Zayn Malik telah genap berusia 28 tahun pada Senin (12/1) kemarin. Saat ini, jebolan One Direcction itu telah dikaruniai seorang putri bersama supermodel Gigi Hadid. Mengawali karier dari ajang pencarian bakat The X Factor, kini Zayn Malik telah sukses melebarkan sayapnya di dunia musik. 

Meski telah meninggalkan grup musik yang membawa namanya naik, ia tetap sukses di karier solonya. Bahkan saat ini dirinya telah berhasil memiliki kekayaan yang ditaksir mencapai US$65 juta atau setara dengan Rp916 miliar. Dari mana saja pundi-pundi kekayaannya berasal? Terus scroll ke bawah, ya!

1. Pendapatan bersama One Direction

Miliki Harta Hingga Rp900 Miliar, Ini Sumber Kekayaan Zayn Maliktumblr.com

Setelah lulus dari ajang The X Factor, Zayn Malik bergabung di One Direction dan menandatangani kontrak senilai 2 juta pound sterling (kini setara Rp38 miliar). Hingga tahun 2015, One Direction berhasil memperoleh pendapatan mencapai US$290 juta atau sekitar Rp4,1 triliun dalam berbagai tur, endorsement, hingga berbagai kesepakatan lainnya. Sampai Zayn memutuskan untuk keluar pada Maret 2015. Saat itu Zayn ditaksir memiliki kekayaan mencapai US$30 juta atau sekitar Rp424 miliar.

2. Properti bernilai milyaran

Miliki Harta Hingga Rp900 Miliar, Ini Sumber Kekayaan Zayn Malikpinterest.com/sweth91

Sumber kekayaan selanjutnya datang dari properti yang dimiliki Zayn. Dikabarkan Zayn membeli sebuah rumah di North London dengan nilai mencapai 3,69 juta pound sterling atau sekitar Rp71 miliar. Pada tahun 2015 lalu, dirinya juga membeli sebuah mansion di kawasan Bel Air, Los Angeles, Amerika Serikat (AS), namun telah dijual pada tahun 2018 silam senilai US$2,94 juta atau sekitar Rp41,6 miliar. Tak sampai di situ, dirinya juga menjual sebuah penthouse mewah di New York, AS, dengan nilai mencapai US$10,2 juta atau sekitar Rp144,4 miliar.

3. Koleksi mobil mewah

Miliki Harta Hingga Rp900 Miliar, Ini Sumber Kekayaan Zayn Malikinstagram.com/zayn

Zayn juga memiliki koleksi mobil mewah, di antaranya mobil Bentley Continental GT senilai US$52 ribu atau sekitar Rp736,3 juta yang dibelinya pada tahun 2012 silam. Lainnya ada Black Porsche Cayenne senilai US$100 ribu atau sekitar Rp1,4 miliar, Black Audi R8 senilai US$200 ribu atau sekitar Rp2,8 miliar, Ferrari 458 Italia senilai US$300 ribu atau sekitar Rp4,2 miliar hingga Range Rover Hitam senilai US$140 ribu atau sekitar Rp1,9 miliar.

4. Solo karier dan endorsement

Miliki Harta Hingga Rp900 Miliar, Ini Sumber Kekayaan Zayn Malikinstagram.com/zayn

Zayn merilis album solo pertamanya pada Januari 2016 lalu. Lagu utamanya "Pillowtalk" menjadi nomor satu di sejumlah negara. Debut solonya berhasil mencapai puncak tangga lagu Billboard 200 AS, serta menghasilkan 157.000 unit yang setara album di minggu pertama, dengan 112.000 berasal dari penjualan album murni. Setelah debut solonya itu, ia juga melakukan kerja sama dengan sejumlah merek fashion dunia, seperti Versus (Versace), Giuseppe Zanotti, hingga The Kooples. Zayn dikabarkan juga telah memiliki sejumlah perusahaan.

5. Merilis autobiografi dan miliki peternakan

Miliki Harta Hingga Rp900 Miliar, Ini Sumber Kekayaan Zayn Malikpapermag.com

Tak hanya perusahaan dan karier musiknya, Zayn turut merilis buku autobiografinya pada tahun 2016 dan menjadi New York Times Best Seller. Melansir dari Page Six, Zayn memiliki sebuah peternakan di Pennsylvania, AS.

6. Turut dalam berbagai kegiatan amal

Miliki Harta Hingga Rp900 Miliar, Ini Sumber Kekayaan Zayn Malikfuzzymakerskeletonthing.tumblr.com

Meski memiliki harta kekayaan yang bergelimang, Zayn turut pula dalam berbagai kegiatan amal. Dia merupakan duta resmi dari grup amal bernama British Asian Trust, yang berkontribusi untuk meningkatkan taraf hidup atas orang-orang yang kurang beruntung yang tinggal di Asia Selatan.

Pada bulan April 2014, Malik mendonasikan gitarnya kepada Kean’s Children Fund di Dundee, Skotlandia. Pemilik yayasan ini, Charlie Kean, membuat lelang amal untuk gitar tersebut dan uang yang terkumpul dari lelang ini akan digunakan untuk membeli iPad untuk bangsal anak-anak di Ninewells. 

Berlanjut pada bulan Maret 2016, dia membeli tempat duduk di Kota Bradford untuk anak-anak kurang mampu agar bisa menonton sepak bola, dinamai seperti nama kakeknya dari sisi ibu, Walter Brannan. Selain itu, pada Januari 2020 lalu, Zayn juga membantu perawatan anak berusia lima tahun senilai 10 ribu pound sterling atau sekitar Rp192,4 juta.

Itulah dia sumber kekayaan dari Zayn Malik yang kini diperkirakan memiliki kekayaan lebih dari Rp900 miliar. Wow!

Baca Juga: Akan Reuni? Anggota One Direction Serempak Follow Zayn Malik Lagi

Baca Juga: “Aku Bukan Muslim”: Zayn Malik Ungkap Keyakinan yang Ia Peluk 

Baca Juga: Berkarier Sejak Usia 2 Tahun, Ini Jejak Kesuksesan Gigi Hadid