Bagi pencinta R&B generasi 90-an, nama Aaliyah bukanlah nama asing di ranah R&B. Bernama lengkap Aaliyah Dana Haughton, ia adalah seorang penyanyi dan aktris asal Amerika Serikat, kelahiran 16 Januari 1979. Di usia muda, ia mampu meraih penghargaan Grammy Award versi penyanyi, penari, model, hingga aktris, sampai kematiannya pada tahun 2001 akibat kecelakaan pesawat.

Pada 20 Agustus kemarin, album One In A Milllion dari mendiang Aaliyah telah rilis di berbagai layanan streaming musik di seluruh dunia. Album ini menjadi album pertama dalam katalog musik penyanyi ikonik tersebut, yang dirilis ulang untuk pertama kalinya melalui kerja sama antara Blackground Records 2.0 dan EMPIRE.

Surprise! Album 'One in A Million' dari Aaliyah kembali Rilis Marc Baptise

Perilisan ini juga  menandakan kerjasama antara Blackground Records 2.0 dan EMPIRE yang baru terjalin di awal Agustus 2021. Tak hanya Aaliyah, katalog musik yang akan segera dirilis meliputi karya musik dari Timbaland & Magoo, Tank, Toni Braxton, JoJo, Ashley Parker Angel.

Blackground pun turut mengumumkan platform hiburan baru bernama Music360 yang akan diluncurkan pada akhir musim panas tahun ini.

Surprise! Album 'One in A Million' dari Aaliyah kembali Rilis Blackground Records

Blackground memiliki komitmen untuk memperkenalkan Aaliyah kepada pendengar baru, sekaligus kembali melibatkan para penggemar lama yang selama ini setia memberikan informasi kepada penggemar baru tentang dampak Aaliyah terhadap ranah kultur, fesyen, seni visual, hingga musik.

Seluruh katalog akan dirilis secara berurutan, agar para penggemar musik dapat menikmati materi-materi tersebut seperti saat pertama kali dirilis. Terdiri dari 17 album yang akan masuk ke katalog tersebut, termasuk album One in a Million, ΛΛLIYΛH milik Aaliyah yang telah disertifikasi platinum dua kali, serta album kompilasi I Care 4 U dan Ultimate Aaliyah.

Blackground Records sendiri didirikan oleh Barry dan Jomo Hankerson pada tahun 1993. Di ranah musik dan kultur pop pada dekade 1990an dan awal 2000an, Blackground Records telah menjual jutaan album, merilis sepuluh album yang masuk ke 10 besar chart album Billboard 200, hingga memenangkan berbagai penghargaan.

Para musisi yang potensinya berkembang di sini antara lain mendiang Aaliyah, Timbaland, Tank hingga Jojo.

Wah, siapa nih, yang mau mengoleksi rilisan Aaliyah terbaru ini, bela?

Baca Juga: Album 'SKINS' Mengembalikan Rinni Wulandari ke Akar Gairahnya Bermusik

Baca Juga: Popbela's Playlist: Hype Up the Day