Ria Ricis, Oki Setiana Dewi dan Shindy Putri tengah berduka. Sebab, tiga bersaudara tersebut baru saja kehilangan ayah tercinta mereka yang meninggal dunia pada Jumat, 4 Juni 2021 lalu. 

Saat sang ayah meninggal dunia, Ricis tengah berada di Flores, Nusa Tenggara Timur. Ia pun tak sempat melihat sang ayah untuk terakhir kali dan tidak dapat mengikuti prosesi pemakamannya.

Setibanya di Jakarta, pada Sabtu, 5 Juni 2021, Ricis langsung mengunjungi makam sang ayah yang berlokasi di Daarul Quran, Tangerang. Di tengah kedukaannya, Ricis malah mendapat hujatan dan komentar negatif dari warganet. Ada apa?

Membuat banyak konten dengan adsense di channel YouTube-nya

Ayah Meninggal Dunia, Ria Ricis Malah Dihujat Warganet Karena Hal IniInstagram.com/riaricis1795

Komentar warganet untuk Ricis bermula saat perempuan 26 tahun tersebut mengunggah video tentang sang ayah. Jika ditotal, ada sekitar lima video yang diunggah Ricis dalam satu hari yang mengungkapkan kesedihannya karena kepergian sang ayah. Mulai dari video saat ia berkunjung ke pemakaman sang ayah, hingga merayakan ulang tahun ibunya pertama kali tanpa ayah mereka. Video yang diunggah tersebut pun dimonetisasi dengan jumlah iklan yang cukup banyak.

Mendapat komentar negatif dari warganet, monetisasi video di YouTube Ricis dinonaktifkan

Ayah Meninggal Dunia, Ria Ricis Malah Dihujat Warganet Karena Hal IniYouTube.com/Ricis Official

Meski turut berduka dengan kehilangan yang dialami Ricis, warganet memberikan komentar negatif tentang video yang diunggah Ricis di akun YouTube dengan 25,7 juta subscribers tersebut. Warganet mengatakan, kurang pantas rasanya video dengan suasana berduka dipasang monetisasi iklan. Terlebih iklan yang muncul adalah iklan dengan lagu ceria dan menampilkan seseorang sedang berjoget.

https://www.youtube.com/embed/8U7j0BjFPsc

Melihat banyaknya komentar negatif dari warganet soal monetisasi di video YouTube-nya, Ricis pun akhirnya menonaktifkan fitur tersebut. Berdasarkan pengamatan Popbela, kini di tujuh video terakhirnya, sudah tak ada lagi iklan yang terpasang di sana.

Bukan hanya Ricis yang mengunggah video duka kepergian sang ayah

https://www.youtube.com/embed/4uVbAQoomJo

Bukan hanya Ricis, sang kakak, Oki Setiana Dewi juga diketahui mengunggah video duka kepergian ayah mereka. Dalam video yang diunggah Oki, menunjukan proses pemakaman dari awal hingga akhir. 

Meski ada yang menghujat karena masih sempat membuat konten di tengah suasana duka, namun ada pula warganet yang membela dan melihat hal ini dari sisi positifnya.

"Yang bilang 'sempat-sempatnya dijadiin konten', lagian ini maksud awalnya agar banyak orang mendoakan papanya. Ucapkan yang baik-baik, doakan yang baik-baik supaya wafat kita juga baik husnul khotimah," bela akun Think Happy.

Sekali lagi, Popbela mengucapkan turut berduka cita untuk keluarga Ricis dan Oki. Semoga keluarga yang ditinggalkan mendapat kesabaran, ya.

Baca Juga: 10 Momen Duka di Pemakaman Ayah Ria Ricis

Baca Juga: Populer di YouTube, Ini 8 Kontroversi Ria Ricis yang Tuai Pro Kontra

Baca Juga: 9 Juta Subscriber, Ini Perjalanan Karier Ria Ricis  Sebagai YouTuber