Di dunia kerja, nggak selamanya kamu akan menemukan rekan kerja yang menyenangkan. Terkadang, kamu juga menemukan rekan kerja yang cari muka di depan atasan ataupun rekan kerja yang lain. Nah, beberapa orang seperti ini sebenarnya ingin mendapatkan pengakuan dan ingin dipuji. Tapi, bagaimana cara kita menghadapinya?

Hal yang paling merugikan dari rekan kerja si cari muka ini, apabila dia mengakuisisi pekerjaan orang lain, menyebarkan hal yang nggak benar, hingga menjilat satu sama lain. Daripada kamu kepancing emosi, ini cara menghadapi rekan kerja yang suka cari muka.

1. Jaga jarak

Jangan Emosi, Ini Cara Hadapi Rekan Kerja yang Cari Mukafreepik.com/ javi_indy

Walaupun kamu nggak membencinya, terkadang menjaga jarak juga salah satu cara yang paling aman. Kamu boleh friendly kepada semua orang, tetapi memilih rekan kerja yang dekat denganmu juga sebuah pilihan.

Daripada kamu ikut terpengaruh dengan pikirannya yang menjilat, lebih baik kamu nggak terlalu berurusan dengannya.

2. Selalu update dengan atasan

Jangan Emosi, Ini Cara Hadapi Rekan Kerja yang Cari Mukafreepik.com/ senivpetro

Rekan kerja yang cari muka sering juga mengaku-ngaku pekerjaan orang lain sebagai pekerjaannya. Hal ini karena dia ingin mendapat pujian hingga promosi dari atasan. Jika kamu satu tim dengan tipe rekan kerja seperti ini, sebaiknya kamu selalu update perkembangan pekerjaanmu kepadanya.

Update segala progresnya, jika perlu tulislah secara detail dan lengkap.

3. Bersikap elegan

Jangan Emosi, Ini Cara Hadapi Rekan Kerja yang Cari Mukafreepik.com/ diana.grytsku

Rekan kerja yang cari muka sering kali menyebalkan dan membuatmu emosi. Akan tetapi hal ini justru nggak membuat keadaan lebih baik. Hadapi orang seperti ini dengan elegan, kamu bisa nggak menggubrisnya dan tetap bersikap santai padanya.

Jika kamu bersikap seperti ini, dia akan capek sendiri.

4. Tetap profesional

Jangan Emosi, Ini Cara Hadapi Rekan Kerja yang Cari Mukafreepik.com/ senivpetro

Tempat kerja merupakan lokasi profesional. Jangan sampai hal-hal sepele seperti adanya rekan kerja yang cari muka, akan memecah fokusmu. Tetap ingat tujuan awalmu bekerja dan hindari hal-hal yang akan memancing permasalah baru.

Nggak mau, kan, kerja di lingkungan yang penuh drama?

5. Jangan pernah curhat ke dia

Jangan Emosi, Ini Cara Hadapi Rekan Kerja yang Cari Mukafreepik.com/ lookstudio

Terkadang waktu longgar atau saat istirahat apat memberimu ruang untuk saling bertukar cerita ke rekan kerjamu. Tetapi, perhatikan dulu dengan siapa kamu curhat, ya, Bela. Jangan-jangan orang yang kamu curhati adalah orang yang suka cari muka. Dia akan menyebarkan rahasiamu ke orang lain dan menjatuhkanmu.

Apalagi jika kamu membicarakan orang lain, hal ini akan menambah masalah baru di tempat kerja.

6. Percaya diri

Jangan Emosi, Ini Cara Hadapi Rekan Kerja yang Cari Mukafreepik.com/ senivpetro

Mungkin rekan kerja yang cari muka ini sedang dipuji atasan, jangan mudah iri, ya, Bela. Kamu harus tetap percaya diri dengan kemampuanmu. Tetaplah melakukan yang terbaik dan selalu totalitas dalam setiap pekerjaan ataupun project yang kamu pegang.

Dengan demikian, kamu dapat membuktikan kamu punya potensi besar dan nggak sekadar pencitraan. Jadi, tidak perlu ikut cari muka juga, kan?

Baca Juga: Ini 5 Karakter Rekan Kerja Toxic dan Cara Menghadapinya

Baca Juga: Gemas! Foto Binatang Sebagai 'Rekan Kerja' Ini Bikin WFH Nggak Konsen

Baca Juga: Hati-Hati! Menurut Zodiak, Hal Ini Membuatmu Dijauhi Rekan Kantor