Mengirim surat lamaran kerja dalam bahasa Indonesia bukan hal yang bisa mengurangi nilai dari menariknya surat lamaranmu. Apalagi jika bahasa Indonesia yang kamu tuliskan menggunakan bahasa yang sopan, benar dan formal, maka hal tersebut justru jadi nilai tambah. Namun, mengirim surat lamaran kerja menggunakan bahasa Inggris yang ditujukan pada perusahaan tertentu, akan lebih menarik dan menunjukkan bahwa kamu adalah calon karyawan yang bilingual, alias menguasai dua bahasa dengan baik.

Sebagai pendamping CV (Curriculum Vitae), berikut contoh surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris yang bisa kamu pelajari dan tiru, untuk mengejar keinginanmu mendapat pekerjaan impian.

Surat lamaran kerja untuk fresh graduate

Contoh Surat Lamaran Kerja dalam Bahasa Inggris yang Baik dan Benartitikdua.net

Hal yang perlu kamu ketahui dari isi surat lamaran kerja, ada dua pendekatan. Bisa langsung ke tujuan melamar, atau sedikit berbasa-basi dengan menanyakan kabar. Contohnya, dengan pembukaan seperti ini: 

  • "Dear Sir/ Madam, How are you, I hope you are doing well today. Please let me introduce myself. My name is..."
  • "Dear Sir/ Madam, Please let me introduce myself. My name is (xxx) and I have noticed that currently your company is looking for a (job position)"   

Tidak ada salahnya juga jika kamu mau langsung ke tujuan melamar seperti contoh surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris di atas. Namun, jika kamu baru saja lulus kuliah, ada baiknya sertakan juga kegiatan ekstrakurikuler yang pernah kamu selesaikan dan berkaitan dengan posisi kamu dalam suatu organisasi, atau kegiatan kamu dalam pendidikan bahasa maupun seni.

Surat lamaran kerja sederhana untuk yang sudah berpengalaman kerja

Contoh Surat Lamaran Kerja dalam Bahasa Inggris yang Baik dan Benarsuratkerja.com

Bagi kamu yang sudah pernah memiliki setidaknya setahun hingga dua tahun pengalaman kerja dan ingin melamar ke tempat lain, di atas adalah contoh surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris yang sederhana, namun sudah mencakup aspek yang diperlukan, seperti tatanan bahasa baku yang benar dan sopan, to the point dan memberikan keleluasaan waktu bagi perusahaan untuk menghubungi serta kemungkinan memanggilmu wawancara kerja.

Surat lamaran kerja formal dan lengkap

Contoh Surat Lamaran Kerja dalam Bahasa Inggris yang Baik dan BenarDok. Internet

Nah, contoh surat lamaran yang satu ini, adalah versi lengkap untuk menunjukkan kamu adalah sosok yang serius dalam mengejar posisi tersebut dan memiliki kualifikasi yang perusahaan cari. Hal itu terlihat dari keterangan bahwa kamu turut memberikan tautan dokumen pendidikan, dokumen rekomendasi dari perusahaan lama, hingga mungkin tambahan penghargaan yang pernah kamu peroleh dari bidang terkait.

Yuk, mulai membuat surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris dan kirim secepatnya, Bela. Mudah-mudahan kamu berhasil mendapatkan pekerjaan, ya!

Baca Juga: Bikin Dilirik HRD, Ini Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Baca Juga: Apa Itu Surat Lamaran Kerja? Ini Bedanya dengan CV

Baca Juga: Sebelum Terlambat, Hindari 8 Kesalahan Besar Saat Membuat Surat Lamaran Kerja