Berdasarkan penelitian dari Wharton Pension Research Council, seseorang perlu menyisihkan 40% dari penghasilannya untuk mempersiapkan masa depan. Sayangnya, rata-rata generasi muda saat ini justru hanya menyisihkan 10%. Tingkat kesadaran berinvestasi yang sangat rendah ini berpotensi membawa generasi muda pada ketidakamanan finansial. Oleh karena itu, kamu sebaiknya mulai menyisihkan 40% penghasilan untuk dana darurat, tabungan dana cair, hingga investasi. Bagi yang tertarik berinvestasi, kamu sebaiknya menggunakan aplikasi yang dapat membantu pemula sepertimu. Berikut adalah 7 aplikasi investasi terbaik untuk pemula kamu yang ingin berinvestasi untuk masa tua.

1. Investasi secara otomatis dengan Bibit

Demi Masa Depan, Ini 7 Aplikasi Investasi yang Cocok untuk PemulaBibit.id

Aplikasi investasi ini memberikan pilihan investasi yang lengkap, mulai dari reksadana, pasar saham, hingga obligasi. Kamu juga bisa melakukan investasi Syariah melalui aplikasi Bibit, lho. Selain pilihan lengkap, Bibit juga memberikan kemudahan berinvestasi karena bisa membayarnya dengan gopay dan LinkAja.

2. Tanamduit, investasinya anak muda

Demi Masa Depan, Ini 7 Aplikasi Investasi yang Cocok untuk Pemulaid.tanamduit.com

Ada empat jenis investari yang bisa kamu pilih di aplikasi Tanamduit, yaitu reksadana, SBN, asuransi dan emas. Tanamduit juga memberikan pilihan kartu emas yang bisa kamu berikan untuk orang tersayang, seperti pasangan atau keluarga. Jika ingin menjual emas, kamu juga bisa melakukannya di aplikasi ini, Bela. Desainnya yang penuh warna membuat aplikasi ini memang menyasar anak muda untuk melakukan investasi.

3. Investasi kapan saja dan di mana saja lewat aplikasi Stash

Demi Masa Depan, Ini 7 Aplikasi Investasi yang Cocok untuk Pemula

Stash adalah sebuah aplikasi investasi yang memang diperuntukan bagi pemula. Desain yang sederhana akan membuat kamu dengan mudah memahami cara penggunaannya. ETF (Exchange Traded Fund, dana investasi yang diperjualbelikan di pasar modal) diatur dalam berbagai kategori sehingga mudah untuk menemukan perusahaan yang nilai valuasinya sesuai dengan minat kamu.

4. Mulai investasi properti bersama LandX

Demi Masa Depan, Ini 7 Aplikasi Investasi yang Cocok untuk PemulaLandx.id

Jika aplikasi investasi lain memberikan pilihan investasi reksadana, emas, hingga saham, maka aplikasi LandX memungkinkan kamu melakukan investasi properti. Hanya dengan modal investasi sebesar Rp 3 juta, kamu sudah bisa melakukan investasi properti.

5. Bareksa, tempat memulai investasi yang pas di saku

Demi Masa Depan, Ini 7 Aplikasi Investasi yang Cocok untuk PemulaBareksa.com

Ada berbagai bentuk aplikasi investasi yang bisa kamu terapkan di sini, mulai dari reksadana, surat berharga negara, emas, hingga umrah. Seluruh informasi produk akan dijabarkan di dalam aplikasi, termasuk pergerakan harga serta profit yang mungkin dihasilkan, hingga risikonya.

6. Ajaib memudahkanmu investasi mulai dari Rp10 ribu

Demi Masa Depan, Ini 7 Aplikasi Investasi yang Cocok untuk PemulaAjaib.co.id

Melalui aplikasi Ajaib, kamu bisa melakukan investasi berupa reksadana atau pasar saham mulai dari Rp 10 ribu. Penggunaan aplikasi ini mudah, karena tersedia informasi mengenai produk serta panduan rekomendasi untukmu yang baru memulai investasi. Aplikasi ini juga menyediakan fitur notifikasi mengenai waktu jual-beli saham terbaik untukmu sehingga kamu bisa memaksimalkan profit atau menekan kerugian.

7. KoinWorks, aplikasi P2P yang pas untukmu

Demi Masa Depan, Ini 7 Aplikasi Investasi yang Cocok untuk PemulaKoinworks.com

Aplikasi investasi ini bergerak dengan sistem peer to peer, yang artinya danamu akan digunakan untuk membantu orang lain yang membutuhkan pinjaman. Batas minimal investasi beragam sesuai dengan produk yang kamu pilih. Misalnya saja emas yang memungkinkanmu berinvestasi mulai dari Rp1.000 saja.

Bagaimana? Sudah mulai mau menata masa depanmu dengan bantuan pilihan aplikasi investasi terbaik untuk pemula di atas?

Baca Juga: Yuk Ketahui Lebih Lengkap Seputar Arti Investasi dan Jenisnya

Baca Juga: Tren Menabung Saham, Pelajari Dulu 3 Tips Identifikasi Saham yang Aman

Baca Juga: Pemasukan Tak Stabil, Ikuti 5 Tips Cerdas Menabung Buat Freelancer