Dukung UMKM Perempuan, Tokopedia Rilis ‘Modul Perempuan Maju Digital’

Hasil kerja sama Tokopedia Bersama KemenPPPA RI dan UPRINTIS

Dukung UMKM Perempuan, Tokopedia Rilis ‘Modul Perempuan Maju Digital’

Perempuan memegang peranan penting dalam perkembangan ekonomi. Khususnya pasca pandemi seperti saat ini. Melihat hal tersebut, Tokopedia berinisiatif untuk memberi dukungan penuh kepada perempuan sebagai pelaku UMKM dengan meluncurkan modul  Perempuan Maju Digital yang berkolaborasi dengan KemenPPPA RI dan UPRINTIS.

Seperti apa modul tersebut? Dan apa saja manfaatnya untuk para seller khususnya perempuan? Simak selengkapnya berikut ini.

Modul Perempuan Maju Digital hadir untuk meningkatkan daya saing perempuan pelaku UMKM

Dukung UMKM Perempuan, Tokopedia Rilis ‘Modul Perempuan Maju Digital’

Tokopedia berkolaborasi dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (KemenPPPA RI) dan UPRINTIS (komunitas pemberdayaan perempuan UMKM) meluncurkan Modul Perempuan Maju Digital. Modul ini dihadirkan untuk meningkatkan daya saing perempuan pelaku UMKM yang ingin memulai dan mengembangkan bisnis secara online.

"Peran perempuan pelaku UMKM sangat esensial dalam perekonomian nasional. Terbukti dari data pemerintah dimana dari total 65,5 juta UMKM–yang notabene penyokong PDB Indonesia–sebanyak 64 juta adalah usaha mikro, dan lebih dari setengahnya dijalankan perempuan. Perempuan menggerakkan 34% usaha menengah, 50,6% usaha kecil dan 52,9% usaha mikro," jelas Wakil Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Hilmi Adrianto.

Melihat peran dan potensi perempuan pelaku UMKM, lanjut Hilmi, Tokopedia–sebagai perusahaan teknologi Indonesia dengan marketplace yang terdiri dari lebih dari 14 juta penjual dan hampir 100%nya UMKM–terus berupaya mendorong kemajuan perempuan pelaku UMKM agar makin mendapat panggung dan menjadi pilihan masyarakat. Salah satunya dengan berkolaborasi bersama KemenPPPA RI dan meluncurkan Modul Perempuan Maju Digital.

Partisipasi perempuan dalam bidang ekonomi menjadi salah satu kunci kesejahteraan bangsa

Menteri PPPA RI, Bintang Puspayoga, menyampaikan bahwa peningkatan pemberdayaan perempuan dalam kewirausahaan yang berperspektif gender merupakan salah satu agenda prioritas yang dimandatkan oleh Presiden RI. Hal ini karena partisipasi yang setara dari perempuan dan laki-laki merupakan kunci kesejahteraan suatu bangsa. Badan Pusat Statistik (BPS) pada Februari 2023 mencatat bahwa Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) perempuan mencapai 54,4%, sedangkan laki-laki sudah mencapai 83,98%. Partisipasi kerja perempuan perlu ditingkatkan melalui pemberdayaan ekonomi.

“Ada 64 juta usaha mikro di Indonesia, dengan lebih dari setengahnya atau 60 persennya dimiliki dan dikelola oleh perempuan. Artinya, perempuan adalah penopang ekonomi nasional. Untuk mendorong keterlibatan lebih banyak perempuan dalam ekonomi nasional, kita butuh berkolaborasi salah satunya melalui pemanfaatan digital,” ujar Menteri Bintang.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here