Surat kuasa merupakan surat yang berisikan pemberian kewenangan dari seseorang kepada orang yang dipercaya, untuk melakukan sesuatu sesuai yang tertulis dalam surat tersebut. Penjelasan lebih lengkap terkait surat kuasa dapat kamu lihat pada artikel berikut dengan mengklik link ini.

Ada beragam surat kuasa dan fungsinya. Salah satunya adalah surat kuasa tanah. Surat kuasa jenis ini digunakan untuk kepentingan melakukan jual beli atau pengurusan warisan. Dalam artikel ini akan diberikan beberapa contoh surat kuasa tanah yang dapat kamu jadikan referensi jika harus mengurus birokrasi terkait jual beli dan kepemilikan tanah di kemudian hari.

Apa saja contoh surat kuasa tanah yang perlu kamu tahu? Simak artikel di bawah ini, Bela.

1. Surat kuasa tanah orangtua

Bingung Bagaimana Membuatnya? Berikut 5 Contoh Surat Kuasa TanahSeruni.id

Surat kuasa tanah orangtua biasanya dibuat apabila orangtua sudah tidak sanggup lagi untuk mengurus tanah miliknya. Lewat surat kuasa tanah, orangtua dapat memberikan kuasa kepada sang anak untuk mengurusnya atau menjual tanah tersebut.

2. Surat kuasa tanah warisan

Bingung Bagaimana Membuatnya? Berikut 5 Contoh Surat Kuasa TanahDok. Internet

Tanah atau bangunan yang diberikan oleh orangtua sebagai warisan, biasanya masih menggunakan nama orangtua sebagai pemiliknya. Agar kita dapat menjual atau menyewakannya secara legal, akan lebih baik jika memiliki surat kuasa dari orangtua atau yang memberikan kuasa tersebut.

3. Surat kuasa pembelian tanah

Bingung Bagaimana Membuatnya? Berikut 5 Contoh Surat Kuasa TanahDok. Internet

Surat kuasa pembelian tanah merupakan surat yang diberikan dari seseorang kepada orang yang dipercaya untuk melakukan pembelian tanah. Terkait perjanjian dan hal lainnya, telah diserahkan kepada orang yang diberi surat kuasa tersebut.

4. Surat kuasa pengambilan sertifikat tanah

Bingung Bagaimana Membuatnya? Berikut 5 Contoh Surat Kuasa TanahDok. Internet

Biasanya untuk mengambil sertifikat tanah, harus dilakukan oleh orang yang bersangkutan. Namun, apabila yang bersangkutan berhalangan hadir untuk mengambil sendiri sertifikat tanah tersebut, ia dapat diwakilkan dengan memberikan surat kuasa kepada orang yang dipercaya.

5. Surat kuasa tanah untuk peminjaman uang di bank

Bingung Bagaimana Membuatnya? Berikut 5 Contoh Surat Kuasa TanahDok. Internet

Untuk melakukan peminjaman sejumlah uang di bank, dibutuhkan jaminan. Supaya, jika suatu hari terjadi gagal bayar, pihak bank memiliki inventaris lainnya yang dapat diuangkan sehingga meminimalkan kerugian.

Salah satu yang sering dijadikan jaminan adalah tanah. Untuk melakukan peminjaman uang, surat kuasa tanah diperlukan agar proses peminjaman uang berjalan lancar.

Demikian contoh surat kuasa tanah yang dapat kamu jadikan referensi. Semoga membantu, ya!

Baca Juga: Patut Disimak, Ini Contoh Surat Lamaran untuk Jadi CPNS

Baca Juga: Ini Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB Beserta Cara Pembuatannya

Baca Juga: Bingung Bagaimana Membuatnya? Berikut 5 Contoh Surat Kuasa Tanah