Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Mengenal MIKA, Solois Pendatang Baru Bersuara Lembut

Debut solo dengan EP 'bleached'

Zikra Mulia Irawati

Butuh lagu-lagu baru untuk mengisi playlist pengantar tidur kamu, Bela? Jika iya, kamu mungkin bisa coba menengok karya MIKA. Solois kelahiran Honolulu, Hawaii ini memiliki musik sekaligus suara yang lembut nan manis.

Sebelumnya, MIKA lebih dikenal dengan nama Mika Hashizume member grup INTERSECTION. Ia baru resmi debut solo dengan EP bleached pada 21 Desember lalu. Seperti apa proses penciptaan karyanya kali ini?

Selektif memilih gaya dan genre

Dok. Secret Signals

EP bleached mengambil pengalaman pribadi dan juga emosi yang dilalui oleh MIKA selama tumbuh besar di berbagai macam tmpat di belahan dunia, dari mulai di Hawaii, Tokyo, dan Beijing, sekaligus menandakan babak barunya sebagai penyanyi solo. Penyanyi ini juga terlibat langsung sebagai penulis lagu. Oleh karena itu, ia pun mengaku jadi cukup selektif dalam memilih gaya dan genre musik. 

"Pada tahap awal pembuatan EP ini, aku belum memiliki konsep yang tetap, namun aku ingin setiap lagu di EP ini mewakili gaya dan genre yang aku cintai setelah memulai perjalananku dalam menulis lagu. Barulah setelah itu aku menyusun lima lagu dari EP ini, dan judul serta tema 'bleached', di mana tema tersebut merekam momen ketika aku memulai perjalanan yang sedang ku lalui saat ini, dan momen ketika karierku berubah arah," ujar MIKA.

Kolaborasi dengan peraih nominasi GRAMMY Awards

Dari lima lagu yang ada, "so I don't forget" kemudian terpilih menjadi lagu utama. Tembang ini melibatkan Patrick "J.Que" Smith, peraih nominasi GRAMMY Awards dan co-writer untuk lagu "Die For You" milik JOJI.

Suara lembut MIKA lantas berpadu serasi dengan lagu bergenre soul dengan cita rasa R&B dan elemen alternatif ini. Sekali dengar, bukan tak mungkin kamu bisa langsung jatuh cinta, deh!

Awalnya tidak bermimpi jadi penyanyi

instagram.com/28mmika

Meski pada akhirnya menjadi penyanyi dan penulis lagu, MIKA awalnya tak pernah bercita-cita sebagai penyanyi, lho. Ia justru ingin menjadi pemain sepak bola sampai sudah rajin berlatih. Namun, ia sadar kesempatan untuk mewujudkan impian itu di Hawaii cukup kecil. Saat itu pula ia iseng mengikuti audisi dan lolos.

"Aku lolos audisi dan mereka mengundangku untuk pindah ke Tokyo. Itu terjadi begitu saja. Aku tidak benar-benar berpikir bahwa aku ingin jadi penyanyi, atau  ingin bernyanyi, atau melihat diriku sendiri bermusik karena aku tidak pernah bernyanyi dan menulis lagu. Itu hanya momen yang pas seperti, 'kenapa tidak?' karena aku juga tidak punya rencana lain," terangnya kepada Popbela.

Simak obrolan lengkap Popbela dengan MIKA di bawah ini, yuk!

IDN Media Channels

Latest from Working Life