Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Cara Memperkecil Ukuran Foto Online, Pakai 10+ Situs Gratis Ini

Jangan pusing lagi saat harus memperkecil ukuran foto

Zikra Mulia Irawati

Cara memperkecil ukuran foto terkadang belum diketahui oleh sejumlah orang. Padahal, hacks yang satu ini cukup diperlukan untuk melengkapi dokumen untuk keperluan administrasi kerja atau kuliah. Tak sedikit orang yang mengira caranya sulit dan membutuhkan aplikasi canggih.

Tak perlu khawatir karena Popbela bakal kasih tahu kamu cara memperkecil ukuran foto yang mudah dan dapat dilakukan secara online. Ada lebih dari 10 website yang kamu coba, lho. Yuk, intip daftarnya!

1. Duplichecker.com

Duplichecker.com

Duplichecker.com merupakan website yang menyediakan berbagai layanan, salah satunya memperkecil ukuran foto berformat JPG (JPEG) dan PNG. Meski dapat mengurangi ukuran, kualitas gambar akan tetap sama bagusnya, kok. Kamu bisa mengatur persentase kompresi hingga memilih mode kompresi normal atau progresif. Layanan ini terbukti memuaskan lebih dari lima juta pengguna dan mendapat rating 4,75/5.

2. iLoveIMG.com

iloveimg.com

iLoveIMG.com menjadi salah satu situs terpopuler untuk memperkecil ukuran foto. Selain mudah, situs ini dapat digunakan untuk mengompres gambar dengan format JPG, PNG, SVG, atau GIF. Website ini juga dapat digunakan untuk mengonversi format gambar atau melakukan pengeditan sederhana untuk alasan keamanan seperti memberi watermark.

3. Compressjpeg.com

Compressjpeg.com

Seperti nama situsnya, compressjpeg.com dapat digunakan untuk memperkecil ukuran foto berformat JPG atau JPEG. Kamu bisa memilih hingga 20 foto sekaligus untuk dikompres. Jika ingin memperkecil ukuran foto yang punya format lain, situs ini juga menyediakannya meski dalam domain yang berbeda, yaitu compresspng.com, compressgif.com, dan shrinkpdf.com.

4. Compress2go.com

Compress2go.com

Compress2go.com punya keunggulan bisa memperkecil foto dengan format TIFF dan gambar RAW kamera selain  JPG dan PNG. Soal kualitas, kamu bisa menentukan modenya sendiri karena ada tiga pilihan, yaitu kualitas terbaik, file terkecil, hingga kustomisasi kualitas berdasarkan persentase. Tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhanmu, ya, Bela.

5. Img2go.com

img2go.com

Situs untuk memperkecil ukuran foto berikutnya adalah img2go.com. Tak cuma mengubah ukurannya, situs ini turut menyediakan opsi untuk mengubah warna gambar hingga mengubah ukuran agar sesuai dengan perangkat desktop, mobile, tablet, bahkan e-mail.

6. Smallseotools.com

Smallseotools.com

Memperkecil ukuran foto bisa kamu lakukan di website smallseotools.com juga, lho. Dalam sekali proses, kamu bisa memasukkan 20 gambar dengan ukuran masing-masing 5 MB agar lebih cepat. Cocok buat kamu yang suka sat-set, deh, pokoknya.

7. HiPDF.com

HiPDF.com

HiPDF.com akan jadi situs memperkecil ukuran foto yang pas kalau gambar yang kamu miliki berukuran cukup besar. Kamu bisa meng-input gambar dari Google Drive atau Dropbox. Setelah ukurannya diperkecil pun, kamu bisa langsung menyimpannya ke Dropbox kembali. Praktis dan hemat ruang penyimpanan, bukan?

8. TinyPNG.com

TinyPNG.com

Tak seperti nama situsnya, TinyPNG.com bisa digunakan untuk memperkecil ukuran foto dengan format JPG dan WebP selain PNG. Agar tetap gratis, kamu cuma bisa memasukkan 20 foto saja dalam satu waktu. Situs ini bisa diakses lewat ponsel dan berbagai browser sehingga lebih mudah digunakan.

9. Imagerecycle.com

Imagerecycle.com

Memperkecil ukuran foto JPG/PNG dan dokumen PDF bisa dilakukan sekaligus oleh imagerecycle.com. Ukuran gambar bisa berkurang hingga 70% tanpa mengorbankan kualitasnya. Kalau kamu enggan repot membuka beberapa situs sekaligus saat menyiapkan keperluan administrasi, jangan lupa coba website ini, ya.

10. Compressnow.com

Compressnow.com

Compressnow.com merupakan situs untuk memperkecil ukuran foto yang mencapai 9 MB dengan format JPG, JPEG, GIF, dan PNG. Dalam sekali proses, kamu bisa memasukkan 10 foto sekaligus. Agar ukuran yang kamu kehendaki bisa tercapai, kamu bisa menentukan persentase pengecilan foto.

11. Imageoptimizer.net

imageoptimizer.net

Terakhir, ada imageoptimizer.net yang bisa jadi opsi situs untuk memperkecil ukuran foto. Pilihan kualitasnya pun banyak, mulai dari minimum file size, very small file size, small file size, normal, high quality, hingga best quality. Fitur bermanfaat ini bisa kamu gunakan secara gratis.

Semoga informasi cara memperkecil ukuran foto secara online ini bisa membantu urusan kamu, ya, Bela.

IDN Media Channels

Latest from Working Life