. Suasana hati dan raut wajah langsung berubah. Tapi sebagai orang yang punya kontrol emosi, kamu nggak boleh menunjukkan. Karena, beberapa orang mulai enggan mengajakmu berbicara. Kalau mereka menjaga jarak dengan kamu, lebih sulit untuk membangun relasi. Oleh sebab itu, bersikap ramah dan menyenangkan adalah kunci utama dalam membangun relasi.

Begini Caranya Membangun Relasi Saat Liburan

Dalam membangun relasi tentu saja kamu memilih beberapa orang yang dianggap tepat. Karena, setiap tujuan punya dua sisi yang saling melengkapi. Begitu juga dalam memberikan referensi relasi. Secara nggak langsung kamu pun tahu apa yang teman atau relasi lain butuhkan. Jika kamu punya teman atau kenalan, bisa kamu tawarkan. Tentu saja dengan pertimbangan matang. Walaupun kamu sebagai pihak ketiga, ada baiknya untuk nggak ikut campur untuk selanjutnya.

Begini Caranya Membangun Relasi Saat Liburan

Kalau kamu pergi liburan dengan orang-orang yang baru, justru lebih mudah untuk menjalin relasi. Eratkan keakraban dengan bercanda dan berusaha untuk nggak menyinggung perasaan orang lain. Kamu bisa memperluas pertemanan dengan orang yang berbeda profesi dan lingkungan sosial. Jangan ragu untuk berteman dengan mereka di media sosial. Hal yang menyenangkan seperti ini bisa menjadi hubungan kerja suatu saat nanti.

Begini Caranya Membangun Relasi Saat Liburan

Menghabiskan waktu libur dengan bersantai memang menjadi keinginan setiap orang dan kamu butuh waktu untuk sendiri. Sering kali merasa malas jika ada undangan atau janjian saat sedang bersantai. Nggak ada salahnya kok punya waktu berkumpul di kala liburan, apalagi kalau bertemu dengan teman lama. Ini menjadi salah satu kesempatan untuk mempererat pertemanan, siapa tahu akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat.

Menjalin relasi memang nggak bisa ditebak kapan, di mana, dan siapa. Oleh sebab itu, selalu siapkan diri dan melihat peluang.

Baca Juga: Menghadapi Relasi Bisnis yang Kejam? Ini Lho yang Biasanya Kamu Rasakan