Semester perkuliahan baru akan segera dimulai. Banyak hal harus kita persiapkan agar kuliah di semester baru ini bisa lebih optimal, baik dari sisi nilai atau pengembangan diri. Salah satu yang harus dipersiapkan adalah biaya untuk menghadapi satu semester ke depan. 

Apabila kamu sedang mencari beasiswa untuk semester baru ini, Sea, perusahaan internet terbesar di Asia Tenggara yang menaungi Garena, Shopee dan SeaMoney, akan memberikan beasiswa dan kesempatan magang untuk mahasiswa. Beasiswa yang sudah diselenggarakan sejak tahun 2018 ini, diberi nama Sea Scholarship.

Apa saja syaratnya dan bagaimana cara mendaftarnya? Simak selengkapnya berikut ini.

Sea Scholarship 2022 bekerja sama dengan 6 universitas di Indonesia

Shopee Beri Beasiswa dan Kesempatan Magang, Simak Caranya di Sini!Dok. Sea Scholarship

Tahun ini, Sea Scholarship 2022 bekerja sama dengan enam perguruan tinggi di Indonesia. Yakni, Universitas Indonesia, BINUS University, Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada dan Institut Teknologi Del.

Kerja sama ini diharapkan tak hanya mendorong pengembangan diri mahasiswa, tetapi juga mempersiapkan masa depan mereka melalui pengalaman kerja dan kesempatan berkarier di perusahaan teknologi kelas dunia yang berada di bawah naungan Sea.

Sea Scholarship 2022 dirancang sesuai dengan aspirasi anak muda Asia Tenggara yang membutuhkan peningkatan kemampuan dan karakter pasca pandemi. Mengingat talenta era digital tidak hanya fokus pada hardskill, tetapi juga softskill untuk beradaptasi pada dunia kerja masa depan.

Riset Sea dan World Economic Forum tahun 2021 berjudul ASEAN Digital Generation Report 2021 menunjukkan bahwa 47% masyarakat Indonesia menganggap kreativitas dan inovasi menjadi skill paling penting di dunia pasca pandemi, diikuti skill penggunaan teknologi (40%), disiplin diri (31%) dan ketahanan dan kemampuan adaptasi (30%).

Syarat pendaftaran beasiswa Sea Scholarship 2022

Shopee Beri Beasiswa dan Kesempatan Magang, Simak Caranya di Sini!Instagram.com/Seascholarshipid

Untuk mendapatkan beasiswa ini, apa saja syarat yang harus dipenuhi? Berikut daftarnya.

  • Merupakan warga negara Indonesia
  • Memiliki prestasi dan track records yang baik selama menjalani kuliah
  • Terdaftar sebagai mahasiswa aktif di enam perguruan tinggi yang bekerja sama dengan Sea
  • Memiliki IPK minimal 3.50
  • Semua jurusan diperbolehkan mendaftar kecuali jurusan kedokteran dan keperawatan
  • Sedang tidak menerima beasiswa dari instansi lainnya

Jika kamu memenuhi syarat di atas, langsung saja mendaftar, Bela. Jadwal pendaftarannya bisa kamu lihat di poin selanjutnya.

Jadwal dan tahapan Sea Scholarship 2022

Shopee Beri Beasiswa dan Kesempatan Magang, Simak Caranya di Sini!Instagram.com/Seascholarshipid

Tahapan seleksi penerima Sea Scholarship 2022 ada enam tahap, nih, Bela. Catat waktunya dan jangan sampai terlewat, ya. Supaya kamu bisa mempersiapkan diri dan kesempatanmu mendapatkan beasiswa semakin besar.

Sea Scholarship 2022 dibuka dari tanggal 14 Februari-14 Maret 2022. Proses pemilihan beasiswa akan dilaksanakan dalam enam tahap, yaitu sebagai berikut.

  • Registrasi (14 Februari-14 Maret 2022)
  • Seleksi administrasi (15-18 Maret 2022)
  • Ujian secara daring (24-26 Maret 2022)
  • Tahap penilaian (28 Maret-01 April 2022)
  • Wawancara secara daring (06-14 April 2022)
  • Pengumuman (25 April 2022)

Keterangan lebih lengkap mengenai proses pemilihan, persyaratan dan benefit yang ditawarkan dapat dilihat di https://idscholarships.sea.com dan official Instagram @SeaScholarshipID.

Apa saja yang kamu dapatkan jika menjadi penerima beasiswa Sea Scholarship 2022?

Beasiswa Sea Scholarship 2022 ditawarkan bagi mahasiswa Indonesia di tahun pertama, kedua, dan ketiga yang berkomitmen untuk konsisten menjaga prestasi akademiknya semasa perkuliahan.

Penerima beasiswa akan dibekali dengan tunjangan bulanan sepanjang perkuliahan, serta rangkaian program capacity building berupa pelatihan, seminar, dan diskusi bersama tokoh-tokoh inspiratif maupun sesi khusus bersama manajemen Sea.

Penerima beasiswa Sea Scholarship juga berkesempatan untuk magang maupun bekerja di salah satu perusahaan naungan Sea, yaitu penerbit dan pengembang games Garena, e-commerce Shopee, dan jasa keuangan digital SeaMoney.

Siap mendapatkan beasiswa sekaligus bekerja di perusahaan di bawah naungan Sea?

Baca Juga: 12 Contoh Surat Rekomendasi Kerja, Beasiswa dan Organisasi yang Benar

Baca Juga: Ini Tips dari Marissa Anita untuk Kamu yang Ingin Mengejar Beasiswa

Baca Juga: Jangan Takut untuk Apply Beasiswa ke Luar Negeri! Lihat Daftar Penyedianya Dulu Saja, Yuk