Meeting adalah saat yang tepat bagimu menonjolkan diri di depan rekan-rekan kerjamu. Selain itu, meeting juga merupakan sarana untuk mengembangkan diri dengan cara terlibat aktif dalam diskusi dan berkontribusi dengan menyalurkan ide atau pertanyaan. Namun, terkadang kita tak banyak berbicara dan unjuk diri saat rapat karena takut salah, kurang mengerti apa yang sedang dibicarakan, atau bahkan malu untuk berbicara di depan anggota rapat. Popbela juga merasakan hal ini, kok. Tapi sekarang kamu bisa kelihatan smart dan aktif saat meeting. Dengan mengikuti lima trik pintar ini, kamu akan jadi bintang dalam rapat besok. Yuk, segera dicatat poin-poin berikut ini.

1. Mempersiapkan diri

Ingin Kelihatan Smart Waktu Meeting? Bisa dengan 5 Trik Ini, Kok!heidicaillierdesign.com

Yang satu ini tampaknya sudah jelas, bukan? Tunggu dulu, Bela. Kamu harus benar-benar paham apa yang mesti kamu persiapkan. Mintalah salinan presentasi hari itu sebelum rapat dimulai dan pelajari baik-baik materinya. Di bagian mana yang kamu masih bingung? Usulan apa yang ingin kamu tawarkan? Pikirkan juga pertanyaan-pertanyaan yang akan berguna dan dibutuhkan oleh timmu. 

2. Kenali presenter atau pemimpin rapatmu

Ingin Kelihatan Smart Waktu Meeting? Bisa dengan 5 Trik Ini, Kok!homepolish.com

Apa yang menjadi tujuan dan fokus orang tersebut selama ini di perusahaan? Menurut reputasinya, hal apa saja yang ia kuasai dan di mana titik yang menjadi kelemahannya? Misalnya, dia terkenal sangat cerdas dalam melahirkan ide-ide inovatif namun ia bukan sosok eksekutor yang baik sehingga kebanyakan strateginya kurang realistis. Nah, kamu jadi bisa mengantisipasi arah pembicaraannya nanti. Ketika kamu menanyakan soal realisasi strateginya, orang lain pun akan menengok padamu sambil mengangguk-angguk setuju. 

3. Tawarkan pertanyaan terbuka 

Ingin Kelihatan Smart Waktu Meeting? Bisa dengan 5 Trik Ini, Kok!hometalk.com

Ganti pertanyaan seperti, "Apakah langkah ini sudah pernah diambil sebelumnya?" yang hanya bisa dijawab dengan "Sudah" atau "Belum" dengan pertanyaan yang bersifat terbuka yaitu, "Saya ingin dengar lebih jauh soal terakhir kali langkah ini diambil dan seberapa efektif penerapannya waktu itu,". Contoh lainnya adalah, "Bagaimana dengan risikonya untuk departemen lain?" atau "Berapa lama waktu yang Anda perkirakan sampai strategi ini bisa dilihat hasilnya?". 

4. Catat di kertas atau buku

Ingin Kelihatan Smart Waktu Meeting? Bisa dengan 5 Trik Ini, Kok!heidicaillierdesign.com

Saat rapat, singkirkan dulu laptop, tablet, atau ponselmu karena menurut penelitian yang dilakukan Princeton Universitu dan University of California Los Angeles (UCLA), mencatat secara manual dengan tanganmu mendorong otak untuk bekerja lebih keras dalam memahami dan menyerap informasi yang sedang kita tulis. Lagipula, kamu akan tampak lebih memerhatikan jalannya rapat daripada mencatat di laptop atau tablet, bisa saja sebenarnya kamu sedang mengerjakan hal lainnya. 

5. Jangan memulai kalimat dengan kata "Maaf" 

Ingin Kelihatan Smart Waktu Meeting? Bisa dengan 5 Trik Ini, Kok!ikea.com

Tak perlu meminta maaf pada siapa pun ketika kamu ingin bertanya atau menyampaikan pendapat karena kamu justru terlihat lemah dan tidak yakin. Kata ini hanya bisa digunakan kalau kamu menginterupsi seseorang, tapi jangan kamu lakukan lho, Bela! Nah, sayangnya banyak orang menyalahgunakan kata "Maaf" dan menggunakannya dalam setiap awal kalimat. Kamu tidak diundang ke rapat ini untuk merasa bersalah, tapi untuk berkontribusi. Ingat itu baik-baik, ya. 

 

Sudah siap datang meeting besok dengan penuh percaya diri belum, Bela? Semoga trik-trik di atas membantu, ya! Ceritakan juga pengalaman meeting-mu di kantor di kolom komentar di bawah ini, siapa tahu kamu punya tips-tips lain untuk tampil smart saat rapat.