Siapa yang mau lebih cuan di tahun 2021 ini? Sebenarnya, langkah awal untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan adalah dengan rutin membuat catatan atau laporan keuangan. Lewat laporan keuangan yang rutin kita buat setiap hari, akan memudahkan kita untuk melihat pengeluaran apa saja yang banyak menghabiskan biaya, sehingga bisa menentukan pengeluaran mana yang bisa ditekan. Tujuannya, kita bisa menabung lebih banyak pundi-pundi rupiah.

Untuk keuangan pribadi, laporan keuangan cukup dengan mencatat berapa jumlah pemasukan dan pengeluaran setiap bulannya. Ditulis secara manual di buku atau catatan di ponsel masih sangat memungkinkan. Namun, bagi perusahaan, laporan keuangan bisa lebih kompleks karena besaran uang keluar-masuk benar-benar harus tercatat secara detail untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

Mau membuat laporan keuangan, tapi bingung bagaimana cara memulainya? Simak contoh laporan keuangan dan cara membuatnya berikut ini.

Minimalkan Kerugian, Ini Cara Mudah Membuat Laporan KeuanganCanva.com, Edited by Niken Ari

Laporan keuangan dapat kamu mulai dengan membuat catatan pengeluaran. Jika kamu mulai membangun bisnismu, jangan lupa untuk selalu mencatat setiap transaksi pengeluaran yang terjadi. Sekecil apapun pengeluaran tersebut, harus tetap kamu catat secara terperinci di laporan keuangan. Catatan pengeluaran ini sangat penting untuk mengetahui berapa modal yang telah kamu keluarkan untuk merintis bisnismu.

Catatan pengeluaran ini dapat kamu buat secara manual di buku besar atau menggunakan aplikasi Ms. Excel. Saat ini, sudah banyak juga aplikasi gratis yang dapat kamu manfaatkan sebagai catatan pengeluaranmu, seperti BukuKas atau Teman Bisnis.

Minimalkan Kerugian, Ini Cara Mudah Membuat Laporan KeuanganCanva.com, Edited by Niken Ari

Selain pengeluaran, kamu juga wajib mencatat laporan pemasukan. Bukan hanya nominalnya, catat juga sumber pemasukan secara detail. Misalnya, pemasukan hasil penjualan, pinjaman berbentuk utang, atau tambahan modal pribadi. Tulis semuanya secara jelas agar kamu dapat mengembalikan dan membayar kembali jika pemasukan tersebut berbentuk pinjaman.

Minimalkan Kerugian, Ini Cara Mudah Membuat Laporan KeuanganCanva.com, Edited by Niken Ari

Setelah membuat pengeluaran dan pemasukan pada catatan yang terpisah, secara berkala kamu wajib memiliki buku kas utama. Dalam buku ini, semua catatan pengeluaran dan pemasukan ditulis jadi satu secara runut berdasarkan tanggal transaksi. Dengan adanya buku kas utama, kamu dapat menentukan strategi untuk mengembangkan bisnis kamu di masa mendatang.

Minimalkan Kerugian, Ini Cara Mudah Membuat Laporan KeuanganCanva.com, Edited by Niken Ari

Selanjutnya, dalam laporan keuangan, kamu juga perlu membuat catatan yang berisikan inventaris barang-barang apa saja yang kamu miliki untuk menunjang kegiatan operasional bisnis kamu. Misalnya, ponsel, laptop, printer, kendaraan roda dua, hingga meja dan kursi kantor.

Catatan inventaris ini penting kamu miliki apabila jika suatu hari bisnismu mengalami kerugian, kamu bisa menjual inventaris yang kamu punya untuk menutup kerugian tersebut.

Minimalkan Kerugian, Ini Cara Mudah Membuat Laporan KeuanganCanva.com, Edited by Niken Ari

Jika bisnis yang kamu jalankan berupa jual-beli barang, catatan stok barang juga menjadi hal yang penting dalam laporan keuangan. Berapa banyak barang yang dibeli, barang yang terjual, atau barang yang terpaksa diretur harus tercatat jelas. Catatan ini bisa membantumu mengembangkan bisnis dan meminimalkan kerugian.

Minimalkan Kerugian, Ini Cara Mudah Membuat Laporan KeuanganCanva.com, Edited by Niken Ari

Untuk kamu yang masih bingung bagaimana contoh laporan keuangan lengkap dengan cara membuatnya serta aspek apa saja yang harus dicatat, berikut contoh yang bisa jadi rekomendasi kamu.

Laporan keuangan neraca sederhana

Minimalkan Kerugian, Ini Cara Mudah Membuat Laporan Keuanganpinterest.com

Pertama ada neraca sederhana. Pada neraca sederhana ini, kamu hanya perlu mencatat jumlah pengeluaran dan pemasukan yang terjadi setiap harinya. Supaya tidak bingung dan lebih jelas, kamu bisa menulis secara rinci dari mana saja pemasukan yang ada, serta apa saja pengeluaran yang dibutuhkan lengkap dengan tanggalnya.

Laporan keuangan laba rugi

Minimalkan Kerugian, Ini Cara Mudah Membuat Laporan Keuanganmanajemenkeuangan.net

Selanjutnya ada laporan keuangan laba rugi. Dalam laporan ini, catatan keuanganmu dikelompokan menjadi dua, yakni kelompok laba (pemasukan dan hasil penjualan) dan kelompok rugi (pengeluaran atau beban yang harus dibayar).

Semua keuntungan biasanya ditulis pada bagian atas laporan keuangan. Kemudian, setelah keuntungan tertulis secara rinci, baru di bagian bawahnya dimasukan laporan kerugian. Setelah ditulis semua, kamu bisa mengurangi keuntungan (laba) dengan kerugian (rugi) dalam periode tertentu.

Jika hasilnya untung, maka pendapatanmu lebih besar dari pengeluaran. Jika hasilnya rugi, kamu bisa menggunakan laporan keuangan ini sebagai bahan evaluasi.

Laporan keuangan arus kas

Minimalkan Kerugian, Ini Cara Mudah Membuat Laporan Keuangandosenakuntasi.com

Laporan keuangan selanjutnya ada arus kas. Dalam laporan ini tercatat arus kas yang masuk dan keluar dalam kurun waktu periode tertentu. Dari sini akan terlihat arus kas keluar apa saja yang bisa kamu tekan agar mengurangi pengeluaran.

Laporan keuangan perubahan modal

Minimalkan Kerugian, Ini Cara Mudah Membuat Laporan Keuanganmanajemenkeuangan.net

Laporan keuangan perubahan modal menjadi contoh catatan keuangan selanjutnya. Pada laporan keuangan ini, tercatat perubahan modal dari suatu bisnis, bisa bertambah atau berkurang sesuai dengan kondisi yang terjadi. 

Jika perubahannya berupa penambahan modal, kamu perlu menulis sumber modal dan tanggal modal tersebut disetorkan. Jika perubahannya berupa pengurangan modal, kamu perlu mencatat alasan pengurangan modal tersebut beserta tanggal.

Minimalkan Kerugian, Ini Cara Mudah Membuat Laporan KeuanganCanva.com, Edited by Niken Ari

Untuk mempermudah kamu dalam membuat laporan keuangan, kamu dapat memanfaatkan beragam aplikasi laporan keuangan yang dapat diunduh di PlayStore atau pun AppStore. Aplikasi ini cukup membantu dalam membuat laporan keuangan sederhana.

Beberapa aplikasi laporan keuangan yang dapat kamu manfaatkan adalah sebagai berikut.

BukuKas

BukuWarung

Teman Bisnis App

Moodah

Meskipun sudah dibantu dengan aplikasi, namun kamu jangan lalai dan tetap harus teliti saat membuat laporan keuangannya, ya, Bela.

Itulah tadi contoh laporan keuangan dan cara mudah membuatnya. Semoga dapat membantumu merapikan catatan keuangan, ya!

Baca Juga: Jangan Keliru, 7 Nasihat Mengelola Keuangan Ini adalah Mitos

Baca Juga: 5 Hal Penting yang Harus Kamu Lakukan Saat Keuangan Memburuk!

Baca Juga: Terapkan 3 Cara Jitu Ini Agar Keuangan Stabil Saat Resesi Mengancam