Belakangan ini medsos diramaikan dengan sosok Ghozali yang berhasil meraup keuntungan berlimpah dari hasil penjualan NFT potret selfie-nya. Keuntungan memang bisa didapatkan melalui pembelian NFT dengan harga murah kemudian dijual dengan harga yang lebih tinggi.

NFT  yang makin booming  mulai menarik minat masyarakat untuk mencobanya.Transaksi jual beli bisa dilakukan melalui berbagai marketplace NFT termasuk Rarible, SuperRare, MakersPlace, BakerySwap, Axie Marketplace dan Mintable, namun transaksi paling banyak dilakukan melalui OpenSea.

Marketplace OpenSea

Seperti Foto Selfie Ghozali, Inilah Cara Menjual NFT Melalui OpenSeacreativebloq.com

Lebih dari 300 ribu pengguna dengan >34juta NFT bertransaksi melalui OpenSea. Melansir dari Ledgerinsights, pada bulan Oktober 2021, OpenSea menghasilkan sejumlah US$2,7 miliar dalam penjualan dibandingkan dengan SuperRare sebesar US$37 juta dan Rarible sebesar US$18 juta. 

Opensea menjadi marketplace terbesar yang paling diminati masyarakat. Mayoritas pengguna OpenSea menggunakan cryptoccurency Ethereum (ETH) untuk bertransaksi. Menjual aset digital melalui Opensea memerlukan sebuah akun yang sudah terdaftar dengan dompet digital (contohnya: Metamask) yang memungkinkan penjualnya menjual NFT.

Berikut adalah langkah-langkah dalam membuat dan cara menjual NFT melalui OpenSea yang bisa kalian ikuti untuk meraup keuntungan, melansir dari digitalmarketing.org.

1. Kunjungi situs opensea.io, dan klik 'Create' di bagian kanan atas halaman

Seperti Foto Selfie Ghozali, Inilah Cara Menjual NFT Melalui OpenSeacoinacademy.fr

Menuju fitur 'create' berarti kamu akan dibawa ke halaman pembuatan informasi, di mana kamu bebas menambahkan atau mengganti semua informasi mengenai NFT-mu.

2. Unggah file NFT-mu dan lengkapi informasi yang dibutuhkan

Seperti Foto Selfie Ghozali, Inilah Cara Menjual NFT Melalui OpenSeascreenshot OpenSea

Di halaman unggahan ini, kamu bebas mengunggah file NFT dalam bentuk gambar, video, audio, model 3D, atau apa pun. Cantumkan nama, tautan eksternal dan deskripsi mengenai unggahanmu.

OpenSea menyarankan untuk menggungah file di bawah 40MB untuk menjaga waktu pemuatan yang lebih cepat, namun ukuran maksimumnya adalah 100MB. 

3. Cantumkan informasi tentang NFT-mu

Kamu dapat menempatkan NFT yang diunggah dalam koleksi yang ada. Cantumkan detail informasi untuk koleksimu, seperti properties, traits, levels, stats, dan yang lainnya untuk menghasilkan koleksi NFT yang lebih langka dan berharga. 

Kamu juga bisa memilih blockchain tertentu yang ingin digunakan untuk mencetak NFT. OpenSea menawarkan dukungan lintas-blockchain melalui Ethereum, Polygon, dan Klatyn.

Gambar di bawah ini menunjukkan tampilan NFT-mu setelah terdaftar dan berlaku untuk dijual melalui OpenSea.

Seperti Foto Selfie Ghozali, Inilah Cara Menjual NFT Melalui OpenSeascreenshot OpenSea

4. Klik 'Create' setelah kamu selesai mengatur NFT-nya

Itulah NFT pertamamu yang berhasil dibuat! NFT yang berhasil dibuat dan berlaku untuk dijual akan muncul di bagian profil.

Cara menjual NFT melalui OpenSea

  • Kunjungi situs opensea.io dan login ke akunmu
  • Klik 'Profile' di kanan atas
  • Pilih koleksi NFT yang ingin dijual
Seperti Foto Selfie Ghozali, Inilah Cara Menjual NFT Melalui OpenSeascreenshot OpenSea

Setelah menemukan NFT yang ingin dijual, pilih 'Sell' di sudut kanan atas halaman. Kamu akan dibawakan ke halaman listing

Seperti Foto Selfie Ghozali, Inilah Cara Menjual NFT Melalui OpenSeascreenshot OpenSea

Tentukan skema penjualan NFT-mu

Seperti Foto Selfie Ghozali, Inilah Cara Menjual NFT Melalui OpenSeascreenshot OpenSea

Di halaman ini, kamu bebas meneNtukan harga, jenis lelang, durasi penjualan dan jenis pembeli NFT-mu. 

Terdapat dua jenis lelang di OpenSea: 'Fixed Price' dan 'Timed Auction'. Jenis lelang 'Fixed Price' menentukan harga yang tetap, sementara 'Time Auction' menentukan harga dengan kriteria tertentu.

Kriteria penjualan berupa 'Time Auction' adalah sebagai berikut:

  1. Penjualan ke penawar tertinggi: harga NFT akan ditentukan berdasarkan tawaran harga tertinggi
  2. Penjualan dengan harga yang menurun: harga NFT akan terus turun sampai ada pembeli yang membeli
Seperti Foto Selfie Ghozali, Inilah Cara Menjual NFT Melalui OpenSeascreenshot OpenSea

Tentukan juga berapa lama NFT-mu akan terdaftar untuk dijual. Kamu bebas memilih durasi yang diinginkan menggunakan kalender yang tersedia, atau memilih opsi default yaitu 1 hari, 3 hari, ataupun 1 minggu.

Seperti Foto Selfie Ghozali, Inilah Cara Menjual NFT Melalui OpenSeascreenshot OpenSea

Dalam tahap ini, kamu bebas memilih untuk menjual NFT secara 'grosir' dengan cara memilih pilihan 'Sell as a bundle'. 

Pilihan untuk memesan NFT kepada seorang pembeli juga tersedia. Jika kamu ingin memesan NFT untuk mewakili pembelimu, aktifkan toggle dan cantumkan alamat mereka dalam pilihan yang tersedia di 'Reserve for a specific buyer'.

Gambar di atas menunjukkan dua jenis biaya - 2.5% 'Service Fee' dan 5.0% 'Creator Royalty' fee. Ini berarti keuntungan 2,5% akan diambil Opensea dari setiap transaksi yang berputar. Sementara kamu yang berperan sebagai seorang creator di OpenSea, akan mendapatkan bonus berupa royalty fee dari setiap NFT yang terjual. Pembayaran royalty fee ini dijalankan oleh smart contracts secara otomatis.

Bayar biaya untuk melengkapi listing NFT-mu

Seperti Foto Selfie Ghozali, Inilah Cara Menjual NFT Melalui OpenSeascreenshot OpenSea

Bagi Bela yang pertama kali menjual NFT melalui OpenSea, maka dikenakan dua jenis biaya yang wajib dibayar hanya sekali:

  1. Biaya mengaktifkan wallet untuk membuat pesanan penjualan
  2. Biaya operasional yang diberikan kepada OpenSea untuk mengakses koleksi NFT-mu ketika terjadi penjualan

Setelah melakukan pembayaran, sebuah popup akan muncul. Popup tersebut menunjukkan sebuah pernyataan yang meminta persetujuan berupa tanda tangan digital untuk menyelesaikan listing NFT-mu melalui OpenSea.

Itulah cara untuk membuat dan menjual NFT melalui OpenSea, Bela. Semua NFT yang berlaku untuk dijual akan muncul di bawah tab 'Activity' di profilmu. Setiap pembeli yang tertarik membeli NFT-mu melalui OpenSea dapat mengakses riwayat transaksinya kapan pun.

Apakah kamu juga tertarik untuk membuat NFT-mu sendiri, Bela?

Baca Juga: Hanya Modal Selfie, NFT 'Ghozali Everyday' Laku Hingga Miliaran Rupiah

Baca Juga: 9 Fakta Menarik NFT, Sebuah Aset Digital yang Mewakili Karya Seni

Baca Juga: 5 Pekerjaan Menjanjikan di Metaverse, Tertarik untuk Bergabung?