Pada banyak kesempatan, wawancara kerja dijadikan sebagai proes seleksi tahap akhir yang sangat menentukan apakah kamu memenuhi kriteria yang dibutuhkan oleh perusahaan. Tidak hanya bagaimana kamu menjawab semua pertanyaan, sikap yang kamu tunjukkan juga mempengaruhi keputusan perusahaan. Ketika kamu diberi kesempatan untuk bertanya dan kamu bingung harus tanya apa, sebaiknya kamu tanyakan hal-hal yang sempat ditanyakan oleh pewawancara kepadamu. Berikut pertanyaan yang bisa kamu ajukan saat wawancara kerja.

Supaya Dapat Pekerjaan Idaman , Tanyakan 3 Hal Ini Saat Wawancara

Ajukan pertanyaaan ini jika sebelumnya kamu ditanya tentang alasan kamu ingin bekerja di perusahaan tersebut. Dengan mengajukan pertanyaan ini, kamu bisa mendapatkan gambaran kira-kira hal apa yang mempengaruhi pewawancara untuk tetap bekerja di perusahaan tersebut dan melihat masa depan perusahaan. Jika dia tidak bisa menjawab pertanyaanmu dengan lancar, maka kamu perlu waspada tentang masa depan kariermu di sana.

Supaya Dapat Pekerjaan Idaman , Tanyakan 3 Hal Ini Saat Wawancara

Bertanya tentang aktivitas sehari-hari yang dikerjakan oleh posisi yang kamu lamar berguna untuk mengetahui lebih banyak tugas dan tanggung jawab yang akan kamu kerjakan saat bekerja di sana. Bila pewawancara memberikan gambaran yang tidak jauh berbeda dengan job description, maka itu pertanda bahwa posisi tersebut membutuhkan struktur yang lebih baik. Tanyalah hal tersebut jika kamu sempat diminta untuk menceritakan apa saja yang kamu lakukan saat bekerja di perusahaan terdahulu.

Supaya Dapat Pekerjaan Idaman , Tanyakan 3 Hal Ini Saat Wawancara

Saat pewawancara bertanya tentang alasan mengapa mereka harus merekrutmu, tanyakan hal senada pada akhir wawancara dengan mengajukan pertanyaan tersebut. Meskipun terkesan berani, setidaknya kamu bisa mengetahui kira-kira hal apa yang sempat membuat mereka ragu untuk mengambil keputusan. Mereka juga menilai bahwa kamu cukup tegas untuk mempertanyakan hal yang tidak biasa ditanyakan oleh pelamar lainnya.

Dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan di atas, pewawancara akan sadar bahwa kamu memiliki rasa percaya diri yang baik dan pemikiran yang kritis. Siapa tahu, mereka telah menunggu calon karwayan seperti kamu selama ini. Semoga sukses ya!

 

BACA JUGA: Kebanyakan Orang Habiskan 70 Persen Penghasilan Mereka untuk 3 Hal Ini!