Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Perjalanan Karier Hwasa 'MAMAMOO', Dikabarkan Akan Tinggalkan Agensi

Diketahui sedang berpacaran juga

Reyhan Putri

Setelah satu dekade berkarier bersama MAMAMOO di bawah asuhan RBW Entertainment, Hwasa dikabarkan tidak memperpanjang kontraknya dengan agensi tersebut. Kabar itu disampaikan langsung oleh RBW Entertainment pada Selasa, (27/06) lalu.

Tak hanya itu, akhir-akhir ini namanya juga jadi perbincangan publik lantaran diduga berpacaran dengan seorang pengusaha. Terlepas dari kabar tersebut, member termuda MAMAMOO ini memang sering menjadi perbincangan hangat publik karena prestasinya dalam industri hiburan bersama MAMAMOO maupun secara pribadi.

Seperti apa perjalanan karier Hwasa selama 10 tahun ke belakang ini dan prestasi apa saja yang pernah ia torehkan? Berikut informasinya yang sudah Popbela rangkum.

1. Penyanyi bernama asli Ahn Hyejin ini lahir di Jeonju, Korea Selatan pada 23 Juli 1995. Sebelum debut, ia mengaku sering ditolak banyak agensi lantaran visual yang tidak cocok dengan standar kecantikan di Korea Selatan

instagram.com/_mariahwasa

2. Di tahun 2014, ia berhasil debut sebagai member termuda MAMAMOO dari RBW Entertainment dengan mini album pertama, Hello. Debut mereka digadang-gadang sebagai debut grup K-pop terbaik pada masanya.

instagram.com/mamamoo_official

3. Sejak debut, Hwasa aktif menjadi komposer untuk lagu solonya yang masuk dalam mini album grup. Ia berpartisipasi dalam pembuatan lagu "My Heart/I Do Me" dan "Be Calm" .

instagram.com/_mariahwasa

4. Di tahun 2019, Hwasa akhirnya debut solo dengan lagunya, "Twit". Tak hanya disukai para pencinta musik, lagu ini juga berhasil masuk dalam banyak daftar lagu terbaik seperti Billboard's "The 25 Best K-pop Songs of 2019: Critics' Pick".

5. Popularitasnya pun meroket sejak debut solo. Meski sebelumnya sudah banyak berkolaborasi dengan musisi lain, Hwasa berkolaborasi dengan Dua Lipa dalam lagu remix"Physical" yang ditambahkan Bahasa Korea pada tahun 2020.

6. Di tahun yang sama, ia comeback dengan mini album pertamanya, María. Hwasa lagi-lagi mendapatkan banyak pengakuan seperti "2020 Most Played Female Korean K-pop Artist" oleh Spotify.

7. Hwasa juga banyak muncul dalam acara ragam di televisi. Salah satunya adalah Hangout with Yoo, di mana Hwasa bergabung sebagai member grup Refund Sisters dan merilis lagu "Don't Touch Me".

8. Di tahun 2021, setelah membuka akun YouTube pribadinya, Hwasa juga comeback dengan single albumnya yang bertajuk Guilty Pleasure dengan single-nya, "I'm a B".

9. Selama berkarier, Hwasa berhasil menorehkan namanya dalam daftar-daftar prestasi seperti 30 Under 30 oleh majalah Forbes di tahun 2021 dan Korea Power Celebrity 40 List di tahun 2019.

instagram.com/_mariahwasa

10. Kemunculannya di banyak acara ragam televisi juga membawa dampak positif di Korea Selatan. Dalam acara "I Live Alone" dan "Let's Eat Dinner Together" misalnya, ia berhasil meningkatkan penjualan makanan di Korea Selatan.

11. Bersama rapper Zico, Hwasa juga digadang-gadang sebagai pelopor dance challenge yang banyak dilakukan penyanyi K-pop dengan lagu mereka. Dance challenge untuk lagu "Any Song" viral usai dilakukan olehnya pada 2020.

tiktok.com.kozico0914

12. Tak lagi perpanjang kontrak dengan RBW Entertainment, Hwasa dikabarkan sedang bernegosiasi untuk penandatanganan kontrak bersama agensi bentukan PSY, P Nation.

instagram.com/_mariahwasa

Menginspirasi sekali ya, perjalanan karier Hwasa selama 10 tahun ini. Sukses selalu untuk karier solo dan bersama MAMAMOO untuk Hwasa!

IDN Media Channels

Latest from Working Life