Remote working menjadi sistem kerja yang semakin populer diterapkan sejak pandemi berlangsung. Sistem kerja remote dianggap menjadi pilihan terbaik untuk mencegah penyebaran kasus COVID-19, sekaligus untuk meningkatkan produktivitas karyawan. 

Melansir Forbes, remote working  meningkatkan produktivitas karyawan karena memungkinkan mereka untuk mengatur jadwal kerja. Bekerja dari rumah juga meminimalisir distraksi atau gangguan dari rekan kerja, sehingga meningkatkan produktivitas karena para karyawan lebih fokus menyelesaikan pekerjaan mereka. 

Mengingat manfaatnya dari sisi karyawan dan perusahaan sendiri, maka semakin banyak pula perusahaan yang mengadopsi sistem kerja remote, meskipun pemerintah telah melonggarkan aturan untuk aktivitas perkantoran. 

Nah, bagi Bela yang memilih untuk bekerja secara remote, berikut ini telah Popbela rangkum rekomendasi situs untuk daftar pekerjaan remote yang dapat kalian coba! Mari kita simak, yuk!

1. Dribble.com

Cari Kerja? Ini 15 Rekomendasi Situs untuk Daftar Pekerjaan RemoteDribble.com

Dribble merupakan salah satu situs pekerjaan remote bagi para desainer grafis terutama bagi kalian yang memiliki pengalaman sebagai web designer, product designer, UX designer, dan illustrator. 

Para desainer bebas memamerkan hasil karya mereka melalui situs ini. Hasil karya atau portfolio yang dibagikan akan meningkatkan peluang untuk mendapatkan pekerjaan melalui situs ini.

2. Upwork.com

Cari Kerja? Ini 15 Rekomendasi Situs untuk Daftar Pekerjaan RemoteBadoystudio.com

Upwork merupakan salah satu situs pencari kerja remote berbasis cloud, yang diketahui terdiri dari jumlah klien dan pekerja freelancer paling besaar. Perusahaan besar seperti Microsoft, Dropbox, dan Airbnb diketahui menawarkan pekerjaan melalui situs ini. 

3. Fiverr.com

Cari Kerja? Ini 15 Rekomendasi Situs untuk Daftar Pekerjaan Remoteandroidauthority.com

Fiverr merupakan salah satu situs pencari pekerjaan remote bagi para freelancer di seluruh dunia. Fiverr memungkinkan siapapun untuk menawarkan pekerjaan, dan melamar pekerjaan yang ada sebagai pekerja lepas atau freelancer. 

Hal yang membedakan Fiverr dari situs pencari kerja remote lainnya adalah, Fiverr menyediakan pelatihan khusus bagi para freelancer untuk mengembangkan keterampilan mereka. Terutama bagi para freelancer pemula, disediakan pula pelatihan untuk menawarkan jasa pekerjaanya melalui situs ini

4. Glints.com

Cari Kerja? Ini 15 Rekomendasi Situs untuk Daftar Pekerjaan RemoteDok.Glints

Perusahaan start-up yang berasal dari Singapura, Glints, menyediakan pelatihan pengembangan karier, jasa konsultasi, sekaligus lowongan kerja melalui situsnya. lowongan pekerjaannya dapat diakses melalui website ataupun aplikasi. 

Para pencari kerja bebas mencari lowongan pekerjaan di Indonesia, maupun di luar negeri, asalkan memiliki kualifikasi yang sesuai. Glints juga menyediakan fitur mencari lowongan pekerjaan yang berbasis remote untuk memudahkan akses para pencari kerja. 

5. Linkedin.com

Cari Kerja? Ini 15 Rekomendasi Situs untuk Daftar Pekerjaan Remoteinc.com

Linkedin merupakan sebuah situs jejaring sosial yang dikemas khusus untuk kepentingan bisnis dan pengembangan karier secara profesional. Selain berfungsi sebagai media sosial pada umumnya, Linkedin juga memungkinkan para penggunaanya untuk mencari kerja, termasuk pekerjaan berbasis remote.

Para penggunanya juga harus mendaftarkan diri terlebih dahulu, untuk mencari pekerjaan  yang diinginkan. 

6. Kalibrr.com

Cari Kerja? Ini 15 Rekomendasi Situs untuk Daftar Pekerjaan RemoteFacebook.com/Kalibrr

Kalibrr merupakan situs pencari kerja yang semakin populer sekarang. Situs ini memungkinkan para pencari kerja untuk memilih lowongan yang berbasis remote. 

Berbagai perusahaan besar juga telah menggunakan situs Kalbrr untuk membagikan lowongan pekerjaan, contohnya Shopee, Tokopedia, IDN Times, Bank Mandiri, dan lain-lain.

7. Freelancer.co.id

Cari Kerja? Ini 15 Rekomendasi Situs untuk Daftar Pekerjaan RemoteDigitek.id

Berbagai pekerjaan berbasis freelance juga disediakan melalui website ini, mulai dari yang berhubungan dengan desain hingga menulis. 

Seseorang yang ingin mencari pekerjaan melalui website ini juga harus mendaftarkan diri dulu. Pendaftarannya tidak dipungut biaya. 

Para pekerja yang sudah mendaftar kemudian bisa mencari proyek mana yang sedang ditawarkan perusahaan.

8. Sribulancer.com

Cari Kerja? Ini 15 Rekomendasi Situs untuk Daftar Pekerjaan RemoteTekno.tempo.co

Situs selanjutnya yang menyediakan berbagai pekerjaan remote atau yang berbasis freelance adalah Sribulancer.com. Lowongan freelance yang disediakan melalui website ini berhubungan dengan fotografi, desain, copywriting, pengembangan website, dan masih banyak lagi.

9. Getcraft.com

Cari Kerja? Ini 15 Rekomendasi Situs untuk Daftar Pekerjaan RemoteGetcraft.com

Getcraft.com juga merupakan salah satu situs yang menyediakan berbagai jenis pekerjaan remote yang berbasis freelance. Sama seperti situs pekerjaan remote pada umumnya, pilihan pekerjaan yang ditawarkan mencakup sosial media, fotografi, desain, dan lain-lain. 

Bayaran yang diberikan kepada para pekerjanya juga berupa rupiah, karena situs ini berbasis di Indonesia.

10. Authenticjobs.com

Cari Kerja? Ini 15 Rekomendasi Situs untuk Daftar Pekerjaan RemoteVandelaydesign.com

Situs pencari kerja remote lainnya adalah Authentic Jobs. Berdiri sejak tahun 2005, situs ini telah digunakan berbagai perusahaan seperti The New York Times, Tesla, Apple, dan masih banyak lagi, untuk menawarkan pekerjaan.

Para pencari pekerja dapat memilh fitur untuk mencari pekerjaan remote, karena situs ini pada dasarnya tidak secara khusus menawarkan pekerjaan remote kepada penggunanya.

11. Techinasia.com

Cari Kerja? Ini 15 Rekomendasi Situs untuk Daftar Pekerjaan RemoteFacebook.com/TechinAsia

Tech in Asia merupakan situs pencari kerja yang juga menyediakan pilihan untuk mencari pekerjaan remote. Situs ini juga menyediakan lowongan pekerjaan di perusahaan start-up, cocok bagi kalian yang berambisi untuk bekerja di perusahaan start-up. 

Dibandingkan Glints, Kalibrr dan Linkedin yang situsnya dapat diakses melalui aplikasi, Tech in Asia hanya dapat diakses melalui website.

12. Weworkremotely.com

Cari Kerja? Ini 15 Rekomendasi Situs untuk Daftar Pekerjaan Remoteweworkremotely.com

We Work Remotely merupakan salah satu komunitas pekerja remote yang terdiri dari 2.5 juta pengunjung bulanan. Situs ini terpercaya karena telah digunakan berbagai perusahaan besar untuk menawarkan pekerjaan, termasuk Google, Basecamp, Amazon, dan lain-lain. 

Itulah 12 daftar situs untuk mencari pekerjaan remote, Bela. Bagi kalian yang sedang mencari pekerjaan, apakah ada situs-situs di atas yang pernah kalian coba untuk cari kerja?  

Baca Juga: Ada yang dari Harvard & MIT, Ini 9 Situs Online Learning Terpopuler! 

Baca Juga: Gaji Dipotong? 9 Kerja Sampingan Ini Bisa Membantumu

Baca Juga: 10 Website Gratis Membuat CV Online, Siap Dilirik HRD!