Drama fantasi garapan MBC berjudul Tomorrow, tengah menerima kecaman dari para pemirsa, karena menampilkan nama asli hingga tanggal lahir V dan Jungkook BTS dalam daftar kematian. 

Pencantuman nama ini digambarkan dalam episode 7, yang telah tayang tanggal 22 April kemarin. Meskipun telah tayang perdana sejak awal bulan April, namun para pemirsa baru mengetahui pencatuman nama ini.

Melansir KBIZoom, nama hingga tanggal lahir asli V dan Jungkook BTS dicantumkan dalam sebuah dokumen kematian berjudul "The Entry List of the Deceased".

Pakai Nama Anggota BTS, Drama Korea 'Tomorrow' Banjir Kecaman Warganetkbizoom.com

Dalam daftar tersebut, nama asli V yaitu Kim Tae Hyung, ditulis sebagai salah satu orang yang telah meninggal. Tanggal lahirnya pun sesuai dengan aslinya, 30 Desember. Namun, tahun kelahirannya dibuat berbeda karena V sebenarnya lahir di tahun 1995, sementara yang dicantumkan adalah tahun 1971.

Selain V, tanggal kelahiran Jungkook juga dicantumkan dalam daftar tersebut. Namanya dicantumkan sebagai Kim Yoo Rim, namun dengan tanggal lahir Jungkook yang asli yaitu 1 September 1997. 

Dua nama tersebut dicantumkan secara berurutan, sehingga nampaknya seperti disengaja. Pencantuman nama ini lantas dikritik oleh warganet Korea melalui komunitas online. Meskipun pencantuman nama ini bukan berasal dari episode terbaru, namun drama yang dibintangi Rowoon dan Kim Hee Soon ini tetap menuai kecaman karena menyinggung dua anggota BTS secara tidak sopan. 

Pakai Nama Anggota BTS, Drama Korea 'Tomorrow' Banjir Kecaman Warganetkbizoom.com

Sebagian ada yang memenilai jika ini tidak pantas untuk dilakukan. Mereka mencurigai tim produksi drama Tomorrow secara sengaja menggunakan informasi pribadi anggota BTS untuk menarik perhatian. 

"Penyebab kematiannya adalah pembunuhan, ini sangat berbahaya dan menganggu. " 

"Apakah mereka gila? Aku ingin mencari tahu siapa yang menulis nama mereka, ulang tahun, dan tanggal kematiannya.

"Ini mengerikan. Kru darama dan MBC harus memberikan penjelasan dan meminta maaf"

"Aku bukan penggemar mereka, tapi ini sangat tidak nyaman. Mengapa mereka memasukkan namanya seperti itu?"

Hingga saat ini, pihak MBC dikabarkan belum menanggapi kontroversi tersebut. 

Pakai Nama Anggota BTS, Drama Korea 'Tomorrow' Banjir Kecaman Warganetkorean-binge.com

Drama Korea Tomorrow telah tayang perdana melalui Netflix sejak tanggal 1 April 2022. Tomorrow merilis episode terbarunya setiap hari Jumat dan Sabtu sekitar pukul 21.00-22.00 WIB.

Tomorrow awalnya tayang perdana dengan rating yang menjanjikan, sebelum akhirnya mengalami penurunan yang tajam. Menurut Nielsen Korea, episode 13 berhasil mencetak rating nasional rata-rata terendahnya yaitu 2,3%. Ini merupakan penurunan tertingginya, jika dibandingkan dengan episode pertamanya yang mampu mencetak rating sebesar 7,6%.

Jadi, bagaimana, nih, Bela, menurut pendapatmu? Apakah kamu merupakan salah satu pengikut drama Tomorrow?

Baca Juga: Jadi Asisten Malaikat Maut di 'Tomorrow', Ini 9 Fakta Rowoon 'SF9'

Baca Juga: 'Tomorrow', Saksi Kerja Keras Rowoon Selamatkan Nyawa Orang Lain

Baca Juga: Pakai Komposer Kriminal, Album 'PROOF' BTS Kena Boikot ARMY