Banyak perempuan muda zaman sekarang yang memiliki penghasilan tetap dan karier yang menjanjikan. Namun jangan sampai kedua hal ini menjadi alasan untuk menghambur-hamburkan gajimu untuk belanja atau memanjakan diri. Sudah saatnya kamu mengatur keuanganmu sebijak mungkin supaya dompet kamu tetap tebal dan terhindar dari krisis di masa depan. Berikut adalah lima tips mengatur keuangan yang bisa kamu catat.

5 Tips Mengatur Keuangan ala Perempuan Modern

Catatlah setiap pengeluaranmu tiap harinya. Pisahkan ongkos transportasi ke kantor, uang makan siang, uang belanja bulanan seperti perlengkapan mandi dan kebersihan pribadi, makanan dan kebutuhan dasar, pulsa, dan uang untuk rekreasi. Dengan mencatat setiap pengeluaran, mulai dari pengeluaran kecil seperti beli cemilan hingga pengeluaran besar seperti makan malam di luar bersama teman-teman, kamu akan lebih memahami kebiasanmu dalam mengeluarkan uang. Kamu juga akan bisa menilai pengeluaran mana yang bisa kamu potong, misalnya tak perlu memaksa diri untuk menonton film di bioskop setiap akhir pekan.

5 Tips Mengatur Keuangan ala Perempuan Modern

Jangan lupa untuk menabung paling sedikit 10% dari gajimu. Selain tabungan, kamu juga bisa menginvestasikan sebagian pendapatan kamu untuk persiapan dana pensiun atau membuka rekening tabungan investasi yang disertai asuransi jiwa.

5 Tips Mengatur Keuangan ala Perempuan Modern

Meskipun kamu memiliki pekerjaan tetap dan karier yang cemerlang, selalu siapkan dana darurat karena tak ada yang tahu apa yang akan terjadi di hari esok.

5 Tips Mengatur Keuangan ala Perempuan Modern

Tak ada salahnya mencari sumber pemasukkan di samping gaji bulanan. Salah satunya adalah dengan menjual barang-barang kamu yang sudah tidak terpakai seperti baju, tas, gadget, atau perabot rumah tangga.

5 Tips Mengatur Keuangan ala Perempuan Modern

Sebelum kamu belanja, perawatan di salon, atau pergi liburan, pastikan dulu apa saja kebutuhanmu dan cek dulu harga-harga kebutuhan kamu, misalnya dengan browsing di internet supaya kamu bisa merencanakan anggaran belanja. Dengan begitu, kecil kemungkinan kamu untuk kalap saat belanja.

Menanamkan disiplin pada diri sendiri, terutama masalah keuangan, memang tak bisa langsung terasa hasilnya. Selain itu, butuh kerja keras dan keinginan kuat untuk menjaga kedisiplinan tersebut. Tapi percaya deh, suatu hari nanti kamu akan berterima kasih pada dirimu sendiri!

 

BACA JUGA: Selamatkan Pengeluaranmu Agar Bisa Menabung dengan Melakukan 5 Hal ini