Semua orang tentu saja perlu uang untuk mengimbangi kebutuhannya yang terus menerus bertambah, maka dari itu sejak kecil kita selalu diajarkan untuk belajar yang rajin semasa sekolah lalu mendapatkan pekerjaan dengan upah yang tinggi. Hal ini yang seringkali di mata orang disebut sukses. 

Namun di balik kata sukses menurut orang banyak, ada pergolakan dalam diri kita sendiri mengenai apa yang harusnya kita kerjakan dengan atau tanpa uang. Beberapa orang merelakan pekerjaannya yang menghasilkan banyak uang demi menjalankan passion-nya, namun tak sedikit orang juga yang akhirnya harus realistis membuang passionnya demi memenuhi standar kesuksesan. Tinggal kamu sendiri nih yang menentukan kamu mau menjadi si idelis atau menjadi si realistis?

Berikut adalah quotes tentang perjuangan karier yang harusnya kamu maknai berbeda mulai dari sekarang.

1. Kamu sukses karena kamu sempurna

 
Eits, tidak ada manusia di dunia ini yang dilahirkan sempurna, semua orang memiliki kelebihan dan kekurangan sehingga definisi sukses karena sempurna sangat keliru dalam hal ini. Kamu mungkin saja bisa mengerjakan tugas kantor dengan baik, namun kamu tidak bisa berkomunikasi baik dengan teman kantor. Bisa jadi, karier kamu sempurna, tapi kehidupan percintaan kamu tidak berjalan mulus. 
 
Maka dari itu terimalah kekuranganmu dan berusahalah untuk memperbaikinya. Ingat saja, kamu tidak akan bisa sukses kalau kamu tidak bisa menyelesaikan masalah-masalah yang kecil. Mulailah disiplin pada diri kamu sendiri, ya.

2. Pilihlah pekerjaan dengan upah yang lebih tinggi

 
Banyak banget orang yang masih berpikir untuk mengejar materi duniawi di masa muda agar mereka bisa bersenang-senang sewaktu weekend dan menikmati masa pensiun dengan bahagia. Wah, hal ini keliru banget, lho.. Memangnya kamu mau mengerjakan hal yang tidak kamu sukai selama dua puluh hingga tiga puluh tahun ke depan?
 
Orang yang berpikir demikian biasanya tidak menemukan kepuasan dalam pekerjaannya. Mulai sekarang cobalah berpikir, kalau sudah pensiun nanti mau dikenal sebagai apa? Atau apa yang sudah kamu lakukan untuk orang-orang disekitar kamu? Jangan cuma mau mengejar materi saja, itu nggak abadi lho

3. Bekerja keras dan bersabarlah, semua akan indah pada waktunya

 
Quote ini mungkin terdengar sangat visioner, namun ada pemahaman yang keliru terdapat di dalamnya. Ketika mendengar quote ini, mungkin kamu akan memilih untuk berpasrah diri karena semua sudah ada jalannya, padahal jalan itu kamu yang buat lho.
 
Perjalanan karier tidak hanya tentang mengerjakan tugas dan menyelesaikannya, namun juga investasi belajar jangka panjang di mana networking juga adalah bagian di dalamnya. Banyak lho orang yang bekerja keras dalam pekerjaannya, tapi tetap tidak bahagia karena tidak memiliki kemajuan dalam karirnya. 

4. Berhentilah dari pekerjaanmu, dan ikuti passion-mu

 
Mungkin jika melihat role model kamu bisa sukses dengan mengikuti passion-nya, kamu mulai berpikir untuk mengikuti quote di atas yang nyatanya bisa ditafsirkan keliru. Pasalnya, tidak semua passion bisa menghasilkan uang dan tagihan kamu tidak bisa dibayar dengan kertas. 
 
Untuk mengecek apakah passion kamu bisa menghidupi diri kamu, cobalah untuk pelan-pelan mengembangkan passion kamu ke jenjang yang lebih profesional.

5. Bertahanlah di pekerjaan yang kamu benci

 
Memang semua orang butuh uang tapi jika uang hanyalah motivasi kamu untuk bekerja, maka kepuasan dalam bekerja hanyalah fiktif. Kebanyakan pegawai saat ini melihat pekerjaannya sebagai titik akhir dari perjuangannya, dibandingkan tempat dirinya bisa meluangkan karya kreatif dan talentanya yang bisa ia gali lebih dalam. 
 
Bertahan di pekerjaan yang tidak kamu sukai hanya akan membuat lelah pikiran dan badan kamu, Belajarlah menemukan pekerjaan apa yang kamu sukai dan ingin kamu lakukan bahkan hingga kamu pensiun nanti. 

6. Bangunlah image di tempat kerja

 
Mungkin kamu ingin membangun image di tempat kerja kamu dengan penampilan yang menarik dan komunikasi yang baik dengan kolega dan klien. Hal ini sebenarnya sah-sah saja, asalkan kamu tidak cap sebagai karyawan yang datang kalau lagi ada maunya.
 
Membatasi diri kamu dengan tingkah laku yang sebenarnya bukan diri kamu yang sebenarnya di tempat kerja hanya akan membuat kamu lelah sendiri. Jadi, cobalah untuk menjadi diri kamu sendiri, di luar atau pun di dalam kantor.

 

BACA JUGA: Hidup Jauh Lebih Mudah Kalau Menyerah dengan 3 Hal Ini