Ketika kamu meninggalkan lingkungan kerja atau perusahaan tertentu dan pindah ke perusahaan lainnya, biasanya kamu tetap keep in touch dengan teman-teman lama. Memperluas koneksi atau hanya ingin menambah teman adalah alasan yang paling sering digunakan untuk mempertahankan hubungan baik. Namun tidak sedikit karyawan yang memutuskan untuk hilang kontak bahkan menjelek-jelekkan perusahaan lama atau yang biasa disebut dengan istilah burning the bridge. Apakah kamu memiliki teman yang seperti itu? Berikut adalah hal-hal yang selama ini dia jadikan alasan untuk menjauh.

1. Pekerjaan yang berubah-ubah

Ternyata Ini 7 Alasan Mengapa Teman Kerja Memutuskan untuk Burn the Bridge Denganmutelerma.fr

Rata-rata, seseorang akan pindah dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya setelah bekerja dalam kurun waktu 1-3 tahun. Jika waktu yang dihabiskan di sebuah perusahaan tidaklah lama, maka dia merasa tidak perlu untuk menjalin hubungan baik dengan teman lama setelah ia keluar dari perusahaan tersebut.

2. Rekan lama dianggap tidak akan membantu

Ternyata Ini 7 Alasan Mengapa Teman Kerja Memutuskan untuk Burn the Bridge Denganmuwilliamandpark.com

Baik itu teman satu jabatan atau atasan, dia merasa bahwa kolega di perusahaan terdahulu, termasuk kamu, tidak akan membantunya di masa depan. Mungkin, dia merasa telah melakukan banyak hal untuk kalian namun dia tidak mendapatkan hal yang setimpal.

3. Tidak membutuhkan referensi

Ternyata Ini 7 Alasan Mengapa Teman Kerja Memutuskan untuk Burn the Bridge Denganmuno6cinema.co.uk

Dia merasa bahwa dia lebih suka mencari lowongan kerja secara mandiri ketimbang mengandalkan bos atau teman-teman lamanya. Di samping itu, dia juga tidak akan merasa berhutang budi karena telah menerima bantuanmu untuk mencarikan pekerjaan.

4. Dia tidak ambil pusing jika dimusuhi teman lama

Ternyata Ini 7 Alasan Mengapa Teman Kerja Memutuskan untuk Burn the Bridge Denganmurollingstone.com

Karena kehadirannya yang tiba-tiba menghilang, mungkin kamu dan teman-teman berprasangka buruk terhadap sikapnya tersebut sehingga berbalik memusuhinya. Sebaliknya, dengan memikirkan lingkungan kerja yang kurang menyenangkan di perusahaan sebelumnya bisa menjadi motivasi untuk meningkatkan performa dia di perusahaan yang sekarang.

5. Teman-teman lama membawa dampak buruk

Ternyata Ini 7 Alasan Mengapa Teman Kerja Memutuskan untuk Burn the Bridge Denganmupolygon.com

Bos lama yang suka semena-mena atau teman-teman lama yang lebih suka nge-gossip dianggap sebagai pengaruh buruk baginya. Gaya hidupmu dan teman-teman juga dirasa kurang cocok untuknya. Dia tidak ingin omongan yang menurut dia tidak penting di grup chat menganggu produktivitas serta konsentrasinya.

6. Pengalaman kerja yang tidak menyenangkan

Ternyata Ini 7 Alasan Mengapa Teman Kerja Memutuskan untuk Burn the Bridge Denganmuelle.com

Meski dia tidak bermasalah dengan kamu dan teman-teman lainnya, pasti ada satu-dua hal yang membuat dia enggan berhubungan dengan kalian. Mungkin budaya kerja di tempatmu terlalu kaku atau adanya pelecehan di kantor sehingga dia tidak ingin mengingat-ingatnya lagi.

7. Dia sadar tentang apa yang dia lakukan

Ternyata Ini 7 Alasan Mengapa Teman Kerja Memutuskan untuk Burn the Bridge Denganmucomingsoon.net

Menarik diri dari lingkungan kerja dan pertemanan memang membawa risiko tertentu seperti dijauhi atau kehilangan teman. Namun temanmu yang hilang kontak telah mempertimbangkan itu semua. Jika dia tetap teguh pada pilihannya hingga saat ini, berarti dia tidak menyesali keputusannya.

Sampai sekarang, burning bridges masih menjadi sebuah perdebatan dalam urusan karier. Sebagian orang mengatakan bahwa tindakan tersebut sebaiknya tidak dilakukan, namun ada juga yang berpendapat bahwa kita tidak bisa menghindarinya dalam kondisi tertentu. Kalau menurutmu bagaimana nih, Bela?