Remaja asal Solo yang bernama Ghozali menjadi viral di media sosial, karena menghasilkan keuntungan miliaran rupiah. Keuntungan yang berlimpah berhasil diraup dari penjualan foto selfie dirinya dalam bentuk NFT(Non-Fungible Token).

Ghozali menjual foto selfie dirinya di depan komputer melalui marketplace NFT OpenSea. Marketplace tersebut memungkinkan transaksi jual beli NFT antara penyedia dan pembeli NFT menggunakan mata uang crypto Etherium (ETH).

Koleksi fotonya yang dijual disebut sebagai Ghozali Everyday. Fotonya diambil setiap hari sejak dirinya berusia 18 hingga 22 tahun, dalam rentang waktu tahun 2017 hingga 2021.

"Lebih dari 230 NFT telah terjual hari ini dan sampai sekarang saya tidak memahami mengapa kalian ingin membeli NFT foto saya. Saya berterima kasih kepada kalian, selama lima tahun usaha saya telah terbayarkan," tulis Ghozali dalam salah satu postingan di Twitter pada hari Selasa (11/1/2022).

Hanya Modal Selfie, NFT 'Ghozali Everyday' Laku Hingga Miliaran Rupiahopensea.io/ghozali-everyday

Pemuda berusia 22 tahun tersebut menawarkan sejumlah 933 foto melalui OpenSea. Setiap fotonya dijual dengan harga 0,001 ETH atau setara dengan Rp48 ribu. Harga pembukaan tersebut bisa naik atau turun, tergantung minat maupun permintaan dari pasar. 

Berdasarkan postingan di Twitter pada hari Rabu (12/1/2022), Ghozali membagikan perkembangan penjualan NFT-nya setelah 3 hari. Dari sekian banyaknya yang terjual dalam 3 hari, fotonya hanya tersedia sejumlah 331 NFT. Seluruh NFT yang terjual telah diperdagangkan dengan harga 0.66 ETH atau setara dengan Rp31 juta.

Harga koleksi foto Ghozali Everyday sempat melonjak mencapai level tertingginya yaitu 71,9 ETH atau setara dengan sekitar Rp3 miliar dalam volume perdagangan pada hari Rabu (12/1/2022). Tak ada yang menduga bahwa banyak yang meminati foto koleksi Ghozali, sehingga ia berhasil meraup keuntungan miliaran rupiah hanya bermodalkan foto selfie. 

Ghozali menjadi sosok yang membuka peluang bisnis NFT di Indonesia. Koleksi foto selfie yang mampu meraup keuntungan miliaran rupiah ini meningkatkan kesadaran masyarakat akan potensi besar bisnis NFT.

"Total perdagangan di akunnya tembus 1,2 Miliar hanya dlm waktu kurang 12 jam! Fenomena Ghozali @ghozaliphoto hari ini sangat penting bagi dunia NFT Indonesia. Ghozali membuka mata netizen negeri ini tentang potensi NFT," tulis Adrian Zakhary, seorang kolektor NFT, melalui akun Instagramnya.

Pembeli NFT Ghozali bukan hanya para kolektor NFT atau aset cryptocurrency saja. Namun, para public figure juga ikut meminati NFT yang sedang naik daun. Salah satunya, Chef Arnold Poernomo, juri MasterChef Indonesia yang ikut mengoleksinya.

Semoga NFT di Tanah Air bisa semakin berkembang ya, dan memberikan kesempatan untuk menghasilkan pendapatan tambahan! 

Baca Juga: 9 Fakta Menarik NFT, Sebuah Aset Digital yang Mewakili Karya Seni

Baca Juga: 5 Pekerjaan Menjanjikan di Metaverse, Tertarik untuk Bergabung?

Baca Juga: Menggabungkan VR & AR, Apa Kehebatan dan Kekhawatiran Metaverse?