Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Lagi Tren, ini 5 Tips Jualan Online lewat Live Shopping

Agar makin mahir live shopping

Romi Subhan

Di tengah era social commerce, masyarakat cenderung mencari inspirasi melalui media sosial sambil berbelanja atau sebaliknya. Era social commerce pun menjadi peluang bagi pegiat usaha di Indonesia, termasuk UMKM lokal, untuk menghadirkan pengalaman berbelanja yang lebih interaktif dan relevan bagi masyarakat, salah satunya melalui live shopping.

“Tokopedia membuat berbagai inovasi yang sesuai dengan kebutuhan di era social commerce, salah satunya kanal live streaming Tokopedia PLAY, yang telah hadir sejak tahun 2018,” ujar Associate Vice President of Content Marketing Platform Tokopedia, Nirmala Hapsari.

Tokopedia melalui Nirmala pun membagi lima tips agar pelaku usaha di Indonesia, termasuk UMKM lokal, bisa mendongkrak penjualan online lewat live shopping di Tokopedia PLAY.

1. Persiapkan alat yang memadai dan tempat khusus live shopping

unsplash.com/Lewis Westwood Flood

Alat yang memadai tentu menunjang kamu terutama saat melakukan live shopping. Terlebih jika ada tempat khusus yang bisa membuat kamu lebih efisien dan cepat ketika melakukan live shopping tersebut, Bela.

2. Bangun pengalaman yang lebih interaktif dengan calon pembeli

Dok. Internet

Pembeli tentu tidak hanya ingin membeli barang namun juga suasana yang asik. Jika kamu interaktif akan jadi nilai plus bagi live kamu. Calon pembeli akan mudah tertarik dengan barang apapun yang kamu tawarkan jika kamu membuat suasana yang menarik untuk mereka tonton.

3. Buat penawaran spesial yang hanya berlaku selama live shopping berlangsung

Dok. Tokopedia

Penawaran atau diskon khusus saat live tentu meningkatkan minat penonton kamu untuk membeli barang yang kamu tawarkan. Misalnya, jika membeli saat live akan mendapatkan bonus barang, atau bisa juga ketika mencapai nominal tertentu akan ada penawaran khusus terhadap pembeli tersebut.

4. Jadwalkan live shopping secara rutin dan promosikan di media sosial

Dok. Internet

Promosi juga hal penting dan tidak bisa kamu lupakan. Jadi, saat kamu memiliki barang baru yang ingin segera kamu tawarkan bisa kamu informasikan terlebih dahulu lewat Instagram Story atau video lainnya.

Selain itu, jadwal live yang teratur tentu membuat penonton dan pembeli setia kamu akan ingat dengan live shopping kamu, jangan lupa untuk memberikan notifikasi kepada para followers kamu ya.

5. Evaluasi performa live shopping

Dok. Tokopedia

Setelah melakukan live shopping biasanya akan ada feedback yang datang dari komentar para penonton dan pembeli. Hal tersebut bisa jadi acuan kamu untuk lebih baik ke depannya saat melakukan live shopping kembali.

Itu tadi tips untuk kamu yang baru memulai live shopping untuk meningkatkan penjualan bisnis kamu. Semoga artikel ini bermanfaat, ya, Bela.

IDN Media Channels

Latest from Working Life