Berbagai macam cara kerap dilakukan para aktris untuk memulai debutnya di dunia hiburan. Ada yang mulai sebagai peran figuran, lalu dipilih mendalami peran yang lebih besar. Sebagian juga ada yang debut sebagai idol, kemudian melebarkan sayapnya menjadi aktris. 

Namun, sederetan aktris yang debut sebagai model ini paling mencuri perhatian karena parasnya yang menawan. Bakat aktingnya juga telah diakui di dunia hiburan. Seperti 8 aktris berikut ini, yang mengawali kariernya sebagai model dan sukses menjadi aktris ternama. 

1. Song Hye Kyo

8 Aktris Korea Terpopuler yang Mengawali Kariernya Sebagai ModelInstagram/kyo1122

Sebagai salah satu aktris dengan bayaran termahal, Song Hye Kyo debut sebagai model sejak berumur 14 tahun. Pada tahun 1996, ia memenangkan juara pertama dalam kompetisi modeling, yang akhirnya menjembatani kesuksesan kariernya sebagai model sekaligus seorang aktris. 

Kariernya sebagai aktris meroket sejak melakoni peran utama dalam Autumn in My Heart (2000). Sejak saat itu, namanya makin dikenal publik melalui perannya dalam  Full House (2004), That Winter, the Wind Blows (2013) dan Descendants of the Sun (2016). 

Daftar merek yang menggandengnya sebagai brand ambassador pun makin meningkat, termasuk Bottega Veneta, Sulwhasoo, dan Laneige. LVMH pun memilihnya sebagai brand ambassodor pertama dari Korea untuk mewakili Fendi dan Chaumet. Melansir dari TMI News, Song Hye Kyo mampu menghasilkan pendapatan hingga 900 juta won (sekitar Rp10 miliar) sebagai model komersial.

2. Jung Ho Yeon

8 Aktris Korea Terpopuler yang Mengawali Kariernya Sebagai Modelinstagram.com/jennierubyjane/hoooooyeony

Berkat ketenaran Squid Game, Jung Ho Yeon kini menikmati kesuksesannya. Ia mampu menghasilkan 19 juta pengikut di media sosial setelah dramanya tayang pada bulan September lalu, melebihi pengikut Lee Sung Kyung dan Song Hye Kyo.

Siapa sangka, ternyata Squid Game merupakan drama pertama yang dilakoni Jung Ho Yeon? Jung Ho Yeon kerap mencuri perhatian karena latar belakangnya sebagai seorang model profesional.

Ia debut sebagai seorang model melalui Seoul Fashion Week, lalu kemudian berkompetisi di musim keempat dari Korea's Next Top Model pada tahun 2013. Keputusannya meninggalkan Seoul untuk mengembangkan kariernya sebagai model internasional pun membuahkan hasil saat itu.

Ia dipilih sebagai model eksklusif untuk Louis Vuitton. Pada 2016, ia juga berhasil digandeng sebagai model merek-merek mewah seperti Chanel, Gucci, Prabal Gurung, Marc Jacobs, Jeremy Scott, dan Roberto Cavalli. Serta digaet sebagai model sampul majalah Vogue, Harper's Bazaar, W, Dazed dan Marie Claire.

3. Shin Min Ah

8 Aktris Korea Terpopuler yang Mengawali Kariernya Sebagai Modelallkpop.com

Pemeran utama Hometown Cha-Cha-Cha ini, debut sebagai model pada usianya yang masih 14 tahun dan menghabiskan masa remajanya sebagai model iklan video musik. Kesuksesan itu membawanya menggeluti industri hiburan sebagai aktris pada tahun 2001, dengan debut di film Volcano High (2001). Namanya makin dikenal melalui My Girlfriend is a Gumiho (2010) dan Oh My Venus (2015).

Mengejar karier di dunia akting dan modeling secara bersamaan, ia pun menjadi wajah dari sederetan merk mewah seperti Chanel, Hera Cosmetics, Cartier, Givenchy Beauty, Gucci dan Roger Vivier. Tidak hanya tampil dalam majalah lokal, ia juga dikenal sebagai aktris Korea pertama yang muncul dalam The New York Times Magazine. 

4. Jun Ji Hyun

8 Aktris Korea Terpopuler yang Mengawali Kariernya Sebagai ModelSoompi.com

Salah satu aktris dengan bayaran tertinggi di Korea ini memulai kariernya sebagai model. Ia debut sebagai model iklan majalah Ecole pada tahun 1997, dan mengejar lebih banyak tawaran model untuk mengembangkan reputasinya. Iklan printer Samsung MyJet salah satunya, yang meningkatkan ketenarannya.

Ia mulai mengantongi sejumlah film dan drama populer sejak saat itu. Dramanya yang populer di seluruh Asia adalah My Sassy Girl (2001), serta turut membintangi sederetan drama populer yang membuatnya naik daun, seperti My Love From the Star (2013) dan Legend of the Blue Sea (2016). 

Pemeran Kingdom: Ashin of the North (2021) dan Jirisan (2021) ini, dikenal sebagai aktris Korea pertama yang tampil sebagai model majalah American Vogue. Selain itu, majalah fashion bergengsi lainnya seperti Elle, Harper's Bazaar, W dan Marie Claire juga turut menggandeng Jun Ji Hyun. Diikuti Alexander McQueen yang juga menunjuknya sebagai brand ambassador Korea pertama tahun lalu.

5. Lee Sung Kyung

8 Aktris Korea Terpopuler yang Mengawali Kariernya Sebagai Model@heybiblee/Instagram

Lee Sung Kyung memulai debutnya sebagai model dalam kompetisi 17th Korea Super Model Contest pada tahun 2008. Aktris berusia 31 tahun tersebut menjadi salah satu model yang paling dicari untuk majalah cetak dan runway. Sehingga, majalah fashion menjulukinya sebagai "Gigi Hadid dari Korea Selatan".

Reputasinya yang terus meningkat pun membawanya sebagai model pertama yang memulai debut sebagai aktris di bawah naungan YG Entertainment, agensi Korea Selatan yang mendebutkan group K-Pop populer seperti BingBang, 2NE1, dan lain-lain. Peran utama yang dilakoninya dalam Weightlifting Fairy Kim-Bok-Joo pun membuatnya semakin bersinar.  Sejak semakin bersinar, ia pun aktif membintangi banyak drama populer seperti Cheese In The Trap dan Dr. Romantic 2. 

Aktris yang debut sebagai model papan atas tersebut juga ikut bergabung sebagai brand ambassodor merk-merk ternama seperti Laneige, Fresh Pop dan Adidas. Ia lalu bergabung sebagai model sampul majalah fashion terkemuka seperti W, Vogue Girl, Grazia dan CéCi.

6. Gong Hyo Jin

8 Aktris Korea Terpopuler yang Mengawali Kariernya Sebagai Model@piaget/Instagram

Gong Hyo Jin memulai debutnya sebagai model iklan TV dan katalog fashion pada tahun 90-an. Aktris peyabet berbagai penghargaan ini pertama kali debut sebagai aktris satu setengah tahun setelah menjadi model. Ia debut sebagai peran pendukung dalam film horor Memento Mori (1999) setelah diyakinkan pihak agensinya untuk mengembangkan kariernya sebagai aktris.

Sejak debut sebagai aktris, Hyo Jin telah memerankan 30 film dan sederetan drama Korea, dengan penampilannya yang paling memukau dalam It's OK, This Is Love (2014) dan When the Camellia Blooms (2019). Sehingga, ia dijuluki sebagai "ratu komedi romantis" Korea Selatan .

Aktris yang memulai kariernya sebagai model ini pernah muncul di sampul majalah fashion populer Vogue, Elle, W, Instyle dan Harper's Bazaar. Beberapa merek mewah juga menggaetnya sebagai brand ambassador, seperti; Valentino, Dior dan Burberry. Saat ini tengah menjadi brand ambassador merek jam tangan dan perhiasan mewah Piaget. 

Sebagai seorang aktris sekaligus fashion icon, ia juga berhasil meluncurkan merek clothing line-nya sendiri yaitu Excuse Me x Suecomma Bonnie pada tahun 2012.

7. Kim Ji Won

8 Aktris Korea Terpopuler yang Mengawali Kariernya Sebagai Modelfavim.com

Sebelum menerjuni dunia hiburan, Kim Ji Won mengikuti audisi sebagai model iklan dan video musik. Setelah debut sebagai penyanyi, aktris teater, sekaligus model iklan dalam TV dan berbagai media cetak, ia pun debut sebagai aktris yang melakoni High Kick: Revenge of the Short-Legged (2011).

Namun, namanya baru dikenal publik setelah melakoni The Heirs (2013) dan Descendants of the Sun (2016), di mana ia berhasil menyabet berbagai penghargaan. Salah satunya Most Popular Actress (TV) dalam 52nd Baeksang Arts Awards.

Bintang Hallyu ini juga berbagung sebagai brand ambassador beberapa merek ternama seperti Dr. G, Basic House, J. Estina, Lonsdale dan bahkan merek populer mie instan Korea Shin Ramyun! Ia juga merupakan model majalah fasion Harper's Bazaar, Marie Claire dan Vogue Girl.

8. Bae Doona

8 Aktris Korea Terpopuler yang Mengawali Kariernya Sebagai ModelPinterest.com

Bae Doona debut sebagai model katalog pakian CoolDog pada tahun 1998. Setahun kemudian, ia memulai kariernya sebagai aktris dengan debut dalam drama populer School (1999). Ia juga mulai membintangi sederetan film dan drama, serta mulai dikenal secara global ketika membintang serial internasional seperti Cloud Atlas (2012), Jupiter Ascending (2015) dan serial original netflix Sense8 ( 2015).

Pada tahun 2016, model papan atas tersebut dipilih Louis Vuitton sebagai brand ambassador pertama dari Korea Selatan. Selain itu, ia juga turut mewakili merek fashion mewah di Paris dan Amerika. American Vogue pada tahun 2019 juga menggandengnya sebagai model sampul bersama dengan Scarlett Johansson dan Deepika Padukone.

Itulah 8 aktris Korea populer yang mengawali kariernya sebagai model. Aktris mana yang menjadi favoritmu?

Baca Juga: Dibintangi Gong Yoo & Bae Doo Na, 'The Silent Sea' Rilis Tanggal Main

Baca Juga: 10 Aktris Bollywood Terkaya 2021, Aishwarya Rai di Urutan Pertama

Baca Juga: Jago Bela Diri, 5 Aktris Korea Ini Cocok Main di Drama Bergenre Action