7 Hal yang Harus Kamu Lakukan untuk Mengantisipasi Banjir

Persiapkan diri mulai sekarang

7 Hal yang Harus Kamu Lakukan untuk Mengantisipasi Banjir

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Bulan September sudah hampir selesai, memasuki bulan Oktober, itu artinya kita bersiap untuk menghadapi musim hujan. Beberapa hari belakangan bahkan hujan lebat sudah mengguyur wilayah Jabodetabek yang mengakibatkan banjir di beberapa wilayah.

Wilayah Jabodetabek kerap kali mengalami banjir jika hujan dengan intensitas lebat mengguyur daerah tersebut. Rumahmu termasuk salah satu daerah langganan banjir, Bela? Untuk berjaga-jaga mengantisipasi datangnya banjir, simak tujuh hal yang harus kamu lakukan untuk mengantisipasi banjir berikut ini.

1. Bersihkan saluran air

Memasuki musim hujan tak ada salahnya untuk rutin mengecek saluran pembuangan air. Bersihkan dari sampah yang akan menghambat saluran air. Sebab, sampah yang tersangkut di saluran air akan membuat air tersumbat dan menimbulkan banjir kala hujan tiba. Pastikan saluran air bersih dan lancar agar ketika hujan lebat air tidak meluap.

2. Matikan semua alat elektronik dan pindahkan ke tempat yang aman

Saat mulai hujan, persiapkan diri dengan mencabut dan mematikan semua alat elektronik yang ada di rumah. Hal ini meminimalkan risiko tersetrum atau kerusakan pada alat elektronik jika banjir datang sewaktu-waktu.

Setelah alat elektronik dimatikan, pindahkan dan evakuasi ke tempat yang aman. Jika rumahmu memiliki dua lantai, sementara letakan alat-alat elektronik dan benda yang mudah rusak karena air lainnya ke lantai dua atau tempat yang tinggi.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here