Berbicara mengenai popularitas dunia hiburan di Korea Selatan, sebagian orang masih menganggap bahwa penampilan menjadi modal utama kesuksesan. Padahal, tekad dan upaya yang keras menjadi bagian perjuangan mereka untuk meraih kualitas tertinggi.

Oleh sebab itu, banyak bintang idola Kpop yang tidak segan bersuara mendobrak standar kecantikan dan gaya hidup yang selama ini menjadi stereotip di industri hiburan. Mulai dari BTS hingga Hwasa MAMAMOO, inilah lima bintang Kpop yang mendobrak stereotip gaya hidup dan kecantikan Korea Selatan.

1. BTS

BTS hingga Hwasa, Ini 5 Bintang Kpop yang Mendobrak Stereotip Korselbillboard.com

Melirik popularitas Kpop, bagaimana mungkin bisa seseorang melupakan nama BTS yang telah berhasil mendobrak kancah internasional? Eits, selain dalam forum prestasi, BTS turut mendobrak nilai-nilai stereotip maupun hal-hal yang berhubungan dengan isu sosial.

Secara khusus dalam hal terkait beauty standard, BTS sering memanfaatkan kesempatan di depan publik untuk mendorong kesadaran akan self love. Termasuk mencintai dan membangun rasa percaya diri pada penampilan fisiknya, tanpa mengambil pusing komentar negatif.

2. Hwasa

BTS hingga Hwasa, Ini 5 Bintang Kpop yang Mendobrak Stereotip Korselkpopping.com

Kamu tentu menyetujui anggapan bahwa Hwasa dari MAMAMOO dapat dikatakan sebagai salah satu bintang idola Kpop perempuan yang paling berpengaruh. Bukan sekadar dilihat dari popularitas dan kesuksesannya, namun nilai-nilai positif yang dibagikan.

Salah satunya adalah cerita hidupnya yang berkaitan dengan perjuangan untuk menerima kondisi fisik seperti, kulit cokelat hingga bentuk tubuh. Seperti yang sempat ia katakan dalam sebuah acara, "If I don't fit into this generation's standard of beauty, then I will have to become a different standard."

3. Amber Liu

BTS hingga Hwasa, Ini 5 Bintang Kpop yang Mendobrak Stereotip Korselsoompi.com

Sebagaimana mayoritas terlihat di depan layar kaca industri hiburan Korea Selatan, bintang-bintang idola Kpop diasumsikan harus berpenampilan layaknya perempuan manis dan feminin. Namun, hal tersebut berubah ketika Amber Liu tampil di atas panggung Kpop.

Yup, melalui keterlibatannya di grup musik f(x) naungan SM Entertainment, Amber Liu tampil sebagai sosok perempuan berpenampilan tomboy. Meskipun beberapa komentar negatif sempat didapatkan, Amber Liu menyikapi hal tersebut dengan positif dan percaya diri. Proud of her!

4. Jessi

BTS hingga Hwasa, Ini 5 Bintang Kpop yang Mendobrak Stereotip KorselTwitter.com/allkpop

Tahukah kamu? Jauh sebelum Korea Selatan mengalami perubahan yang sedemikian positif, keadaan sosial sempat mengalami hal-hal yang berkaitan dengan sentimentalisme terhadap orang-orang Korea yang tumbuh di Amerika Serikat, atau negara western lainnya.

Namun, hal tersebut tidak membuat Jessi berkecil hati untuk memperjuangkan cita-citanya sebagai idola Kpop. Meskipun ia tumbuh lahir dan tumbuh di kota New York, Amerika Serikat, dan memiliki karakter fisik yang berbeda, she is still the queen who loves herself!

5. Hyolyn

BTS hingga Hwasa, Ini 5 Bintang Kpop yang Mendobrak Stereotip Korselthebiaslist.com

Berbicara mengenai bintang idola Kpop yang memiliki karakteristik fisik berbeda dari stereotip kaum muda di Korea Selatan, kamu pasti langsung teringat dengan nama penyanyi senior Hyolyn, yang memulai kariernya melalui grup musik SISTAR.

Yup, sebagaimana yang kamu ketahui, Hyolyn memiliki ciri khas kulit tan dan bentuk tubuh lebih curvy. Meski begitu, Hyolyn cukup percaya diri dengan penampilan fisiknya dan kualitas serta prestasinya.

Jadi, siapa nih, bintang idola Kpop favoritmu? Tidakkah kamu semakin menyayanginya dan cukup bangga dengan nilai-nilai positif yang mereka bagikan?

Baca Juga: 5 Artis Idola Kpop yang Pernah Menetap di Luar Korea

Baca Juga: Inilah 5 Mantan Idola Kpop yang Memilih Menjadi Orang Biasa, Kenapa?

Baca Juga: Selain Biaya Selangit, Inilah 5 Fakta Mencengangkan di Balik K-Drama